Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengajari Si Kecil Agar Bisa Makan Sendiri Saat MPASI

MY STORY  |  07 Nov '20


Hai, Moms! Apakah Si Kecil sudah mulai MPASI? Apasih MPASI itu? MPASI merupakan kepanjangan dari Makanan Pendamping Air Susu Ibu yang biasa kita sebut MPASI. MPASI merupakan makanan yang dikenalkan pada bayi usia 6 bulan setelah menjalani program ASI eksklusif. MPASI sudah bisa kita berikan ketika anak memiliki tanda kesiapan MPASI yakni kepala sudah mulai bisa tegak saat duduk, membuka mulut dan tertarik melihat makanan.

MPASI sangat penting bagi bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan. Dikarenakan, komposisi nutrisi yang terkandung pada ASI tidak bisa memenuhi nutrisi Si Kecil jika sudah berusia 6 bulan. Makanan yang disajikan pun tidak hanya menu tunggal ya, Moms. Kita harus berikan menu MPASI yang memiliki zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Saat memberikan MPASI pada Si Kecil pasti Moms pernah merasakan hal seperti kewalahan menyuapi Si Kecil, belum lagi bekas makanan yang tercecer ke mana-mana. Pakaian Si Kecil jadi kotor, deh. Nah, hal seperti ini bisa Moms atasi dengan mengajarkan Si Kecil makan sendiri atau istilah populernya yaitu baby-led weaning (BLW). Gimana sih, caranya? Bunda Rindu punya beberapa tips MPASI agar Si Kecil bisa belajar makan sendiri. Yuk, simak berikut ini!

  1.     Duduk dengan Tegak

Hal yang pertama kali harus Moms ketahui agar anak bisa makan sendiri yaitu pastikan Si Kecil sudah bisa duduk tegak ya, Moms. Ketika anak sudah berusia 6 bulan, biasanya anak sudah bisa duduk dengan tegak sendirinya. Untuk saat pertama, Moms bisa memangku Si Kecil menghadap meja makan. Selanjutnya, Moms bisa memposisikan Si Kecil di high chair ataupun booster seat agar Si Kecil terbiasa duduk di meja makan.

  1.     Ajak Si Kecil Makan Bersama

Moms bisa ajak Si Kecil untuk bergabung saat keluarga berkumpul untuk makan bersama. Ketika hal ini dilakukan, Moms bisa sambil mencontohkan cara makan yang benar pada Si Kecil. Dimulai dari cara mengambil makanan, dimasukkan ke dalam mulut dan mengunyahnya.

  1.     Berikan finger food Untuk Melatih Kemampuan Si Kecil

Setelah Moms pastikan Si Kecil sudah bisa duduk tegak dan terbiasa duduk di meja makan, selanjutnya, Moms bisa berikan finger food atau makanan yang bisa dipegang oleh Si Kecil contohnya biskuit atau buah-buahan seperti pepaya, alpukat, melon, dan buah naga.

Pengalamanku memberikan finger foods buah-buahan untuk Si Kecil Rindu, aku pakai silicone feeder nih Moms. Silicone feeder ini sangat membantu banget melatih kemampuan mengunyah untuk Si Kecil. Moms bisa gunakan Silicone Feeder Dr.Brown's yang didesain khusus menyerupai empeng dengan 48 lubang-lubang kecil untuk memudahkan Si Kecil makan dan beradaptasi dengan makanan baru.

Selain itu, Silicone Feeder Dr.Brown's ini bisa kita gunakan juga sebagai teether. Tidak mudah robek meski digigit-gigit oleh Si Kecil dan tetap lembut di gusi.

  1.     Latih Si Kecil Menggunakan Sendok

Setelah Si Kecil sudah bisa makan sendiri dengan finger foods. Tahap selanjutnya, Moms bisa mengenalkan pada Si Kecil makan dengan menggunakan sendok. Namun, sebelum memberikan sendok pada Si Kecil, pastikan peralatan MPASI sudah aman dan sesuai dengan umur Si Kecil ya, Moms.

Pada tahap ini biasanya dapat dimulai ketika Si Kecil berusia 12 bulan. Tetapi hal ini tidak saklek ya. Sebab kemampuan setiap anak berbeda-beda. Bahkan mungkin ada yang lebih cepat sebelum usia 12 bulan.

  1.     Berikan Porsi Kecil

Ketika Si Kecil sudah bisa makan sendiri. Berikan porsi Kecil agar anak terbiasa mandiri untuk makan sendiri ya, Moms. Biarkan anak bereksplorasi dengan menu yang ia makan. Dengan begitu, keterampilan motorik Si Kecil jadi terasah dengan baik. Pastikan untuk memberi menu yang bervariasi setiap harinya ya, Moms agar Si Kecil bisa menjelajahi cita rasa makanan yang berbeda.

Nah, itu dia sharing tips seputar MPASI untuk melatih Si Kecil agar bisa makan sendiri. Kalau Moms punya tips yang lainnya, bisa share di kolom komentar ya, Moms. Sekian semoga bermanfaat!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

61 Dian Malasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Breastpump Berdee, Jodohnya Working Moms

Salah satu tips praktis memompa ASI di kantor adalah melakukan eping (ekslusif pumping) untuk si Kecil dengan bantuan pompa ASI.

Mengintip Kelebihan Pompa Asi Dual Motor Berdee Sahabat Baru Moms Eping

Memompa ASI adalah salah satu kebiasaan yang mungkin dilakukan sebagian Moms untuk mengosongkan payudara agar produksi ASI tetap terjaga.

Sebelum Kembali Bekerja, Busui Harus Siapkan Hal-hal Berikut

Dalam kesempatan ini, saya ingin membagikan Tips Praktis Memompa ASI di Kantor buat working Moms sekaligus pejuang ASI eksklusif:

Kiat Sukses Pumping ASI di Kantor ala Working Moms

Yuk, simak tips penting agar sukses ASI di kantor ala Moms Palo berikut.

Busui Kembali Bekerja? Ini Dia Tips Efektif Memompa ASI di Kantor

Sebelum menjalani kegiatan sebagai busui, siapkan fisik dan mental terlebih dahulu, ya, Moms.

Simak Bagaimana Working Moms Tetap Praktis Memompa ASI di Kantor

Nah, saat ini tetap banyak para working Moms yang tetap berjuang memberikan ASI eksklusif untuk buah hati. Bagaimana caranya?

Memilih Pompa ASI Yang Tepat! Tips Praktis Pumping Di Kantor

Working Moms bisa melakukan ekslusif pumping (eping) agar bisa memenuhi hak ASI si Kecil sampai usia 2 tahun.

Pompa ASI Berdee S1, Jadi Tips Praktis Pumping Untuk Working Moms

Saat masa cuti melahirkan akan habis dan Moms harus kembali bekerja, banyak hal yang harus dipersiapkan. Apalagi jika Moms ingin tetap [...]

Tumbuh Kembang Ideal si Kecil 1-3 Tahun, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Anak usia 1 hingga 3 tahun sedang memasuki masa keemasan pertumbuhan otak. Di masa ini, kemampuan

Pompa ASI Berdee Solusi Praktis Pumping di Kantor

Tahukah Moms, bahwa prinsip produksi ASI adalah supply and demand? Semakin sering menyusui/memompa ASI, maka produksi ASI pun akan semakin lancar.

Tips Praktis Memompa ASI Di Kantor Agar Sukses MengASIhi

Menjadi working Moms yang sedang mengASIhi itu memang memiliki tantangan tersendiri. Moms harus membagi waktu antara bekerja dan bagaimana tetap [...]

Semangat MengASIhi Walaupun Tetap Bekerja

Perlu diketahui, dengan melakukan pumping berarti payudara akan cepat kosong, maka ASI pada payudara akan cepat diproduksi kembali. Ingat, [...]

Sukses Pumping Di Kala WFO Ala Working Moms

Di tengah padatnya pekerjaan, Moms masih harus menyempatkan waktu untuk pumping agar kebutuhan ASI Si Kecil tetap terpenuhi. Bagaimana, ya, cara [...]

Si Kecil Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya!

Pernahkah Moms menemui kendala si Kecil susah makan? Masalah ini ternyata merupakan salah satu dari

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor untuk Working Moms

Untuk memenuhi kebutuhan ASI si Kecil, terutama bagi working Moms, perlu media yang bisa membantu para working Moms untuk tetap memberikan ASI [...]

Menjaga Kualitas Tidur Dengan Drew Air Purifier agar tidak Mudah Stres

Tahukah Moms bahwa stres menjadi salah satu pemicu timbulnya toxic parenting?

Tetap Waras Selama di Rumah Aja, No More Stress!

Dengan Drew Air Purifier, Moms bisa menciptakan udara segar di dalam ruma sehingga Moms sekeluarga dapat bernapas lebih baik.

Tips Hindari Toxic Parenting Ala Ibuk Fiersa

Pernah gak sih terlintas di benak Moms, bahwa si Kecil harus tumbuh menjadi seperti apa yang Moms mau?

Caraku Menghindari Toxic Parenting di Keluarga Kecilku

Apa sih sebenarnya toxic parenting itu? Apakah kita bisa menghindarinya?

Tips Menghindari Toxic Parenting

Bagaimana tips menghindari toxic parenting?