Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

PARENTING  |  TODDLER  |  19 Feb '20


Mengajak anak menonton film ke bioskop, khususnya yang masih batita (bawah tiga tahun) memang masih menjadi pro kontra. Alasannya macam-macam mulai dari masalah etika karena takut mengganggu penonton lain atau khawatir suara keras di bioskop dapat merusak pendengaran anak. Tapi beberapa orangtua juga merasa tidak masalah karena telinga anak bisa ditutup menggunakan earmuff.

Sejak hamil tua sampai punya anak, saya memang tidak pernah lagi datang ke bioskop. Kira-kira sampai setahun lebih deh, sampai lupa rasanya nonton film layar lebar tuh seperti apa, hahaha. Pertama kali bawa anak ke bioskop ketika umur Sofia 14 bulan. Awalnya sih karena terpaksa enggak ada orang yang bisa dititipin ditambah saya pengen banget nonton drama korea. 

Tapi setelah dilakukan, ternyata bawa anak ke bioskop enggak se-menegangkan yang saya bayangkan kok. Kalau Moms pengen coba bawa anak ke bioskop tapi masih ragu-ragu, coba simak tips di bawah ini:

1. Tunggu anak sampai siap
Dilansir dari Healthy Hearing, suara percakapan normal di bioskop berada pada kisaran 85-90db. Sementara toleransi kebisingan maksimal untuk bayi berada pada kisaran 50db dan toleransi kebisingan maksimal untuk anak kecil adalah 85db. Jadi kalau anak masih bayi (di bawah setahun), baiknya orangtua memang harus sabar dulu sih.

2. Hindari film action
Yang namanya film action, pasti banyak banget adegan tembakan dan tabrakan. Bukan cuma bikin kaget atau takut, suara seperti itu dikhawatirkan dapat merusak pendengaran anak. Apalagi jika Moms lupa membawa earmuff. Jadi kalau mau nonton sambil bawa anak, baiknya hindari film action, laga atau thriller.

3. Masuk ke studio belakangan
Biasanya pintu bioskop dibuka antara 15-10 menit sebelum film dimulai. Nah kalau bawa anak, Moms and Dads enggak usah buru-buru masuk, santai aja dulu di luar biar si Kecil enggak terlalu bosan plus kaget karena suasana di dalam bioskop yang awalnya terang eh tiba-tiba gelap.

4. Jaga mood anak
Sebelum ngajak ke bioskop, perhatikan dulu mood si Kecil hari itu seperti apa. Jangan pas lagi cranky trus kita bawa nonton, takutnya malah ganggu penonton lain. Usahakan juga nonton ketika jam anak tidur lalu tutup telinganya pake earmuff biar dia enggak bangun. 

5. Siap untuk keluar
Nah ini bagian terpenting. Kalau anak sudah tidak betah, Moms or Dads harus siap keluar bioskop ya. Itu yang kami lakukan saat kemarin ngajak Sofia nonton, aku dan suami gantian keluar studio karena si Kecil mulai bete duduk terus. Alhasil kami berdua nonton sepotong-sepotong karena harus gantian keluar masuk karena khawatir mengganggu penonton lain.

Tapi tidak apa-apa, saya tetap bahagia meski nontonnya tidak bisa full seluruh film. Karena bagaimana pun menonton film layar lebar di bioskop sudah merupakan kemewahan bagi seorang ibu yang punya anak bayi, betul tidak Moms?

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

243 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

Bagaimana ya caranya agar si Kecil suka membaca? Simak cerita berikut ini.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

Membangun rasa ketertarikan si Kecil terhadap buku adalah hal yang baik untuk dilakukan sejak dini. Yuk simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

Mengatur waktu tidur anak itu susar-susah gampang. Betul ga Moms and Dads? Yuk simak tips mendisiplinkan waktu tidur anak berikut ini.

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya.

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

Moms sedang menghadapi si Kecil yang tantrumnya sering kambuh? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak tips ala Mom Nadia.

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua