Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menentukan Menu MPASI Harian untuk si Kecil

FEEDING  |  18 Jul '18


Terkadang menentukan menu MPASI harian untuk si Kecil memang agak ribet. Apalagi jika si Kecil masih di bawah usia 1 tahun, yang mana tekstur MPASI-nya masih tergolong lembek.

Kebetulan sekali, beberapa hari ini banyak Mommies yang sering menanyakan seputar hal MPASI. Salah satunya yaitu menentukan menu harian si Kecil. Saya juga kadang bingung dan males membuat MPASI homemade, karena Attar lagi susah makan. Sudah bikin MPASI seenak mungkin, yang masuk hanya 5 sendok. Sisanya terbuang ke tempat sampah. Belum lagi, kita khususkan waktu untuk membeli bahan-bahan MPASI di supermarket, dan terkadang mesti memilih yang organik. Tapi apa yang terjadi? memuntahkannya kembali, dibuat jadi mainan, dan lain sebagainya.

Ternyata sangat banyak ya Mom drama dalam dunia per-MPASI-an ini. Ketika hal seperti itu terjadi dalam hidup saya. Maka langsung saya coba pikir berbagai cara agar makanan-makanan yang bergizi itu tidak terbuang dengan sia-sia.

Saya harus menentukan menu MPASI harian sama dengan menu keluarga. Jadi bahan MPASI yang saya buat bersumber dari menu makanan keluarga. Contoh: hari ini untuk menu keluarga, saya akan membuat ayam goreng, tumis sayur pelangi dan tempe goreng. Untuk menu MPASI Attar, saya buatkan dari bahan makanan menu keluarga tadi. Misal, hari itu saya bikin ayam goreng untuk keluarga, attar saya bikinkan nasi tim ayam, sayurnya saya ambilkan dari makanan keluarga yang udah matang, tinggal dicincang (sesuaikan tekstur dengan usia si Kecil). Kemudian tempe bisa dijadikan finger food atau mau dibikin galantine tempe juga bisa. 

Jadi, bahan makanan yang Moms sudah sediakan tidak akan terbuang percuma. Apalagi jika bahan makanan itu masih berkualitas bagus.

Tips dari saya untuk menentukan menu harian MPASI si Kecil adalah: ambil bahan menu MPASI dari bahan menu keluarga. Dan yang perlu diingat adalah sesuaikan tekstur makanan dengan usia si Kecil. Walaupun menunya tidak sama, tapi sumber bahan makanannya sama dan diambil dari menu keluarga. Dengan begitu kita juga tidak akan bingung dan tidak kecewa ketika makanannya tidak habis apabila ia sedang GTM.

 

Semoga bermanfaat.

By: Nawang Khusnul Muliawaty.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1001 Nawang Khusnul Muliawaty

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Si Kecil Mogok Minum Susu? Kenali Penyebabnya

Mengapa si Kecil menjadi malas minum susu? Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya.

Makanan yang Dilarang untuk Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Tidak semua makanan yang bagus untuk kita orang dewasa juga bagus untuk si Kecil lho Moms. Yuk simak apa saja sih makanan yang dilarang untuk si [...]

Benarkah ASI yang Lama Tidak Dikeluarkan dari Payudara Bisa Basi?

Jika lama tidak dikeluarkan, maka ASI di dalam payudara bisa basi. Benarkah demikian?

Persiapan MPASI 6 bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi akan diperkenalkan dengan MPASI. Hal-hal seperti apa sajakah yang mesti Mom perhatikan?

Ingin ASI Melimpah? Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Kecukupan nutrisi Si Kecil ditentukan oleh ASI yang diterimanya. Mari kita perhatikan tips guna meningkatkan produksi ASI.

Manfaat Tempe untuk MPASI

Selain nikmat dan memiliki harga yang terjangkau, tempe juga ternyata dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan.

Mempersiapkan ASI sejak Hamil, Apa saja yang Perlu Dilakukan?

Ternyata Mom bisa memulai mempersiapkan ASI bahkan sebelum Si Kecil lahir, bagaimana caranya?

Mitos Di Balik Konsumsi Air Kelapa Hijau Saat Hamil

Benarkah dengan mengonsumsi air kelapa hijau selama masa kehamilan dapat membuat Si Kecil lahir dengan kulit bersih?

Menu Mpasi Mun Tahu Ayam

Kali ini Mom Desi mau berbagi resep mun tahu ayam yang cocok disajikan untuk keluarga sekaligus sebagai menu MPASI. Yuk, disimak moms.

Avocado Fried Rice

Belum pernah dengar nasi goreng alpukat? Yuk Moms, kita pelajari cara membuatnya!

Takaran Kebutuhan Susu Sesuai Usia Si Kecil

Apakah anda sedang mencari tahu takaran asupan susu yang dibutuhkan oleh Si Kecil? Untuk lebih jelas mari simak yang berikut ini.

Chicken Nugget Stick Homemade

Si Kecil bosan dengan cemilan biskuit atau snack lainnya? Menu berikut ini dapat menjadi alternatif bagi anda. Yuk disimak.

Manfaat Dan Nutrisi Telur Puyuh Untuk Si Kecil

Bolehkah Si kecil diberikan telur puyuh untuk menu MPASI nya? Apa saja manfaat dan nutrisi yang terdapat didalamnya? Mari simak yang berikut ini.

Meningkatkan Produksi ASI Dengan Power Pumping

Penggunaan power pumping dapat membantu Moms untuk meningkatkan produksi ASI.

Bakso Sapi Homemade (10M+)

Daripada membeli, ada baiknya Moms membuat sendiri bakso sapi di rumah.

Memperbanyak Produksi ASI Pasca Caesar

Banyak yang berkata bahwa setelah bersalin secara caesar, Moms akan kesulitan mengeluarkan ASI. Yuk simak beberapa hal yang dapat membantu [...]

Apakah Bayi Wajib Bersendawa Setelah Minum Susu?

Saat bayi menelan udara saat menyusui, bersendawa dapat membantu mengeluarkan udara itu. Lantas, apakah bayi wajib bersendawa setelah minum susu?

Kenapa ASI Tidak Langsung Keluar?

ASI yang tidak keluar setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Benarkah demikian? Mari simak yang berikut ini.

Beberapa Kesalahan Dalam Menyusui

Moms, Anda ingin berhasil menyusui? Mari pelajari kesalahan yang dialami Mom Sherlly sehingga Anda tidak perlu mengulanginya.

Roti Sobek Ubi Ungu Isi Coklat Untuk MPASI

Selain pudding, moms juga bisa membuat roti sebagai cemilan MPASI yang sehat untuk Si Kecil usia 12 bulan ke atas. Yuk simak menu berikut ini.