Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mencegah Stretch Marks Pada Ibu Hamil

PREGNANCY  |  25 Jun '19


Hai Bumil, saat kita sedang hamil perut kita otomatis kian hari makin membesar, maka dari itu tidak jarang sebagian ibu hamil mengalami stretch mark. Stretch mark adalah menipisnya permukaan kulit sehingga terjadi cekungan-cekungan di permukaan kulit. Stretch mark terjadi ketika kulit mengalami gangguan berupa peregangan dalam waktu cepat. 

Stretch mark biasanya ditandai dengan warna kulit yang berubah menjadi kemerah-merahan atau ungu bahkan seiring berkembangnya kehamilan maka akan berubah warna menjadi lebih memudar putih atau abu-abu. Pertambahan berat badan pada ibu hamil akan mempengaruhi kondisi stretch mark yang semakin banyak, sehingga sangat penting untuk ibu hamil menjaga kesehatan terutama berat badan ideal selama kehamilan. Stretch mark ini tidak bisa dihilangkan moms, akan tetapi kita bisa mencegahnya lo. 

Pada saat aku hamil anak pertama maupun kedua bersyukur sekali karena perut aku bisa kembali seperti sedia kala tanpa adanya Stretch mark. Pastinya kita sebagai kaum wanita menginginkan kulit kita tetap sehat dan terawat tanpa adanya stretch mark sehingga tetap terlihat cantik. Nah berikut ini tips mencegah stretch mark yang bisa moms lakukan, diantaranya adalah : 

Pola makan yang berimbang dan olahraga

Perbanyak makan sayuran dan buah untuk menjaga kelembapan kulit dan memperkuat elastisitas kulit. Kelembapan, kelenturan, dan kesehatan kulit ikut menentukan terjadinya stretch mark. Olahraga juga dapat mempertahankan elastisitas kulit.

Perbanyak Air Putih

Ibu hamil seringkali mengalami lelah dan kehilangan kosentrasi, dengan minum minimal 8 gelas air dapat menjaga bumil tetap sehat. Air putih dapat membantu ibu hamil untuk terhindar dari dehidrasi selama kehamilan selain itu juga dapat menjaga elastisitas kulit.

Memberikan pelembap

Mengoleskan pelembab dengan mengaplikasikan gerakan pijatan lembut pada daerah yang rawan terjadi stretch mark dapat membuat peredaran darah terangsang sehingga memberi nutrisi pada kulit perut bumil.

Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa alami (VCO)

Warnanya yang bening dan berkilau kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi sehingga dapat mencegah terjadinya stretch mark. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan pada perut dan bagian kulit tubuh yang rentan mengalami peregangan. 

Nah Itulah beberapa tips mencegah stretch mark untuk moms yang sedang hamil. Semoga moms yang sedang hamil diberikan kelancaran saat proses melahirkan dan selamat menanti buah hati tersayang. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

601 Sebthalia Diah Puspita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Melahirkan Lancar Aman Damai dengan BPJS #sharingbubuice

#sharingbubuice Ada yang masih hamil? Ada yg pegang kartu bpjs? Disimpen baik-baik ya kali aja kepake 😍 Oke jadi sebelumnya aku uda banyak de [...]

Tips Tradisional, Murah & Mudah agar ASI Lancar Jaya

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI . Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara [...]

Pengalaman Melahirkan Prematur

Kita yang merencanakan Allah yang menentukan. Benar benar diluar rencana. Saat aku sudah merencanakan lahiran normal di bidan dekeeeet bgt dari [...]

Pengalaman melahirkan di masa pandemi Covid-19

Akhirnya aku bisa menyempatkan waktu untuk nulis artikel lagi, karena masih repot ngurusin bayi dan batitaku. 2 Bulan lalu aku melahirkan di [...]

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas? Kita tentu sering sekali mendengar tentang bahayanya makan nanas ketika hamil. Banyak yang berkata bahwa [...]

Persiapan, Resiko dan Keuntungan Hamil di Usia 35 tahun

Moms berusia 35 tahun atau lebih dan merindukan kehamilan? Perhatikan hal-hal berikut ini ya.

Tips Meminimalisir Kehamilan Resiko Tinggi

Bagi yang merencanakan kehamilan, simak yang satu ini yuk.

Pengalamanku Berpuasa Saat Hamil Muda

Yuk simak tips berpuasa bagi ibu hamil muda berikut ini.

Tidur Siang Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir dengan Craddle Cap?

Betulkah tidur siang di saat hamil dapat menyebabkan si Kecil terlahir dengan cradle cap?

Tips Menjalani Kehamilan dengan Nyaman

Siapa ibu hamil disini yang sering khawatir? Rasa stres dan khawatir bisa membuat kehamilan jadi ga nyaman loh.

Tips Meminimalisir Stretch Mark Selama Kehamilan

Bagaimana caranya menimalisir stretchmark selama kehamilan? Yuk, simak tips berikut ini.

Macam-macam Test Lab Selama Kehamilan

Tes laboratorium sangat penting dalam menunjang kesehatan kehamilan. Simak macam-macam tes lab selama kehamilan berikut ini, Moms!

Manfaat Birth Ball untuk Persalinan

Bermanfaatkah birth ball di masa kehamilan dan juga saat bersalin? Yuk, simak bersama berikut ini.

Sisi Positif dan Negatif Es Krim untuk Ibu Hamil

Siapa disini yang suka es krim? Bagaimana dengan mengonsumsi es krim selama masa hamil, boleh tidak? Yuk, simak berikut ini.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Apa saja manfaat dari prenatal yoga? Yuk, kita simak cerita yang satu ini!

Bumil Pelihara Kucing? Aman Nggak Sih?

Amankah untuk ibu hamil memelihara kucing? Bagaimana dengan risiko toksoplasma? Yuk simak yang berikut ini.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos tentang masa kehamilan masih banyak terdengar. Yuk simak mitos-mitos berikut ini sehingga kita menjadi lebih bijak.

Tips Babymoon Aman dan Nyaman

Moms and Dads sedang merencanakan babymoon? Simak tips berikut ini agar liburannya berjalan dengan baik ya!

Sakit Pinggang: Tanda Kehamilan, atau Hanya Menstruasi?

Bingung apakah Moms sedang mengalami tanda menstruasi atau hamil? Mari simak beberapa perbedaan berikut.

5 Mitos Tentang Seks di Kolam Renang dan Bak Air Panas

Banyak pernyataan seputar berhubungan seks di dalam air yang bermunculan, tapi apakah itu fakta atau mitos?