DAILY FEED

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil
14 Feb '19

Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal
14 Feb '19

Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja
14 Feb '19

Review Naif Women for Moms Review Naif Women for Moms
14 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menambah Supply ASI

FEEDING  |  27 Jan '19

Dari awal kehamilan selalu berpikir kalau menyusui itu hal yang natural dan alami namun ternyata salah. Menyusui butuh perjuangan karena Moms dan si Kecil sama-sama harus belajar dan berusaha. Maka dari itu di saat-saat seperti ini pasti kita membutuhkan berbagai macam solusi ASI lancar ya Moms.

Saya sangat bersyukur bisa memberikan ASI eksklusif ke Zo dari awal sampai sekarang. ASI saya sendiri baru keluar di hari ke-4 setelah melahirkan dan sempat naik turun jumlahnya. Setelah beberapa bulan berusaha, akhirnya bisa stok di freezer 2 kali dan bisa mendonorkan ASI saya ke 5 bayi lain yang membutuhkan. Nah Moms mau tidak memiliki ASI melimpah seperti saya? Yuk simak solusi ASI lancar ala saya berikut ini.

Tips meningkatkan produksi ASI

  1. Utamakan menyusui langsung terlebih dahulu terutama di awal-awal menyusui (kalau tidak ada masalah dengan payudara dan mulut si Kecil). Hal ini untuk menghindari bingung puting (sering terjadi pada baby newborn) dan untuk menghindari luka pada puting payudara ya Moms. Untuk ibu yang bekerja, pumping rutin dan tepat waktu sangat penting untuk menjaga supply ASI. Jangan lupa untuk menyusui langsung setiap ada kesempatan bersama si Kecil.

  2. Silicone pump sangat membantu untuk stok ASI loh Moms. Kalau Moms menyusui langsung, payudara yang tidak disusui bisa dipakaikan silicone pump. Selain bisa merangsang payudara yang tidak disusui, juga untuk menampung ASI yang menetes agar tidak terbuang percuma. Bisa juga digunakan untuk Moms yang single pumping ya.

  3. Solusi ASI lancar yang ketiga adalah power pumping minimal sehari sekali untuk Moms yang mau build supply. Dan 2 hari sekali untuk Moms yang mau maintain supply ASI ya Moms.

  4. Cek size breast shield dan kondisi valve ya Moms. Saya pumping pakai Spectra S1. Di awal pumping merasa sangat sakit dan hasil pumpingnya tidak maksimal. Setelah saya ganti size dan valvenya baru terlihat hasil pumpingnya.

  5. Minum air, susu almond, susu oats dan konsumsi makanan yang berkuah. Ibu menyusui membutuhkan minimal 3 liter cairan di tubuhnya per hari ya Moms.

  6. Beberapa sayuran seperti katuk, bayam, daun pepaya dan sayur pare sudah terkenal baik untuk ibu menyusui ya Moms. Buah yang berair dan kacang-kacangan juga sangat baik untuk kualitas ASI. Untuk hasil yang maksimal Moms juga bisa memblender buah-buahan tersebut agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Dan untuk sayur Moms bisa juga mengukusnya agar nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut tidak hilang.

  7. Pijat payudara. Bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan profesional ya Moms. Sangat membantu untuk kelancaran ASI.

  8. Support dari keluarga dan suami sangat penting Moms. Bicarakan dengan keluarga dan suami masalah yang Moms hadapi dan jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan sewaktu diperlukan dalam menjaga si Kecil. Ibu yang bahagia adalah booster ASI terbaik ya Moms. Tetap berdoa dan semangat Moms.

Untuk mendapatkan ASI yang melimpah Moms bisa banget lho menerapkan solusi ASI lancar yang telah saya bagikan di atas. Semangat mencoba Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Meylis Yapin

Copyright by Babyologist

782 Meylis Yapin Send Message to Writer

Related Stories