Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menaikan Berat Badan Anak

FEEDING  |  28 Jun '18


Sebenarnya saya bukan tipe yang terobsesi anak saya harus gendut. Tapi saya cukup senang kalau anak saya (Umar), badannya sekel dan enak dipeluk.

Umar termasuk anak yang berat badannya naiknya irit sekali. Sampai suatu hari ada salah satu teman saya yang sharing bagaimana caranya menaikan berat badan anak. Yah, namanya juga usaha akhirnya saya juga mencoba program menaikan berat badan Umar ala teman saya itu, tapi tetap disesuaikan dengan situasi dan kondisi Umar dan saya. Berikut beberapa tipsnya:

1. Kurangi Nasi Putih dan Perbanyak Lauk (Protein & Lemak)

Nasi berperan sebagai penambah energi. Jadi kalau mau fokus nambahin berat badan, jangan yang dibanyakin nasi, tapi perbanyak lauknya. Kebanyakan makan nasi menimbulkan anak cepat kenyang dan lauk bersisa. Jadi jangan hanya fokus di kuantitas tapi kualitas. Jadi mulai coba perbanyak lauknya. Lauknya pun kalau mau bisa dibuat lauk yang double protein atau bahkan triple protein. Untuk lemak, berbeda dengan orang dewasa yang lebih membutuhkan serat daripada lemak, nah anak-anak kebalikannya. Anak-anak justru butuh banyak lemak untuk pertumbuhan otaknya. Karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan dan yang dibutuhkan oleh otak anak adalah lemak. Tetapi lemak yang dimaksud adalah lemak baik.

2. Perbanyak Cemilan Dengan Kalori Tinggi

Cemilan memang penting untuk anak-anak, terlebih lagi ketika anak sudah mulai agak lapar tapi belum masuk jam makan utamanya. Namun, jika ingin fokus menaikan berat badan anak, ada beberapa cemilan yang harus dikurangi yaitu cemilan seperti biskuit, crackers dan sejenisnya. Tapi perbanyaklah cemilan berat seperti donat, roti, kue, yogurt, pancake, perkedel, kurma, atau buah-buahan seperti pisang dan alpukat.

3. Perbanyak Telur Puyuh dan Rutin konsumsi Madu

Ada yang bilang telur puyuh itu kolestrolnya tinggi? Iya memang betul. Untuk kita orang dewasa sih memang tidak disarankan makan makanan dengan kolesterol tinggi, tapi justru kebalikannya dengan anak-anak. Anak-anak butuh kolestrol tinggi untuk pertumbuhan mereka. Telur puyuh merupakan salah satu yang bisa mendongkrak berat badan anak. Caranya bagaimana? Coba rutinkan beri telur puyuh ke anak kurang lebih 15-18 selama satu minggu. Jadi kira-kira satu hari si anak makan 2-3 butir telur puyuh. Caranya bisa direbus, digoreng atau diolah dengan makanan lain supaya anak-anak lebih tertarik. Untuk madu sendiri, baru bisa diberikan ketika anak menginjak 1 tahun ke atas. Namun ada beberapa DSA yang  menyarankan untuk mengonsumsi madu diatas 2 tahun. Jadi sebelumnya bisa dikonsultasikan ke DSA masing-masing untuk pemberian madu. Dan lebih baik berikan madu murni.

4. Kurangi Pemberian Susu

Susu itu sifatnya membuat kenyang. Kebanyakan anak, apabila sudah minum susu, mereka jadi tidak semangat makan. Idealnya susu bisa diberikan saat pagi hari dan malam hari saat sebelum tidur. Selebihnya jika anak meminta susu di luar waktu itu, lebih baik berikan mereka cemilan tinggi kalori. Jangan takut anak kekurangan nutrisi karena tidak minum susu atau sedikit minum susunya. Karena susu hanya sebagai pelengkap atau tambahan saja. Yang paling penting kecukupan gizi/nutrisinya bisa didapatkan dari makanan sehari-harinya.

5. Libatkan Anak Dalam Memilih Makanan

Biasanya anak yang terbiasa ikut memilih apa yang mau mereka makan, mereka cenderung akan selalu lahap saat menyantap makanannya. Karena mereka diberikan kesempatan dan pilihan untuk memilih makanan yang mereka mau makan atau mereka suka. Bukan makanan yang memang sengaja kita buatkan untuk mereka dan berharap mereka akan suka dan mau makan. Selain itu, Mommies bisa sesekali mengajak mereka untuk berbelanja bahan makanan bersama dan tawarkan anak untuk memilih makanan yang mereka mau makan. Atau sesekali bisa juga ajak mereka untuk memasak bersama makanan yang mereka mau makan atau mereka sukai.

6. Konsisten & Jangan Stres

Nah ini yang terakhir tapi paling penting. Konsisten dan jangan stres! Karena kalau Mom tidak konsisten atau malah stres, nanti anaknya juga ikutan stres. Dibawa santai dan jangan terlalu ngoyo anak saya harus beratnya segini, harus gemuk dan harus naik segini. Ikuti mood anak. Kalau energi ibunya positif, pasti  anaknya juga demikian.

Seberapa pun berat yang naik tetap disyukuri ya Mom. Kalau misal bulan ini belum berhasil atau belum maksimal, dicoba lagi aja bulan depan. Dan pastikan juga, dengan situasi dan kondisi anak, Mom dan lingkungan sekitar. Jangan terlalu dipaksakan. Kalau misal anaknya ada alergi telur atau protein hewani/nabati/diary product bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisinya ya.

 

Makanan apa yang bisa membuat bayi cepat gemuk?

Si Kecil yang baru lahir memiliki berat ideal antara 2.500 dan 4.000 gram. Jika berat badannya melebihi normal, ibu bisa kesulitan saat melahirkannya. Namun, si Kecil dengan berat badan rendah pun juga memiliki risiko kondisi kesehatan tersendiri. Si Kecil yang lahir dengan berat kurang dari 2.500 berisiko memiliki gangguan dalam pertumbuhan fisik dan otaknya. Salah satu faktor si Kecil lahir dengan berat badan rendah adalah asupan nutrisi yang kurang. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan nutrisi tambahan lewat susu formula.

Kandungan pada susu formula sangat penting dalam menentukan nutrisi apa saja yang telah masuk ke dalam tubuh si Kecil. Agar si Kecil yang baru lahir cepat gemuk, susu formulanya harus mengandung Karbohidrat, Protein, dan Omega-6. Berikan susu formula tersebut secara teratur dan tepat waktu, sesuai dengan takaran yang disarankan, sehingga berat badan si Kecil cepat bertambah menjadi ideal.

Karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi untuk menambah asupan kalori. Jika tidak digunakan, Karbohidrat disimpan dalam bentuk lemak.

Sedangkan nutrisi Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan menambah massa otot.

Terakhir, Omega-6 dapat memengaruhi berat badan dan digunakan untuk menambah massa lemak sehat pada tubuh. Omega-6 yang biasanya ada di dalam susu formula adalah yang berjenis Arachidonic Acid (AA).

Sebelum memilih susu formula yang tepat untuk membuat si Kecil cepat gemuk, perhatikan beberapa hal berikut:

Paediatrics Child Health menyarankan untuk memilih susu formula dengan kadar protein kasein rendah. Pasalnya, kadar kasein tinggi pada susu formula menyebabkan adanya endapan yang sulit dicerna.

Meski begitu, Moms tetap dapat memberikan susu formula dengan kandungan protein kasein dan whey pada si Kecil yang berusia 6 hingga 12 bulan agar cepat gemuk. Hanya saja, pastikan si Kecil tidak alergi protein susu tersebut.

Jika si Kecil alergi susu atau mengidap intoleransi laktosa, jangan berikan susu formula mengandung protein sapi. Berikan susu formula yang berbahan dasar aman untuk anak pengidap alergi susu atau intoleransi laktosa seperti dari kacang kedelai.

Susu apa yang bisa menambah berat badan anak? Berikut ini rekomendasi susu formula terbaik untuk menaikkan berat badan si Kecil:

Susu formula NAN pH Pro 1

Susu formula NAN pH Pro rasa plain memiliki kandungan probiotik Bifidobacterium lactis, Optipro HA Protein hypoallergenic, dan DHA. Susu ini selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penambah berat badan juga dapat mengurangi risiko alergi pada si Kecil yang baru lahir hingga 1 tahun.

Susu formula Frisolac Gold 1

Kandungan susu formula Frisolac Gold 1 adalah Lactobacillus casei, Nukleotida, dan probiotik Bifidobacterium. Ketiga kandungan nutrisi tersebut melindungi saluran cerna si Kecil dari serangan bakteri jahat dan menstimulasi sistem imun sehingga tubuhnya kuat. Jika saluran cernanya sehat, nutrisi yang dimakan si Kecil cepat terserap sehingga secara tidak langsung berat badannya akan bertambah. Susu ini juga dilengkapi Kolin yang berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Susu formula Enfamil A+1

Susu formula Enfamil A+1 merupakan susu pendamping ASI untuk si Kecil usia 0 hingga 6 bulan. Susu ini mengandung ARA, DHA, dan Prebiotik GOS yang berguna untuk kesehatan saluran cerna dan tumbuh kembangnya. Susu produksi Mead Johnson dari Amerika Serikat ini sudah teruji klinis mampu mendukung memori dan kemampuan memecahkan masalah dan membantu mempertahankan konsentrasi anak.

Susu formula Nutribaby 1

Kandungan susu Nutribaby 1 termasuk AA, DHA, Omega-3, Omega-6, 18 vitamin, 12 mineral, prebiotik, dan laktosa. Susu ini sangat cocok untuk menambah berat badan si Kecil yang kurang ideal. Keunikannya, tekstur susunya sangat mirip dengan ASI sehingga si Kecil suka dan mudah dicerna lambungnya.

Susu formula Nestle Lactogen 1 Gold

Susu formula Lactogen 1 Gold dari Nestle mengandung Karbohidrat, Protein, 12 Vitamin, dan 11 Mineral yang membantu pertumbuhan sel tubuh si Kecil yang baru lahir hingga 6 bulan. Kandungan nutrisi lain yang tak kalah pentingnya adalah Zat Besi, LA, dan DHA. Susu ini juga cocok untuk menyehatkan saluran cerna si Kecil karena mengandung FOS dan GOS.

Susu formula Similac Advance

Similac Advance merupakan susu formula yang mengandung DHA, ALA, dan AA untuk perkembangan otak. Susu buatan Abbott Manufacturing Singapore Private Limited ini juga mengandung Kalsium, Vitamin, Zat Besi, dan Mineral yang bisa sekaligus menambah berat badan si Kecil yang kurang ideal.

Susu formula Bebelove Nutricia 1

Kandungan dalam susu formula Bebelove Nutricia 1 cocok untuk menambah berat badan si Kecil tanpa membuatnya obesitas. Pasalnya, susu rasa plain ini tidak memiliki kandungan gula sama sekali. Kalsium, Zat Besi, dan Prebiotik GOS juga ada dalam susu ini sehingga membuat si Kecil tumbuh sehat, kuat, dan tidak mudah sakit.

Susu formula Wyeth S-26 Promil Gold 1

Susu formula Wyeth S-26 Promil Gold 1 mengandung Zinc, Zat Besi, Vitamin, Mineral, Protein, Karbohidrat, Kalsium, DHA< dan Asam Linoleat. Nutrisi tersebut sangat baik untuk menunjang pertumbuhan anak sekaligus menjadi susu pendamping ASI.

Susu formula Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1 adalah susu formula dengan kandungan Whey Protein, GOS, FOS, AA, DHA, Vitamin, Mineral, L-sistein, dan Taurin. Susu ini cocok menjadi sumber nutrisi tambahan si Kecil yang berusia usia 0-6 bulan. Teksturnya yang mirip ASI juga menjadikan susu ini mudah dicerna usus si Kecil.

Susu formula Morinaga BMT 1

Susu formula Morinaga BMT 1 mengandung Laktoferin, Prebiotik, Vitamin, Mineral, Laktulosa, AA, dan DHA. Susu Morinaga sangat cocok mendampingi ASI untuk menambah berat badan si Kecil.

Apa ciri ciri bayi tidak cocok susu formula?

Meski susu formula menjadi alternatif populer orang tua untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, ada beberapa kasus di mana pemberian susu formula malah akan merugikan si Kecil. Faktanya, tidak semua susu formula yang beredar di pasaran akan cocok untuk si Kecil.

Apabila si Kecil mengidap alergi susu dan intoleransi laktosa, susu mengandung protein sapi malah bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Karena itu, Moms harus tahu ciri-ciri si Kecil tidak cocok susu formula, yang bisa muncul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam setelah si Kecil mengonsumsinya, seperti berikut:

Ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula karena alergi susu

  • Eksim yang tidak sembuh setelah diobati
  • Gangguan pernapasan seperti batuk-batuk, batuk mengi, dan sesak napas
  • Ruam merah, gatal, dan bengkak-bengkak di bibir dan wajah terutama di sekitar mata
  • Gangguan pencernaan seperti kolik, diare, muntah, sakit perut, konstipasi, hingga buang air besar berdarah
  • Reaksi anafilaktik yang butuh penanganan segera

Ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula karena intoleransi laktosa

  • Perut kembung
  • Nyeri atau kram perut
  • Muntah-muntah
  • Diare parah

Vitamin apa yang membuat anak cepat gemuk?

Anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan tak jarang mengalami fase mogok makan. Padahal, si Kecil harus mendapatkan nutrisi yang lengkap agar tidak mengalami keterlambatan pertumbuhan termasuk mendapatkan berat badan yang ideal. Jika memang si Kecil susah makan padahal sudah disediakan makanan kesukaan, Moms bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan khusus anak. Sebelum memberikan, konsultasikan dulu dengan dokter, ya, Moms!

Berikut ini rekomendasi merek-merek vitamin untuk anak yang dapat menambah nafsu makan dan membuat berat badan cepat bertambah:

Vitamin anak Curcuma Plus

Curcuma Plus adalah vitamin penambah nafsu makan berbentuk suplemen sirup. Kandungan sari temulawak di Curcuma Plus dapat merangsang si Kecil untuk lahap menghabiskan makanannya. Selain itu, Curcuma Plus juga dilengkapi dengan ekstrak 11 sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat hariannya. Rutinlah memberikan vitamin rasa jeruk ini kepada si Kecil agar nafsu makannya terjaga.

Vitamin anak Fitkom

Fitkom merupakan suplemen vitamin berbentuk tablet hisap. Kandungan Fitkom antara lain AA, DHA, dan EPA yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan merangsang nafsu makan. Vitamin dengan rasa manis ini cukup diberikan sekali sehari. Si Kecil pasti suka vitamin yang menyerupai permen dengan pilihan rasa anggur, jeruk, dan stroberi ini.

Vitamin anak Vidoran Plus Frugie Vitamins

Vidoran Plus Frugie Vitamins merupakan jenis suplemen anak berbentuk sirup dengan kandungan Lysine, Curcuma, dan Omega-3. Ketiga kandungan tersebut dipercaya menambah nafsu makan dan meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin yang manis ini juga dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin, mengembalikan kesegaran anak yang baru sembuh dari sakit, dan tentu saja menambah berat badan anak.

Vitamin anak Vitabumin

Sama seperti Curcuma Plus, Vitabumin juga mengandung ekstrak temulawak. Hal yang membedakannya dari vitamin serupa di pasaran adalah tambahan madu dengan ekstrak ikan gabus. Nutrisi tambahan lain yang ada di vitamin berkemasan box kuning ini adalah protein albumin dan ekstrak pegagan. Semua nutrisinya baik untuk tumbuh kembang, kecerdasan otak, dan nafsu makan anak.

Vitamin anak Curvit CL Emulsion

Curvit CL Emulsion mengandung minyak hati ikan cod yang sudah dipercaya turun-temurun dapat menambah nafsu makan. Vitamin berbentuk sirup ini juga mengandung AA, DHA, dan Fosfor yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak-anak. Khasiat lain dari vitamin dengan rasa jeruk ini adalah menyehatkan jantung, menyehatkan mata, meningkatkan stamina, dan menurunkan risiko diabetes. Yang perlu Moms perhatikan, rasa dari Curvit CL Emulsion ini masih ada amis-amis minyak hati ikan cod-nya meski rasa manis mendominasi.

Vitamin anak VegeBlend 21 Jr

Sesuai namanya, VegeBlend 21 Jr mengandung 275mg sari sayur alami dari 21 ekstrak sayur, 40mg serat sayur, vitamin, dan mineral. Vitamin berbentuk kapsul ini dapat mencukupi kebutuhan sayur, mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otak, serta membantu meningkatkan nafsu makan anak. Meski vitamin ini bisa dimakan langsung, Moms diperbolehkan untuk mencampur isi kapsul di makanan atau minuman si Kecil agar lebih mudah dia konsumsi. Vitamin ini cocok untuk diberikan pada anak usia 1 tahun ke atas dengan dosis 1 butir kapsul per hari.

Vitamin anak Seven Seas Kids

Seven Seas Kids merupakan suplemen sirup mengandung Multivitamin (Vitamin A, B6, C, D, dan E), Minyak Ikan Cod, Sari Jeruk, dan DHA. Fungsinya untuk membantu perkembangan otak dengan menjaga selaput sel otak tetap sehat sehingga meningkatkan kemampuan daya tangkap dan belajar anak. Vitamin ini tidak mengandung zat perwarna sehingga aman dikonsumsi si Kecil.

Vitamin anak Elkana Suspensi

Elkana Suspensi merupakan suplemen makanan mengandung multivitamin dan mineral. Suplemen sirup buatan Sanbe ini mampu membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi, membantu agar badan cepat fit setelah sakit, dan menambah nafsu makan anak. Vitamin ini juga dapat dikonsumsi ibu hamil untuk membantu kesehatan tulang dan giginya.

Vitamin anak Biostrum

Suplemen makanan Biostrum sirup mengandung Kolostrum Bovin – susu yang diambil dari sapi yang baru melahirkan. Kandungan susu tersebut diketahui mengandung antibodi untuk melindungi si Kecil dari penyakit, serta mengandung lemak rendah dan protein tinggi jika dibandingkan dengan susu biasa. Biostrum secara aktif membantu si Kecil meningkatkan nafsu makan, memperkuat gigi dan tulang, menguatkan daya tahan tuuh, dan mengatasi malnutrisi pada anak.

Vitamin anak Likurmin

Likurmin sirup membantu memperbaiki nafsu makan. Vitamin rasa jeruk ini mengandung vitamin B Kompleks (termasuk Niacinamid dan Pantothenic Acid) dan Kurkuminoid yang dapat menjaga keseimbangan nitrogen tubuh. Likurmin Syrup tersedia dalam kemasan 100ml.

Vitamin anak Scott’s Emulsion Vita

Scott’s Emulsion Vita sudah sangat dikenal sebagai suplemen penambah nafsu makan anak dari minyak ikan Cod. Suplemen cair dengan rasa jeruk ini mengandung Vitamin A, C, D, Kalsium, dan Omega-3 (EPA dan DHA) untuk pemenuhan nutrisi anak terutama pada anak yang kurang nafsu makan.

Vitamin anak Kurkur

Kurkur Sirup – yang mengandung Curcuminoid, Multivitamin (B1, B2, B6, dan B12), Dexpanthenol, dan Beta Karoten – merupakan suplemen untuk membantu memperbaiki nafsu makan dan membantu memelihara kesehatan anak. Vitamin dengan rasa Blackcurrant ini dapat menetralisir asam lambung yang sering menyebabkan anak-anak merasa mual. Maka dari itu, selain membantu melengkapi nutrisi anak, Kurkur Sirup juga memperbaiki kinerja saluran cerna anak agar penyerapan nutrisi dapat optimal.

Camilan apa yang bisa menambah berat badan anak?

Selain memberikan susu pertumbuhan dan suplemen vitamin, Moms juga bisa menaikkan berat badan anak dengan cara memberinya camilan bergizi. Berikut ini sumber makanan yang bisa dijadikan camilan penambah berat badan anak:

Daging sebagai sumber kalori, lemak, dan zat besi

Kandungan nutrisi daging ayam, bebek, sapi, dan kambing bisa menambah berat badan, mendukung pertumbuhan otot, dan mencegah anemia pada anak. Olah daging menjadi isian risol, campuran telur dadar, nasi tim, atau bakso supaya si Kecil suka.

Ikan sebagai sumber protein berkualitas tinggi, lemak, dan kalori

Pada umumnya, daging ikan mengandung lebih banyak lemak sehat, termasuk Omega-3, yang mendukung kecerdasan otak dan kesehatan fisik anak. Bau ikan yang amis mungkin membuat si Kecil enggan memakannya. Maka dari itu, olahlah sedemikian rupa sehingga bau amisnya hilang, misalnya dibuat bubur ikan dicampur sayuran.

Telur sebagai sumber berbagai nutrisi termasuk Kolin dan Omega-3

Telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh semuanya merupakan sumber kalori dan nutrisi untuk menambah berat badan anak. Olah telur menjadi isian roti lapis sehingga mudah disajikan kepada si Kecil. Ketika mengolah, pastikan telurnya benar-benar matang sehingga si Kecil tidak mengalami diare atau keracunan makanan karena sistem pencernaannya belum sekuat orang dewasa.

Buah-buahan yang mengandung banyak lemak

Pisang dan alpukat merupakan dua jenis buah yang mengandung banyak lemak yang dapat  meningkatkan berat badan anak. Olahlah buah-buahan tersebut menjadi salad buah, smoothies, jus, atau untuk campuran kue.

Susu dan produk olahan susu untuk kesehatan tulang dan gigi

Susu, keju, krim, yogurt, dan olahan susu lainnya bermanfaat menambah berat badan dan baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak. Susu dan produk olahannya mudah diolah menjadi berbagai masakan lezat seperti kue, puding, dan sebagai campuran sereal.

Nasi sebagai sumber kalori

Nasi yang mengandung karbohidrat sangat bermanfaat untuk menambah berat badan anak. Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia. Di samping itu, ada nasi coklat dan nasi merah yang lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Kedua jenis nasi itu selain mengandung karbohidrat juga mengandung serat, mineral, protein, dan antioksidan.

Buah apa yang bikin berat badan bayi naik?

Berat badan bayi seharusnya semakin bertambah seiring usia. Akan tetapi, terkadang ada kasus berat badan bayi di bawah normal. Selain karena gangguan medis seperti gangguan pencernaan, masalah jantung, atau penyakit bawaan, berat badan bayi rendah bisa diakibatkan karena tidak cukupnya asupan lemak ke dalam tubuhnya.

Jill Castle, ahli diet dari New Canaan, Connecticut, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ASI dan susu formula mengandung kalori yang setengahnya berasal dari lemak. Hal ini karena bayi dan anak-anak memiliki kebutuhan lemak yang lebih besar untuk tumbuh kembangnya. Lemak berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf, serta membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

Salah satu cara agar si Kecil memiliki berat badan sesuai usianya adalah dengan memberikan makanan penambah berat badan bayi. Ketika si Kecil sudah memasuki masa MPASI, Moms bisa menyediakan menu-menu kaya lemak sehat untuk menambah berat badannya. Secara alami, lemak baik banyak terdapat pada buah-buahan seperti berikut:

Buah pisang

Kalori yang terdapat pada buah pisang jauh lebih banyak daripada buah apel, semangka, atau stroberi. Selain itu, pisang juga kaya Vitamin B6, Vitamin C, Karbohidrat, dan Kalium. Penyajian pisang untuk menu MPASI juga sangat praktis yaitu hanya dengan dihaluskan lalu bisa langsung disajikan. Karena kepraktisan inilah, pisang menjadi favorit Moms untuk membuat menu MPASI.

Buah alpukat

Alpukat memiliki konsistensi krim serta rasa yang enak sehingga menjadi favorit bayi MPASI. Setiap buah alpukat berukuran sedang memiliki kandungan lemak baik kira-kira 30 gram; termasuk tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Buah pir

Buah pir mengandung Vitamin C, Vitamin B6, Zat Besi, dan serat makanan yang membuat si Kecil cepat kenyang. Pir juga bisa diberikan sebagai MPASI penambah berat badan. Biasanya, pir diolah menjadi puree atau dijus dengan tambahan kayu manis. Jika usia si Kecil sudah 8 bulan dan telah dapat makan finger foods, pir dapat dipotong kecil-kecil sebagai finger food. Buah ini juga cocok dijadikan isian pancake.

Buah mangga

Bayi di atas 12 bulan dapat makan buah mangga matang yang manis. Kandungan gizi utama dalam buah mangga antara lain Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Kalium, Magnesium, Kalori, Protein , Karbohidrat, Lemak, Tembaga, Folat, dan Serat. Dalam secangkir potongan mangga seberat 165 gram, terdapat 99 kalori sehingga sangat cocok untuk penambah tenaga si Kecil sekaligus menambah berat badannya. Mangga dapat diolah menjadi puree yang pasti sangat disukai si Kecil.

Buah pepaya

Indonesia yang merupakan daerah tropis adalah tempat ideal bagi tumbuhnya pohon pepaya. Buah pepaya mengandung gula alami dan kalori yang cukup banyak – 46 kalori tiap 100 gram pepaya. Sajikan menu MPASI buah pepaya yang sudah matang karena teksturnya yang lembut mudah dicerna bayi.

Buah kurma

Gula dan kalori dalam buah kurma sangat bermanfaat menambah berat badan bayi di atas 12 bulan. Pisahkan biji kurma dari buahnya agar tidak tertelan si Kecil, ya, Moms! Dalam memilih kurma, pastikan kualitasnya bagus dan bukan kurma oplosan atau kurma buatan.

Buah anggur

Buah anggur dapat diolah menjadi jus atau diberikan langsung setelah dipisahkan  biji-bijinya. Buah segar penambah berat badan tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 7 bulan.

Buah apel

Mengandung antioksidan alami, buah apel sangat bermanfaat untuk perkembangan si Kecil. Kalorinya juga cukup tinggi sehingga dapat membantu penambahan berat badan bayi. Apel dapat diolah menjadi puree atau dijadikan salad buah setelah ditumbuk bersama dengan buah-buahan lainnya.

Buah kelapa

Kelapa merupakan tanaman yang serbaguna. Hampir semua bagian dari pohon kelapa, termasuk tentu saja buahnya, bermanfaat untuk manusia. Buah kelapa memiliki kandungan kalori dan lemak tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menambah berat badan anak-anak. Blender daging buah kelapa sebelum diberikan sehingga mudah dicerna si Kecil. Moms juga dapat memberikan air kelapa sebagai snack minuman kepada si Kecil.

Buah ara

Buah ara cocok diberikan kepada bayi yang sudah berumur 2 tahun ke atas. Di bawah itu, terutama jika dikonsumsi berlebihan, dikhawatirkan bisa mengakibatkan diare dan reaksi alergi. Meski jarang dikenali masyarakat Indonesia, buah ara ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan; termasuk untuk melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan kekuatan tulang, mengontrol gula darah, dan mencegah kanker.

Buah nanas

Nanas mengandung kalori dan gula cukup tinggi. Berikan nanas manis seminggu sekali sebagai alternatif menu MPASI bayi dengan berat badan rendah. Jangan memberikan nanas yang berasa masam atau secara berlebihan untuk mencegah gangguan pencernaan.

Buah bluberry

Kandungan lemak buah bluberry adalah 83%, sangat ideal sebagai buah penambah berat badan. Pilihlah berry yang manis untuk dijadikan jus lalu berikan kepada si Kecil. Bila perlu, tambahkan sedikit gula pada jus sehingga rasanya semakin disukai anak-anak.

Buah semangka

Buah semangka memiliki banyak kandungan air dan 86%nya terdiri dari kalori. Potong kecil-kecil buah semangka tanpa biji, atau hilangkan dulu biji-bijinya untuk diberikan kepada si Kecil. Namun, jangan terlalu banyak memberikan buah semangka karena bisa membuat si Kecil ingin buang air terus.

Buah raspberry

Kalori pada buah raspberry adalah sebesar 62% sehingga bisa menjadi alternatif MPASI penambah berat badan. Raspberry dapat diolah menjadi jus atau puree dan dihidangkan 2 kali seminggu.

Buah plum

Buah plum segar, bukan yang dikeringkan, cocok untuk menambah berat badan bayi. Kalori buah plum cukup tinggi sehingga bisa diberikan seminggu sekali sebagai alternatif menu MPASI. Selain dipotong kecil-kecil, Moms juga dapat menyajikan jus buah plum.

Buah jeruk

Kandungan utama buah jeruk adalah air. Selain itu, buah ini juga mengandung 62% lemak. Buah jeruk yang sudah dikupas dan dihilangkan biji-bijinya dapat diberikan kepada si Kecil. Sama seperti semangka, terlalu banyak mengonsumsi jeruk juga bisa membuat si Kecil sering buang air kecil.

Buah kismis

Kismis atau anggur kering menyediakan 85 kalori per 28gram. Tambahkan kismis ke makanan si Kecil seperti cookies, biskuit, atau campuran yogurt. Kismis yang mengandung glukosa dan fruktosa ini juga dapat meningkatkan energi si Kecil.

Selain memberikan asupan nutrisi tambahan, pastikan waktu makan si Kecil teratur. Terapkan waktu makan yang tepat dengan rutin selama rentang waktu tertentu sehingga penyerapan gizi bisa optimal. Idealnya, setiap hari ada 5 waktu makan yang terdiri dari 3 kali makan utama / makan besar dan 2 kali makan selingan. Waktu makan utama adalah di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Lalu, 2 kali makan selingan terdiri dari camilan pagi dan camilan sore. Contoh penerapan waktu makan sehat adalah sebagai berikut: Pukul 7 makan pagi, pukul 10 camilan pagi, pukul 12 makan siang, pukul 4 sore camilan sore, dan pukul 7 makan malam.


Semoga bermanfaat.

By: Novy Anggraeni.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2576 Novy Anggraeni

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perbedaan Susu Sapi, Susu Soya, dan Formula Soya

Apa bedanya susu sapi, susu soya dan formula soya? Yuk simak berikut ini.

Kastengel Keju Wajan

Siapa yang suka kastengel? Coba resep anti gagal berikut ini yuk!

Traditional Weaning vs Baby Led Weaning (BLW)

Memasuki tahap MPASI, apakah Moms bingung menentukan metode traditional weaning atau baby-led weaning? Simak berikut ini yuk!

Camilan Keluarga : Cireng isi Keju

Ketika #dirumahaja, bawaanya jadi pengen ngemil mulu ga sih Moms? Bikin sendiri yuk cireng isi keju. Ini resepnya.

Tips Mengatasi Kolik pada si Kecil

Kolik adalah kondisi yang terjadi pada bayi sehat yang menangis tiada henti selama lebih dari 3 jam sehari.

Yuk! Cegah si Kecil Sakit Mulai dari Peralatan Makannya

Masuk diusia Zayn yg ke 1 tahun, pertama kali nya aku coba memberikan dia Sufor.

Nasi Goreng Salmon ala MamaUna

Dikarenakan BabyU sudah genap setahun, MamaUna mau coba kasih makanan masakan rumah, biar papa nya juga kebagian 🤪 hehehe. Nasi Goreng jadi sa [...]

4 Komposisi Penting ASI Booster untuk Keberhasilan ASI Eksklusif

Ternyata, peran ASI Booster sebagai penunjang keberhASIlan ASI eksklusif sangatlah penting.

Akhirnya Ku Menemukan Jodoh Botolku

Mencari botol susu yang cocok untuk si Kecil itu ternyata seperti memilih jodoh! Yuk simak berikut ini.

Creamy Cheesy Chicken Liver, MPASI yang Kaya akan Zat Besi

Hati ayam merupakan salah satu sumber zat besi yang baik bagi bayi.

Tips Menjaga Kadar Vitamin dalam ASI

Saat ASI sudah dipompa, ASI dapat segera didinginkan dalam waktu kurang dari 1 jam.

10 Finger Foods Kesukaan Si Kecil

Finger foods atau camilan yang dapat dimakan sendiri oleh si Kecil dapat mengurangi rasa laparnya di antara jam makan

Tips Memberikan Snack Sehat untuk Gigi pada Si Kecil

Berikut tips memberikan snack sehat untuk camilan si Kecil. Yuk simak Moms

Resep MPASI Beef Rolade

Menu favorit Kenneth, baru pertama kali coba dan berhasil! Ini anti gagal loh Moms. Selamat mencoba.

Onion Rings Bisa Jadi Snack untuk si Kecil

Onion rings mudah dibuat dan juga bisa dipakai untuk jadi cemilan si Kecil disaat senggang loh Moms!

Oats, Menu Andalan si Kecil

Jangan lupa variasikan menu makanan si Kecil agar tidak bosan dan tetap nafsu makan ya Moms! Simak resep berikut.

Resep Tahu Daging Cincang

Apakah si Kecil sudah berusia 20 bulan? Yuk, variasikan menu MPASI dengan coba resep tahu daging cincang ala mom Arlina.

Ikan Tuna Orak Arik Telur

Menu ini bukan hanya menjadi andalan si kecil loh Moms tapi semua anggota keluarga juga suka. Mari dicoba resepnya.

Menu MPASI: Chicken Rice Singapore

Apakah Moms sedang mencoba untuk menaikkan berat badan si Kecil? Resep chicken rice singapore ini cocok loh!

Nasi Brokoli Udang

Apakah Moms sedang mencari resep yang bergizi namun mudah dibuat? Cocok untuk si Kecil yang menyukai menu seafood.