Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mempersiapkan Persalinan

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  13 Jan '18

Persiapan menjelang persalinan bukan hanya perlengkapan bayi dan persiapan persalinan, akan tetapi fisik serta psikis haruslah benar-benar disiapkan scara matang agar proses persalinan nanti berjalan dengan lancar. Dengan melakukan persiapan menjelang persalinan maka akan membuat diri menjadi lebih tenang saat waktu persalinan tiba. Umumnya persiapan persalinan dilakukan saat usia kandungan memasuki usia 8 bulan. 

Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus disiapkan menjelang persalinan, diantaranya :

  1. Persiapan di rumah
    Hal pertama yang harus dilakukan dalam persiapan persalinan yaitu bereskan semua urusan di rumah, agar pada saat bayi lahir, anda bisa lebih focus dalam mengurus Si Kecil. Misalnya, bayar semua tagihan listrik dan iuran rumah tangga seperti air, cicilan ini itu, belanja bulanan, dll karena pada saat bayi lahir tentunya akan semakin banyak kebutuhan yang harus dibeli. Selain itu, jangan lupa pastikan kamar bayi sudah siap, seperti perlengkapan bayi dan pakaian bayi. Setelah urusan rumah diselesaikan, kemudian anda bisa mem-packing tas rumah sakit dari jauh-jauh hari, agar saat tiba waktu persalinan anda tidak perlu lagi repot-repot membereskan barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit.
  2. Persiapan untuk rumah sakit
    Ini merupakan hal yang sangat penting, yaitu melakukan pendaftaran persalinan di rumah sakit yang anda pilih untuk melangsungkan persalinan. Hal ini dilakukan sehingga pada saat waktu melahirkan tiba, anda dan pasangan tidak direpotkan lagi dengan urusan persyaratan dll.
  3. Ikuti kelas persiapan melahirkan
    Menjelang persalinan, anda disarankan untuk mengikuti kelas persiapan persalinan. Melalaui kelas ini biasaya anda akan diajarkan mengenai teknik pernapasan, serta latihan-latihan yang mendukung dalam proses persalinan. Namun kelas ini biasanya diikuti oleh ibu yang akan melahirkan secara normal. Melakukan persalinan normal atau melalui operasi caesar itu tergantung posisi bayi yang ada dalam kandungan. untuk mengetahui posisi bayi yang ada dalam kandungan sebaiknya anda rutin melakukan check up ke dokter kandungan.
  4. Persiapan mental
    Selanjutnya yaitu persiapan mental. Di usia 9 bulan anda tentunya akan merasakan cemas dan stress karena persalinan sudah di depan mata. Untuk itu, salah satu hal yang wajib dilakukan yaitu lakukan persiapan mental dengan mengelola rasa stress dan khawatir yang berlebih. Tanamkan dalam diri bahwa persalinan merupakan proses yang membahagikan karena sebentar lagi anda akan melihat buah hati tercinta. Selain itu dukungan dari suami dan keluarga sangat dibutuhkan agar jiwa anda lebih tenang.

BACA JUGA: Olahraga Hamil Memperlancar Persalinan

674 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories