Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mempererat Bonding dengan si Kecil saat Mandi

MY STORY  |  28 Aug '20


Hai Moms, mandi adalah salah satu rutinitas penting tidak terkecuali untuk si Kecil. Sejak bayi kita memandikan si Kecil untuk memastikan badannya bersih dan juga agar merasa nyaman. Tapi, tidak hanya sekedar itu, mandi juga bisa menjadi momen bonding dengan si Kecil, loh. Senang sekali rasanya bukan jika momen mandi diingat si Kecil sebagai momen yang membahagiakan. Nah, biasanya saya melakukan beberapa tips agar mandi jadi seru dan menyenangkan serta jadi momen bonding antara orang tua dan anak.

  1.     Memilih Bak Mandi sesuai Kebutuhan si Kecil

Biasanya, bak mandi bayi baru lahir berbeda dengan anak yang sudah bisa berendam ya, Moms. Atau bisa saja dengan bak mandi yang sama namun saat si Kecil baru lahir kita biasa memegangnya saat mandi agar tidak terendam air.

Tapi, Moms tidak perlu khawatir karena saat ini ada produk bak mandi yang bisa digunakan untuk bayi baru lahir sampai usianya sudah lebih besar, yaitu Aquanest. Aquanest memiliki adaptable bathub yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan usia bayi. Fitur lainnya juga menarik dan sangat membantu orang tua menciptakan momen mandi yang nyaman untuk si Kecil.

  1.     Ngobrol dengan si Kecil

Saat mandi kita bisa ajak bicara meskipun si Kecil belum bisa menanggapi, ceritakan bagian tubuhnya yang sedang dibersihkan atau bercerita tentang aktivitas Moms dengan si Kecil hari itu. Semakin besar si Kecil Moms bisa semakin ekspresif dan heboh lagi saat bercerita di kamar mandi.

  1.     Libatkan si Kecil dalam memilih peralatan mandinya

Biasanya, saya siapkan dua sikat gigi untuk dipilih mana yang mau digunakan ataupun sabun/shampoo mana yang mau dipakai. Hal itu membuat anak saya semakin semangat untuk mandi.

  1.     Sediakan mainan

Jika si Kecil sudah bisa duduk, Moms bisa sediakan mainan bebek karet, bola plastik, atau mainan penghasil gelembung. Mandi akan semakin seru karena ditemani mainannya. Usahakan merotasi mainannya agar si Kecil tidak bosan.

  1.     Pastikan suhu air mandi tidak terlalu dingin atau panas

Sebelum mandi cek suhu air dengan siku tangan untuk memastikan suhunya tidak terlalu panas atau dingin agar si Kecil bisa mandi dengan nyaman dan aman.

  1.     Gunakan sabun/shampoo yang aman

Beberapa anak termasuk anak saya memiliki kulit sensitif sehingga sabun atau shampoo yang digunakan haruslah produk yang tidak mengiritasi kulitnya. Pastikan juga kandungan produknya tidak membuat pedih di mata karena jika mata anak pedih selain kasihan, waktu mandi akan membuat moodnya menjadi kurang bagus.

  1.     Biarkan anak eksplorasi

Sediakan gayung kecil agar si Kecil bisa mandi sendiri, selain membuatnya percaya diri karena mampu mandi sendiri, bisa juga lo sekalian menstimulus kemampuan motorik tangannya.

  1.     Mandi bersama

Seringkali anak saya ingin saya mandi bersamanya, biasanya yang dinantikan adalah momen bermain ciprat- ciprat air, bemain busa, dan saling menggosok gigi.

Itulah beberapa tips mempererat bonding yang biasa saya lakukan saat si Kecil mandi. Semoga bermanfaat. Hava a nice day!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

286 Sandra Hapsari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]