DAILY FEED

Review Dr. Brown's Wide-Neck Options Bottle Review Dr. Brown's Wide-Neck Options Bottle
16 Feb '19

Apa Itu Metode Mindful Parenting? Apa Itu Metode Mindful Parenting?
16 Feb '19

Pompa ASI Portable Manual: Penyelamat di Saat Mati Lampu & Lupa Charge Pompa ASI Portable Manual: Penyelamat di Saat Mati Lampu & Lupa Charge
16 Feb '19

Menggunting Kuku Newborn? Siapa Takut Menggunting Kuku Newborn? Siapa Takut
16 Feb '19

Buah dengan Gizi Terbaik untuk Balita Buah dengan Gizi Terbaik untuk Balita
16 Feb '19

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Memilih Pompa ASI yang Tepat

FEEDING  |  12 Feb '19

MengASIhi yang baik adalah memenuhi kebutuhan ASI yang cukup bagi si buah hati. Bagi Moms yang menyusui secara langsung atau breastfeeding pada bayinya patut diapresiasi, karena kita tahu perjuangan mengASIhi itu berat, penuh pengorbanan namun berkesan. Moms pasti rela melakukan berbagai cara demi pasokan ASI tetap tercurah bagi si Kecil.

Pompa ASI adalah salah satu alat untuk menampung ASI supaya pasokannya tetap terjaga. Tujuannya, pompa ASI ini di butuhkan untuk menampung pasokan ASI yang melimpah, ataupun karena kondisi Moms yang tak bisa menyusui langsung pada si Kecil karena pekerjaan atau suatu hal. Pompa ASI seringnya dipilih dan digunakan karena 2 kondisi tersebut. 

Bagaimana tips memilih pompa ASI yang baik? Pertama, breastpump atau alat pompa ASI ini dibedakan menjadi 2 macam yaitu elektrik dan manual. Breastpump manual merupakan alat pompa ASI yang dipompa oleh tangan dan pada kekuatan daya hisap pompanya tergantung kualitas produk breastpump tersebut. Untuk versi elektrik, umumnya merupakan alat pompa ASI yang dapat memompa dan menyedot ASI yang daya hisapnya jauh lebih baik daripada breastpump manual. 

Pompa ASI elektrik ini bersifat portable dan ada yang tidak. Tergantung kelasnya. Umumnya, jika pompa ASI elektrik tersebut memiliki kualitas tinggi dengan daya hisap lebih baik dari pompa ASI portable biasa, maka dikatakan pompa ASI tersebut memiliki kualitas yang disebut "Hospital Grade".

Perbedaan pompa ASI hospital grade dengan pompa ASI portable

  1. Dimensi/Ukuran
    Ukuran alat pompa ASI hospital grade jauh lebih besar daripada kelas portable biasa. Hal inilah yang menyebabkan pompa ASI hospital grade tidak portable atau tidak mudah dibawa kemana-mana.

  2. Motor/Mesin Pompa
    Pada motor pompa alat portable biasa hanya mampu menghisap atau menyedot ASI kurang dari 20 sampai 30 hisapan per menit saja, sementara pompa ASI hospital grade mencapai angka 30 hisapan lebih permenitnya. Dikarenakan ukuran motor pompa pada pompa ASI hospital grade lebih besar, tentu menghasilkan daya hisap yang lebih besar pula.

  3. Fitur
    Pompa ASI hospital grade dilengkapi dengan fitur pengaturan kecepatan daya hisap pompa tersebut. Penggunanya bisa menyesuaikan kecepatan antara 30 sampai 54 daya hisap per menitnya. Sementara itu, pompa ASI portable biasa kebanyakan tidak didukung fitur tersebut.

  4. Teknik Hisap 
    Teknik hisap pada pompa ASI hospital grade menggunakan teknik hisap seperti mulut bayi yaitu terdiri dari hisapan kecil dan besar dengan peningkatan multi frekuensi LDR yang memungkinkan mempercepat pengosongan payudara. Sementara pada alat portable biasa tidak didukung teknik hisap tersebut.

  5. Fleksibilitas
    Alat pompa ASI portable bisa juga menggunakan baterai, ukuran lebih kecil, ringan dan mudah dibawa. Sementara pompa ASI hospital grade hanya memakai daya listrik, dan ukurannya lebih besar sehingga tidak portable.

  6. Harga
    Karena kualitas pompa ASI hospital grade lebih baik dari alat pompa portable biasa, harga pun menentukan. Jauh lebih mahal dibandingkan dengan alat pompa portable.

Apapun jenis pompa ASI yang Moms pilih, pastikan Moms sudah mempertimbangkan alasan memilih pompa ASI yang baik. Contohnya jika Moms ingin fleksibel dan nyaman digunakan, baik di rumah maupun bepergian, maka pompa ASI portable adalah pilihannya. Namun jika Moms ingin memilih pompa ASI berdasarkan power atau karena kualitas daya hisap ASI yang lebih baik, maka memilih pompa ASI hospital grade juga tidak ada salahnya Moms. 

Semoga bermanfaat.

By: Yuni Nurmalia

Copyright by Babyologist

42 Yuni Nurmalia Send Message to Writer

Related Stories