Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Memilih Food Processor yang Tahan Lama

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  14 Feb '20


Dari kecil, aku dibiasakan makan makanan rumah. Baik mama maupun nenekku jago memasak. Seiring perkembangan zaman, aku perhatikan alat yang digunakan untuk memasak dan menyiapkan bahan makanan semakin canggih. Zaman dulu ketika nenekku memasak, beliau harus menggunakan golok untuk mencincang daging hingga halus untuk membuat bakso daging. Beliau juga harus mengulek secara manual rempah-rempah untuk membuat bumbu dapur.

Sementara itu, di zaman mamaku muda hingga sekarang, ada food processor yang mempercepat dan mempermudah menyiapkan dan mengolah bahan makanan. Alat ini sangat membantu Moms yang sibuk kerja atau harus cepat-cepat menyiapkan makanan sebelum si Kecil rewel.

Berdasarkan pengalamanku, food processor juga sangat diperlukan ketika hamil dan menyusui. Sewaktu hamil dan menyusui, semua makanan harus sehat dan bersih. Oleh karena itu, memproses makanan sendiri di rumah lebih terjamin. Misalnya, saat hamil, aku membuat sendiri olahan kaldu daging ayam dan sapi. Aku memanfaatkan food processor untuk mencincang halus daging-daging tersebut dan kemudian mengukusnya.

Ketika si Kecil mulai masuk masa MPASI, food processor masih dibutuhkan untuk menghaluskan makanan. Si Kecil yang berusia 6 bulan perlu MPASi dengan teksur lumat dan lembut. Selain untuk mendapatkan tekstur yang tepat, penggunaan food processor juga bermanfaat untuk menjaga gizi dan nutrisi makanan.

Nah, karena banyak jenis dan merknya, Moms mungkin bingung memilih food processor yang seperti apa. Pada umumnya food processor memiliki fitur seperti memotong, menggiling, dan menghaluskan bahan makanan tanpa air. Beberapa tips dari aku dalam memilih food processor:

  1.    Berkapasitas besar

Food processor yang memiliki kapasitas besar misal lebih dari 2 liter tentunya membantu untuk menyiapkan makanan untuk banyak orang terutama untuk yang anggota keluarganya banyak.

  1.    Hemat daya listrik

Pilihlah food processor dengan konsumsi daya listrik tidak terlalu besar sehingga hemat apabila digunakan sehari-hari.

  1.    Multifungsi

Banyak produk food processor sekarang selain mengolah/menggiling daging, juga sudah bisa untuk mengukus dan menghangatkan makanan, membuat bubur, memeras jeruk, membuat adonan roti, memarut keju, bahkan mensterilkan makanan. Pilihlah alat dengan fitur terlengkap atau setidaknya dapat digunakan untuk menyiapkan MPASi sekaligus makanan keluarga.

  1.    BPA Free

Karena akan digunakan untuk MPASI anak, peralatan food processor yang dipakai haruslah aman untuk anak.

  1.    Memiliki aksesoris lengkap

Beberapa food processor menyediakan berbagai macam mata pisau dengan ketebalan berbeda untuk mengolah dari daging hingga sayuran.

  1.    Sesuai budget

Tentunya, Moms menginginkan food processor terlengkap dengan harga yang pas di kantong. Meski begitu, perlu diingat bahwa food processor bisa menjadi investasi jangka panjang untuk menyiapkan makanan di dapur. Maka dari itu, pilihlah yang sesuai budget namun pertimbangkan untuk membeli alat dengan fitur terlengkap.

Semoga membantu, ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

204 Irene Felita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Food Processor: Teman untuk Keluarga Sehat

Adakah Moms yang tidak mengetahui apa itu food processor? Alat ini adalah salah satu alat yang wajib masuk daftar peralatan rumah tangga ketika [...]

Pentingnya Makanan Sehat dan Bergizi Selama Beberapa Periode Kehidupan

Masa kehamilan, menyusui, dan saat-saat si Kecil sudah mulai MPASI adalah masa membahagiakan dan penuh tantangan. Bahkan hal ini terus berlanjut [...]

Food Processor Membantuku Memiliki Lebih Banyak Waktu dengan si Kecil

Sebagai seorang Mom yang stay-at-home alias 24 jam ada di rumah, Mom Risny Saputra memiliki banyak tugas. Dia harus memastikan rumah tangga [...]

Kreasikan Makanan Sehat Si Kecil dengan Food Processor

Simak pengalaman Mom Resti Nafisah menggunakan food processor untuk membuat kreasi makanan sehat si Kecil.

Pentingnya Food Processor selama Kehamilan dan Tips Memilihnya

Food processor merupakan alat multi fungsi yang sudah menjadi must have item bagi para Moms yang mulai menyiapkan MPASI.

Food Processor untuk MPASI dan Kebutuhan Keluarga

Moms tentu sudah tidak asing lagi dengan food processor bukan? Ya, alat yang kinerjanya mirip blender ini dapat membantu Moms dalam mengolah makanan.

Manfaat Food Processor dalam 4 Fase Kehidupan Seorang Ibu

Dewasa ini, kita banyak mengenal berbagai macam produk food processor untuk mempersiapkan segala bentuk makanan untuk keluarga. Inilah manfaat [...]

Pentingnya Memilih Food Processor yang Tepat untuk Keluarga

Masa kehamilan, menyusui dan masa si Kecil makan MPASI merupakan masa yang sangat menentukan tumbuh kembang anak kita kelak.

Food Processor: A Must-have Item untuk Mempersiapkan MPASI

Salah satu peralatan menjelang MPASI si Kecil yang sebagian Moms tak lupakan adalah 'food processor'.

6 Hal Penting Saat Memilih Food Processor

Food processor merupakan alat dapur yang multifungsi karena sangat membantu dan mempermudah sekali dalam memasak makanan.

5 Tips Memilih Food Processor

Sekarang ini, banyak sekali food processor yang ditawarkan di pasaran dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apakah food processor [...]

Food Processor Permudah Saya Siapkan MPASI Si Kecil

Bagi saya, food processor adalah salah satu alat dapur yang perlu saya miliki. Dengan alat tersebut, saya dapat lebih mudah mengolah bahan [...]

Jadilah Smart Moms dengan Memilih Food Processor yang Tepat

Di zaman yang serba canggih ini, semakin banyak produk dengan beragam fungsi, ya, Moms. Salah satu produk yang menurut saya penting adalah food [...]

Botol Susu Anti Kolik Adalah Solusi Terbaik Atasi Kolik

Salah satu kendala saat saya menjadi mama adalah tidak bisa menyusui secara langsung.

Mencegah Kolik si Kecil dengan Pemilihan Botol Susu

Kolik pada bayi merupakan hal yang paling dikhawatirkan para Moms.

Ketahui Keefektifan Botol Susu Anti Kolik

Hampir semua Ibu mengetahui bahwa sekarang ini telah beredar botol susu anti kolik.

Kolik Anakku Hilang karena Botol Susu Anti Kolikku

Di malam ketiga sejak kelahirannya, anak saya pernah menangis selama berjam-jam, sulit sekali rasanya ditenangkan.

Cegah Kolik dengan Botol Susu Anti Kolik yuk Moms!

Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi, kolik menjadi nightmare pastinya ya!