Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Memilih Deodoran yang Cocok untuk Ibu Hamil

MOM STYLE  |  PREGNANCY  |  29 May '19


Ada beberapa alasan mengapa Moms lebih sering merasa kepanasan saat hamil daripada saat tidak hamil. Tiga alasan utama di antaranya adalah karena produksi hormon selama kehamilan, Moms membawa berat ekstra yaitu si Kecil dalam kandungan, dan si Kecil sendiri menghasilkan panas. Jadi, peningkatan keringat saat hamil sebenarnya perlu dianggap sebagai suatu hal yang membahagiakan karena menyehatkan. Namun, dengan meningkatnya produksi keringat, Moms juga bisa mengalami peningkatan bau badan. Jika deodoran Moms yang biasanya tidak mempan untuk mengatasi keringat ini, Moms mungkin perlu beralih ke merek lain saat hamil.

Adalah aman untuk menggunakan deodoran saat hamil. Pada umumnya, ibu hamil tidak disarankan oleh dokter untuk berhenti menggunakan atau mengganti deodoran karena itu berisiko bagi si Kecil. Jika Moms memang memilih untuk beralih ke merek atau jenis lain, alasan utama haruslah karena adanya peningkatan keringat sehingga Moms membutuhkan merek baru yang akan membantu ketiak tetap kering.

Perlu diketahui bahwa ada banyak kontroversi seputar apakah deodoran aman untuk siapa saja atau tidak, dan bukan hanya untuk ibu hamil. Kontroversi utama berpusat di sekitar bahan alumunium yang digunakan dalam antiperspirant(pencegah ketingat), yang menyumbat saluran keringat sehingga saluran tidak bisa melepaskan keringat. Ada teori lain bahwa alumunium menyebabkan kanker payudara. Akan tetapi, saat ini, tidak ada bukti medis yang mendukung klaim tersebut.

Carilah deodoran yang memenuhi kriteria berikut saat hamil

  • Terlepas dari bukti medis, beberapa orang memilih untuk menghindari antiperspiran dan deodoran berbahan dasar aluminium karena terlalu berhati-hati. Sayangnya, aluminium sangat efektif sebagai antiperspiran dan untuk wanita hamil yang menderita keringat berlebih, dan tampaknya tidak ada alternatif bebas-aluminium yang efektif. Carilah deodoran berlabel “antiperspiran” untuk mencegah noda pada ketiak/baju. Sementara itu, carilah deodoran berlabel “deodoran” jika Moms ingin agar deodoran tersebut dapat menutupi bau badan.
  • Yang jelas, Moms harus menghindari deodoran yang mengandung paraben. Paraben adalah zat pengawet yang dapat meniru estrogen dan sebaiknya dihindari selama kehamilan. Banyak pabrikan telah menghapus paraben dari produk mereka. Akan tetapi, Moms tetap harus memeriksa label untuk memastikan.
  • Pilihlah deodoran berbentuk stick  atau roll-on. Hindari deodoran berbentuk semprotan karena Moms dapat menghirup beberapa partikel ke dalam paru-paru Moms.

Alternatif deodoran saat hamil

Moms dapat mencoba tips berikut untuk mengelola keringat dan bau badan saat hamil :

  • Gunakan tisu ketiak sepanjang hari untuk membersihkan bakteri yang mungkin bercampur dengan keringat dan menyebabkan bau
  • Letakkan bedak bayi, tepung jagung, atau baking soda di bawah lengan Moms untuk membantu menyerap keringat
  • Kenakan pakaian ringan yang akan membuat tubuh Moms bernapas dan mencegah kepanasan
  • Gunakan deodoran hanya berdasarkan “sesuai kebutuhan”, seperti jika Moms berencana untuk berada di bawah sinar matahari sepanjang hari atau menghadiri suatu presentasi besar di tempat kerja
  • Sering-seringlah mandi untuk meminimalkan keringat

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

692 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

3 Langkah Mengatasi Kulit Muka Kering Setelah Melahirkan

Kondisi kulit kering pasca kehamilan mungkin akan mengejutkan beberapa ibu baru, termasuk Moms.

Amankah Mandi Sauna Saat Hamil?

Bidan komunitas Claire Friars menyarankan Moms yang sedang hamil untuk menghindari bak mandi air panas dan sauna.

5 Tips Instan Bikin Kulit dan Rambut Moms Terlihat Kinclong Usai Melahirkan

Bagaimana cara merawat kulit da rambut pasca melahirkan agar tetap sehat dan indah?

Post-Natal Treatment untuk Rambut Moms

Normalkah rambut rontok pasca melahirkan? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Apakah Ibu Hamil Boleh Sulam Alis? Ini Faktanya

Sulam alis merupakan salah satu tren kecantikan. Tapi, bagi bumil sulam alis baiknya dihindari. Kenapa?

Amankah Menggunakan Dermal Filler Selama Kehamilan?

Salah satu perawatan kulit yang populer belakangan ini adalah dermal filler. Apakah filler aman bagi bumil?

Ingin Kurus Setelah Melahirkan? Jangan Pakai Stagen, Mending Pakai Gurita!

Mengapa penggunaan stagen sebagai alat pengecil perut setelah melahirkan dilarang dan lebih baik gurita?

Amankah Melakukan Perawatan Wajah (Facial) Saat Hamil?

Agar facial tetap aman dilakukan saat sedang hamil, beberapa tips berikut ini harus Moms perhatikan.

Perawatan Kecantikan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Menjaga diri agar tetap cantik saat hamil memang tidak salah. Tapi Moms harus perhatikan hal berikut

Tips Tetap Stylish Ketika Hamil

Apakah Moms ingin tetap modis dan cantik ketika hamil? Yuk ikuti tips berikut agar tetap stylish saat sedang hamil.

Memahami Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Ibu Hamil

Lupus ternyata bisa juga menyerang ibu hamil, mari kenali ciri-cirinya terlebih dahulu agar dapat diantisipasi dengan segera.

Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Suntik Hamil?

Meningkatkan kekebalan tubuh ketika hamil memang penting guna menjaga keselamatan bayi, namun tenyata ada pula efek sampingnya.

Jenis Obat Yang Dapat Mengakibatkan Cacat Lahir

Apakah ada obat yang dapat menyebabkan cacat lahir? Betulkah Accutane dilarang untuk ibu hamil? Mari simak ulasan berikut ini.

Tips Tetap Cantik Saat Hamil

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik, begitu pula dengan ibu hamil. Apa saja yang ibu hamil perlu lakukan agar tetap cantik selama hamil?

Obat Jerawat Berbahaya Bagi Janin

Banyak wanita hamil menderita masalah kulit seperti jerawat, tetapi pemakaian obat jerawat perlu untuk diwaspadai. Mari simak penjelasan berikut ini.

Ibu Hamil Wajib Senam Hamil

Betulkah senam hamil memiliki banyak manfaat untuk menjalani persalinan? Bagaimana dengan persalinan caesar? Mari simak bersama berikut ini.