Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Membersihkan Telinga Bayi

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  19 Feb '18


Menjaga kebersihan bayi atau anak sangatlah penting bagi kesehatannya, apalagi bagian telinga. Kita harus membersihkannya supaya telinga tidak kotor dan bau. Selain itu, membersihkan telinga bayi bermanfaat untuk mencegah menumpuknya kotoran telinga, dan juga untuk menghilangkan sel-sel mati yang menumpuk pada lipatannya.

Satu pengalaman, saya pernah mengalami pembengkakan di bagian dalam telinga. Penyebabnya karena saya mengorek kotoran telinga disaat saya sedang pilek. Kondisi telinga dan hidung yang bersambungan ketika pilek menyebabkan kotoran telinga yang di korek mengenai gendang telinga. Akibatnya saya merasa nyeri di dalam telinga. Dokter menyarankan untuk tidak mengorek telinga, apalagi dengan menggunakan cotton buds. Hal ini disebabkan karena cotton buds dapat membuat kotoran pada telinga semakin masuk kedalam dan melukai bagian dalam telinga. Begitu pula yang saya terapkan pada Zikri.

Perlu Moms ketahui bahwa kotoran telinga bukanlah zat berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi atau mempengaruhi pendengaran bayi. Kotoran telinga adalah zat yang diproduksi untuk melindungi telinga bagian dalam dari kuman dan zat asing. Berikut sedikit tips untuk membersihkan telinga:

  • Bersihkan dikala kondisi basah
    Setelah mandi adalah waktu terbaik dalam kondisi setengah basah, lap hanya daun telinganya saja ya. Ingat, tidak perlu dikorek.
  • Gunakan kain yang lembut
    Tidak baik juga jika telinga tidak dibersihkan karena akan menumpuknya sel kulit mati pada lipatannya, maka gunakanlah kain yang lembut untuk membersihkannya. 
  • Tidak membersihkan dalam kondisi kering
    Telinga yang dibersihkan dalam kondisi kering akan membuat bayi tidak nyaman, alih-alih bersih nanti malah iritasi atau luka.
  • Tidak meneteskan obat apapun kedalamnya
    Tidak memasukkan sembarang obat untuk mengeluarkan kotorannya. Jika ada keluhan pada telinga anak daripada mengira-ngira lebih baik konsultasikan dulu ke dokter ya Moms.
  • Hati-hati
    Walaupun kita membersihkan hanya bagian daun telinganya saja namun tetap hati-hatilah ketika melakukannya. Bayi terkadang tidak nyaman kita pegangi seperti itu, bisa saja akan menangis atau meronta jadi tetap waspada ya Moms untuk mengurangi resiko buruk.

Semoga bermanfaat.

By: Chriesty Anggraeni.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

518 Chriesty Anggraeni

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bagaimana Cara Agar Anak Jarang Terserang Flu?

Mengapa si Kecil mudah terserang flu? Yuk simak penjelasannya dan cara mengatasinya

Wajarkah Bayi Sering Kentut?

Jika si Kecil sering sekali kentut, coba ikuti beberapa tips berikut untuk mengurangi angin dalam perut bayi.

Benarkah Tidur Siang untuk Ibu Pasca Melahirkan Berbahaya?

Pasca melahirkan pasti Moms merasa sangat lelah ya, ingin istirahat. Tapi bahayakah tidur siang pasca melahirkan?

Baby-O-Talk With Mom Yovie Agustine Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Yovie mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Bagaimana Membuat Bayi Prematur Bisa Mengikuti Perkembangan Bayi Normal

Terkadang Moms khawatir karena bayi prematur memiliki perkembangan yang berbeda dengan yang lahir normal.

Tips Mengatasi Demam Setelah Imunisasi

Setelah imunisasi biasanya Si Kecil akan rewel dan demam. Bagaimana caranya mengatasi agar tidak demam setelah imunisasi? Berikut tips dari Mom [...]