Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Melalui Perkembangan Kehamilan di Minggu 23

PREGNANCY  |  09 Mar '19

Apa saja hal yang wajib Moms lakukan saat perkembangan kehamilan di minggu 23? Simak penjelasannya berikut ini!

Ibu Hamil Wajib Waspadai Hal-hal Ini Saat Janin Berusia 23 Minggu

Rasa Sakit Saat Si Kecil Menggerakkan Tubuhnya

Si Kecil mulai sering bergerak aktif seperti menggerakkan jari kaki, jari tangan, kaki, dan lengan di usia 23 minggu ini sehingga Moms akan sering merasakan rasa sakit tiba-tiba. Rasa sakit itu wajar terjadi sepanjang frekuensinya tidak terlalu sering atau terlalu sakit. Namun, apabila Moms sudah tidak mampu menahan rasa sakit, Moms perlu memeriksakan kandungan ke dokter kandungan terpercaya.

Moms Mengalami Rasa Cemas

Rasa cemas yang ibu hamil alami di usia kehamilan 23 minggu ini mengakibatkan gangguan kesehatan lain, contohnya sakit maag, nyeri pada kaki, sakit kerongkongan, gangguan penglihatan, dan sering buang air kecil. Untuk menangani masalah-masalah terkait perkembangan bayi dan kesehatan ibu, Moms wajib melakukan pengecekan secara berkala ke dokter kandungan.

Ketahui Perkembangan Janin di Usia 23 Minggu  

Di masa perkembangan kehamilan berusia 23 minggu, janin umumnya memiliki berat sebesar 453 gram dan panjang sekitar 27,9 cm atau kira-kira seukuran buah mangga. Waspada terhadap perkembangan janin yang tidak normal agar segera dilakukan pengecekan oleh petugas kesehatan.

Tips Melewati Kehamilan Usia 23 Minggu

Mengikuti Kelas Kesehatan Ibu Hamil

Moms dapat mengikuti kelas senam khusus ibu hamil sebagai jalan alternatif untuk memperkecil frekuensi rasa sakit pada bagian pinggang dan perut. Selain berlatih meredakan rasa sakit selama masa kehamilan, Moms dapat berinteraksi, berbagi, dan berdiskusi dengan sesama ibu hamil lainnya seputar kehamilan sehingga kematangan mental saat melahirkan lebih stabil.

Mengonsumsi Banyak Zat Besi

Sebanyak 20% dari ibu hamil umumnya mengalami kekurangan zat besi yang mengakibatkan perut bagian bawah terasa sakit saat memasuki perkembangan kehamilan di minggu 23. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi zat besi secara rutin untuk meredakan rasa sakit.

Jaga Asupan Makanan Selalu Bernutrisi

Moms wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari bahaya bakteri dan virus yang dapat menyerang plasenta karena ibu hamil umumnya rentan terhadap penyakit. Pastikan makanan telah dimasak dengan matang dan mengandung banyak nutrisi bagi kesehatan ibu dan janin.

Cobalah Untuk Rileks Selama Hamil

Banyak ibu hamil semakin cemas ketika usia kehamilan mereka semakin tua. Untuk mengurangi gangguan tersebut, sebaiknya Moms mencoba membuat diri untuk lebih rileks dengan melakukan hal-hal yang menenangkan diri sendiri, contohnya adalah mandi air hangat, bersantai membaca buku sambil minum teh hangat, serta mendengarkan musik klasik.

Perhatikan Posisi Tidur Saat Hamil

Banyak ibu hamil merasakan kesulitan untuk tidur pada usia kehamilan 23 minggu. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak dokter kandungan menyarankan ibu hamil agar tidur miring ke kiri agar aliran darah ke plasenta lebih lancar. Apabila posisi tidur kurang nyaman maka Moms dapat menempatkan bantal di bawah lutut untuk mengurangi tekanan dari berat badan.

Mengatasi Kram Kaki dengan Cara yang Tepat

Moms akan sering merasakan kaki kram di malam hari saat perkembangan kehamilan di minggu 23. Apabila Moms merasakan kram, pastikan kaki lurus dan tekuk pergelangan kaki ke arah dalam. Coba berlatih olahraga kelenturan tubuh untuk mencegah kram saat hamil. Moms dapat memijat dan kompres bagian yang kram dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

146 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories