Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Melakukan Time Out Menjadi Lebih Menyenangkan

MY STORY  |  PARENTING  |  26 Nov '18

Dalam dunia parenting saat ini dikenal dengan istilah time out. Time out adalah memberikan anak waktu untuk mendinginkan kepala, meredam emosi, dan memikirkan apakah perilakunya benar atau salah. Tujuan dari strategi ini adalah mengubah situasi yang tidak menyenangkan di mana anak histeris atau heboh sendiri dengan cara menyuruhnya menyendiri di suatu tempat selama beberapa menit.

Biasanya saya menggunakan time out ketika Arthur mulai cranky. Dan time out diberlakukan pada saat kami berada di rumah ya Moms. Kunci utama dari time out adalah jangan membentak, bersuara dengan nada marah atau mengejek si Kecil saat tiba waktunya untuk time out. Pada saat  time out dapat dilakukan secara bersama-sama antara ibu dan anak lho.

Tips Melakukan Time Out Menjadi Lebih Menyenangkan

  1. Melakukan aktivitas yang menyenangkan
    Karena usia Arthur yang masih kecil yaitu 15 bulan. Saat melakukan time out saya selalu mendampinginya. Daripada Arthur duduk sendirian dipojokan untuk menenangkan diri. Saya biasanya mengajak Arthur melakukan kegiatan yang dapat menenangkan diri seperti mendengarkan musik (lagu hits anak-anak), menyusun puzzle, atau memeluk Arthur dalam beberapa menit. Tapi usahakan semua kegiatan yang kita lakukan kitanya tetap diam ya.

  2. Berikan reward pada anak
    Memberikan reward atau penghargaan pada anak ini sangat penting ya Moms. Salah satu cara terbaik agar anak mau melakukan sikap terpuji yaitu dengan cara menerapkan sistem penghargaan. Anak-anak akan belajar bahwa perilaku buruk tidak akan ditolerir dan perilaku baik dihargai. Tapi ini bisa dilakukan pada saat anak berusia 2 tahun ke atas.

Semoga bermanfaat.

By: Devina Anggraini

Copyright by Babyologist

1570 Devina Anggraini Send Message to Writer

Related Stories