Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Melahirkan Normal dengan Mudah

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  21 Jul '18

Banyak Ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal, karena setiap momennya sangat berharga. Tentu saja melahirkan normal bukan hal yang mudah, terutama bagi yang pertama kali menjalaninya. Rasa tegang dan takut biasanya melanda ibu yang akan segera menjalani proses persalinan. Namun, Moms bisa mengurangi ketegangan tersebut jika persiapan persalinan normal sudah dilakukan jauh-jauh haru sebelum persalinan tiba.

5 Tips Melahirkan Normal Dengan Mudah

Setiap ibu akan menjalani proses persalinan dengan carayang berbeda. Ada yang tenang dalam menjalaninya, ada juga yang panik. Begitupun dengan rasa sakit yang dirasakan pada persalinan normal. Ini terjadi karena intensitas rasa sakit berbeda pada setiap ibu. Untuk menghadapi persalinan dengan lebih mudah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Moms coba:

  1. Persalinan normal sangat bergantung pada kekuatan fisik. Maka, pastikan agar tubuh Anda tetap fit dan bugar dengan rajin berolahraga. Selain itu, pastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat secara seimbang. Hindari terlalu banyak berbaring saat hamil karena akan membuat Moms semakin malas untuk bergerak, sehingga membuat otot-otot ibu kesulitan saat proses persalinan nantinya.
  2. Lakukan pijat perineum, yaitu area antara vagina dan anus, secara rutin ketika memasuki usia kehamilan 34 minggu. Melahirkan normal berarti bayi akan keluar melewati vagina. Jika perineum elastis, maka bayi akan lebih mudah untuk keluar, dan Moms bisa mengurangi risiko robek pada area perineum tersebut.
  3. Selanjutnya, posisikan tubuh Anda senyaman mungkin saat menjalani proses persalinan. Posisi yang nyaman bisa membuat tubuh Moms lebih rileks dan lebih siap untuk melahirkan. Dokter atau bidan juga akan membantu Moms menemukan posisi yang nyaman selama proses persalinan.
  4. Tetap berpikir positif dan fokus pada hal-hal yang membahagiakan bisa membantu Anda lebih rileks saat menjalani proses melahirkan. Tidak mudah memang untuk fokus di tengah rasa sakit yang dirasakan. Namun dengan memusatkan perhatian pada bayi yang akan segera lahir bisa sangat membantu Moms.
  5. Moms juga bisa meminta dukungan suami atau keluarga terdekat menjelang persalinan. Dukungan orang terdekat bisa menambah motivasi untuk bisa lebih kuat menjalani persalinan normal. Ini juga membuat Anda lebih tenang karena tahu bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi persalinan.

Tidak ada yang lebih berharga selain momen persalinan, terlebih ketika dapat melahirkan secara normal. Momen ketika Moms memeluk bayi yang baru saja lahir adalah hal yang tidak akan terlupakan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Inilah Ragam Manfaat Nangka untuk Ibu Hamil

682 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories