Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Manajemen Keuangan Di Masa Pandemi

MY STORY  |  OTHERS  |  PARENTING  |  09 Jun '20


Masa pandemi yang telah dilalui selama kurang lebih 4 bulan ini tentunya sangat memberikan dampak bagi semua orang. Mulai dari anak kecil hingga dewasa. Semua merasakan dampaknya. Yang paling banyak dirasakan ketika wabah covid adalah dari segi ekonomi. Ada perubahan pada jumlah pendapatan dan pengeluaran dalam rumah tangga.

Saya dan suami pun merasakan hal yang sama. Pendapatan tidak sama seperti sebelum pandemi. Apalagi suami saya kerjanya menjual buku pelajaran dan penunjang ke sekolah-sekolah. Tapi karena sekolah berbasis online sehingga selama pandemi ini dia istirahat dari pekerjaannya.

Pendapatan berkurang sementara pengeluaran sama seperti sebelum-sebelumnya, sehingga perlu manajemen keuangan yang lebih baik lagi agar semua bisa tetap tercover selama harus tetap di rumah saja.

Cara saya sebagai istri mengatur keuangan selama pandemi ini adalah:

1. Membuat ulang daftar pengeluaran selama pandemi
Selama ini saya selalu membuat daftar pengeluaran setiap bulannya. Dalam keadaan sebelum pandemi Alhamdulillah bisa berjala lancar. Namun situasi seperti ini, saya harus membuat ulang lagi dan menekan beberapa pengeluaran agar tidak minus di akhir bulan.

2. Membuat skala prioritas dalam keuangan
Ini sangat penting agar tidak kebablasan dalam membelanjakan sesuatu. Ada baiknya sebelum membeli sesuatu, dipertimbangkan dulu apakah ini darurat untuk dibeli atau bisa nanti saja saat keuangan kembali normal.

3. Mengurangi belanja online
Hmmmm, ini nih moms godaan terberat selama di rumah saja. Apalagi akses untuk keluar rumah dibatasi sehingga yang ada malahan teriakan “paket paket paket” yang akan kedengaran di balik pintu. Moms mengalami juga nggak sih?
Untuk mengatur keuangan ada baiknya, belanja online ditahan dulu kecuali jika memang itu penting untuk dibeli semisal bahan makanan untuk dimasak bagi keluarga, atau kebutuhan sehari-hari bagi si kecil.

4. Memasak makanan sendiri bagi keluarga
Cara ini juga bisa mengurangi pengeluaran, apalagi kan kebanyakan stay di rumah saja dan WFH sehingga lebih banyak waktu untuk keluarga dan bisa digunakan untuk memasak makanan sederhana dan sehat. Daripada harus membeli makanan siap saji yang tentu harganya tidak murah. Membuat makanan sendiri selain harganya lebih murah, kebersihannya pun terjamin.

Itu beberapa tips dari saya moms, kalau moms yang lain bagaimana?

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1354 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Menghemat Energi Listrik Saat di Rumah Aja

Bagaimana caranya agar biaya listrik saat di rumah aja jadi ga boros? Yuk, simak berikut ini.

Caraku Mengelola Keuangan Selama Pandemi

Yuk simak cara Mom Palo mengelola keuangan dengan bijak selama masa pandemi ini.

Cara Sederhana Mencegah Kulit Kering Karena Pemakaian Hand Sanitizer

Yuk simak tips mencegah kulit tangan kering akibat hand sanitizer berikut ini.

DIY Stroller Pad Praktis Tanpa Mesin Jahit

Tidak semua stroller dilengkapi stroller pad saat pembelian. Nah, kali ini, saya bermaksud membagikan cara membuat stroller pad dari kain bedong [...]

Berkunjung ke Wisata Kampung Halloween Sekipan

Hai Moms, saya ingin menceritakan pengalaman pertama kalinya mengajak anak saya untuk berlibur. Kebetulan, saya memutuskan untuk berkunjung ke [...]

REVIEW : Wisata Edukasi di The World Landmark Merapi Park Yogyakarta

Moms yang lagi liburan sama si Kecil di Yogyakarta, ada tempat wisata yang bisa membuat si Kecil mengenal berbagai negara di dunia, loh. Namanya [...]

Caraku Mengatasi Rasa Bersalah Saat Bekerja

Berikut tips untuk working Mom agar tidak merasa bersalah saat harus meninggalkan untuk bekerja

Haruskah si Kecil Memiliki Tabungan Sendiri?

Perlukah kita membuat tabungan sendiri untuk si Kecil? Buat saya pribadi sih PERLU BANGET. Kenapa?

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih pada Nenek yang Menjaga Anak Kita

Sebagian besar Working Moms memilih menitipkan anak pada keluarga, baik itu Orang Tua ataupun Mertua jika memungkinkan.

Mompetition Di Social Media, Yuk Hadapi Dengan Bijak!

Menjadi Mom zaman now memang tidak mudah, salah satunya adalah ketika harus berhadapan dengan social media.