Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Lancar Puasa saat Hamil

FEEDING  |  PREGNANCY  |  02 May '19


Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim, selain dilipatgandakannya segala pahala di bulan suci ramadhan pun kita akan melakukan ibadah selama satu bulan penuh, yaitu ibadah puasa. Lalu bagaimana dengan Moms yang sedang hamil atau menyusui? Apakah masih di wajibkan berpuasa?

Dalam Qur’an Surat Al Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

Maka jika di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada bari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Ayat tersebut menegaskan hukum mengenai keringanan untuk tidak berpuasa di bulan ramadan bagi orang yang sakit dan dalam perjalanan. Ibu hamil dan menyusui masuk ke dalam kategori sakit, karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk berpuasa. Namun untuk Moms yang masih ingin melaksanakan ibadah puasa ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan:

  1. Jika Moms sedang hamil di trimester pertama, pastikan tidak mengalami mual muntah yang berlebihan. Jika Moms mengalami mual muntah sebaiknya menunda dulu ibadah puasanya karena akan mengganggu kesehatan Moms dan janin.
  2. Perbanyak konsumsi air putih. Untuk menghindari dehidrasi Moms harus banyak minum saat berbuka puasa, sebelum tidur dan juga saat sahur. Moms dianjurkan untuk minum sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Misalnya 2 gelas setelah berbuka puasa, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur.
  3. Cukupi kebutuhan nutrisi. Menu makan saat berbuka dan sahur harus selalu diperhatikan yaa Moms, pastikan selalu ada karbohidrat, protein, sayur dan buah saat makan. Hindari makan pedas, manis dan asin yang berlebih.
  4. Konsumsi suplemen atau vitamin. Saat Moms sedang hamil atau menyusui biasanya dokter akan memberikan vitamin seperti asam folat dan penambah darah. Suplemen tersebut sebaiknya tetap dikonsumsi sesuai anjuran dokter yaa Moms.
  5. Hindari stress. Tidak hanya sedang berpuasa, Ibu hamil dan menyusui memang seharusnya menghindari stress agar perkembangan janin dalam kandungan tetap optimal dan ASI pun lancar.

Pada intinya, Moms harus tetap melihat kondisi tubuh Moms sendiri, jika memang Moms tidak kuat berpuasa dan mengalami mual, muntah, pusing dan lemas sebaiknya Moms tidak memaksakan diri yaa, karena pada dasarnya ibadah itu tidak menyiksa.

Semoga bermanfaat.

By: Kartika Wulan Sari via Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

484 Kartika Wulan Sari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Nyaman Berpuasa Meski Sedang Hamil Tua

Tahun lalu saya tetap menjalankan ibadah puasa ramadhan meski sedang hamil enam bulan.

Puasa Bukan Halangan untuk Bumil & Busui

Hai Moms, Alhamdulillah senang rasanya sebentar lagi akan tiba bulan ramadhan, apalagi ini adalah tahun pertamaku yang insya Allah akan [...]

Kiat Berpuasa agar Tetap Aktif dan Semangat

Kondisi fisik seorang yang hamil serta menyusui ini memang berbeda dengan kondisi wanita yang tidak pada kondisi tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Moms perhatikan seputar melaksanakan ibadah puasa ketika hamil/menyusui.

Puasa Sehat saat Hamil dan Menyusui

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk ibu hamil dan menyusui agar bisa tetap menjalankan puasa.

Ibu Hamil Bisa Puasa? Mengapa Tidak!

Agar ibadah puasa tetap lancar di masa kehamilan, Mom Nurhakiki melakukan beberapa cara ini.

Air Nabeez, Minuman untuk Berbuka Puasa bagi Bumil dan Busui

Saat berbuka puasa, buah yang manis akan jadi sasaran. Tapi, air rendamannya pun kaya akan manfaatnya loh.

Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil ala Mom Nihayatul

Sebelum berpuasa, alangkah baiknya bumil berkonsultasi dulu ke dokter dan mengikuti tips-tips berikut ini.

Tips Puasa Lancar untuk Ibu Hamil & Menyusui

Para bumil dan busui perlu memerhatikan beberapa tips berikut ya, agar ibadah puasa tetap bisa berjalan lancar.

Tips Persiapan Puasa Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Mari kita simak 4 tips dari Mom Nazmi yang dapat membantu Moms dalam melancarkan ibadah puasa.

Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Puasa, Why Not?

Selama tidak ada gangguan kesehatan, maka ibu hamil dan menyusui juga bisa ikut berpuasa ya Moms.

Jus Susu Kurma Solusi Ibu Hamil dan Menyusui Lancar Berpuasa

Minuman yang satu ini dapat secara efektif membantu Moms dapat tetap berpuasa meski sedang hamil/menyusui.

Nyaman Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kondisi ibu hamil dan menyusui yang sedikit berbeda dari wanita normal membuatnya perlu tips khusus untuk berpuasa.