Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Lancar Menyusui di Saat Puasa

BABY  |  FEEDING  |  25 Apr '20


Hai moms, gak terasa ya ramadhan sudah didepan mata. Ramadhan yang selalu ditunggu-tunggu dan disambut dengan antusias setiap tahunnya. Nah, bagaimana ya dengan ibu yang sedang menyusui? Pastinya ada rasa khawatir bisa gak ya puasa tapi tetap bisa menyusui.

Puasa itu hukumnya wajib tapi Islam juga memudahkan, bagi ibu yg sedang hamil dan menyusui bisa mendapatkan keringanan soal menjalankan puasa yaitu bisa menggantinya dilain hari. Ibu yang sedang menyusui boleh puasa tapi harus memperhatikan nutrisi ibu dan bayinya.

Sebenarnya puasa itu tidak berpengaruh pada produksi atau kualitas ASI karena ASI itu supply and demand jadi banyaknya ASI yang diproduksi dan dikeluarkan dari payudara, sebenarnya diatur oleh isapan bayi. Makin sering bayi menyusu dan PD dikosongkan maka produksi ASI makin banyak, apalagi kalau puasa membuat si ibu bahagia, ini malah akan menjadi pemicu oksitosin. Sebaliknya, jika kegiatan menyusui atau memerah dihentikan selama puasa maka ASI yang diproduksi dapat berkurang. Penyebabnya bukan kegiatan berpuasa itu sendiri, tetapi berkurangnya kegiatan memerah atau menyusui.

Apa saja sih tip-tips agar menyusui lancar disaat puasa :

1. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.
Agar ASI tetap lancar saat puasa, moms juga harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Makanlah makanan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein dan sayuran. Agar Moms tetap berenergi saat puasa.

2. Sebaiknya konsumsi banyak daging.
Daging adalah makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi, yang bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama. Sehingga Moms tidak mudah lemas selama puasa.

3. Perbanyak minum air putih.
Pastikan asupan air putih moms tercukupi agar tidak dehidrasi apalagi ibu menyusui sering merasa kehausan.

4. Makan kembali setelah tarawih atau sebelum tidur.
Untuk menambah produksi ASI jangan lupa juga makan buah-buahan sebagai cemilan dan makan kembali sebelum tidur karena ibu menyusui membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan orang biasa. 

5. Tetap rutin menyusui atau memompa ASI.
Karena ASI itu supply and demand jadi banyaknya ASI yang diproduksi dan dikeluarkan dari payudara, sebenarnya diatur oleh isapan bayi. Makin sering bayi menyusu dan PD dikosongkan maka produksi ASI makin banyak.

6. Istirahat yang cukup.
Agar produksi ASI tak terganggu dan fisik moms tetap fit, manfaatkan waktu untuk beristirahat dan relaks. Wajar kok, kalau selama berpuasa moms merasa lemas. Saat merasa lemas cobalah untuk beristirahat sejenak, entah itu dengan cara tidur atau sekadar merebahkan tubuh sambil relaks menenangkan pikiran.

7. Niat dan doa.
Intinya sih kunci keberhasilan ibu menyusui yang ingin menjalankan puasa yaitu keyakinan dari dalam hati yang paling dalam. Hilangkan sugesti negatif, takut hal ini itu, dan niatkan dari dalam hati bahwa puasa dan menyusui adalah ibadah yang dilakukan karena Allah SWT semata. Percaya diri dan terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga kelihatan seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah. Jadi kalau tidak sanggup puasa karna khawatir dengan kondisi bayinya atau masih menyusui eksklusif, ya gak apa-apa gak puasa karena dalam agama Islam pun ada keringanan bagi ibu yang menyusui. Yakinlah selalu puasa atau tidak, moms telah memberikan yang terbaik bagi si kecil.

Semoga tips di atas bisa membantu dan bermanfaat ya moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

186 Sri Rahmadani Siregar

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Si Mungil Telur Puyuh Penuh Nutrisi

Moms, pelajari manfaat telur puyuh berikut ini yuk!

Tekstur, Jumlah, dan Frekuensi MPASI Sesuai dengan Usia Si Kecil

Apakah si Kecil sudah memasuki MPASI? Yuk simak bagaimana tekstur, jumlah, dan frekuensi MPASI yang tepat!

Review Produk: Cocolatte Baby Chair

Kenyamanan saat makan menurut saya menjadi salah satu poin penting dalam fase MPASI.

Lebih Bagus Mana, MPASI Homemade atau Instan?

Dalam mencukupi kebutuhan nutrisi untuk si Kecil, tentunya kita menginginkan yang terbaik. Mana yang lebih baik MPASI homemade atau instan?

Feeding Issue: Masuk Angin

Alasan si Kecil seringkali menangis dapat disebabkan oleh rasa tidak nyaman karena ada udara di dalam perut.

Kenapa Bayi Saya Menangis Terus?

Hal yang harus diwaspadai oleh orang tua jika bayinya mengalami kolik adalah mengecek kondisi fisik bayi.

Keasikan Bermain Anak Sampai Lupa Makan

Apakah si Kecil sering keasikan bermain sampai lupa atau tidak mau makan Moms? Bagaimana mengatasinya?

Mengapa Bayiku Mogok Minum ASI?

Apakah si Kecil tiba-tiba tidak mau mium ASI Moms? Jika iya, coba simak beberapa penyebab mogok ASI berikut.