Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  17 May '22


Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan kecuali mengalaminya sendiri. Oleh sebab itu, penting mempersiapkan diri dengan berbagai tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar.

Beberapa ahli berpendapat, bahwa wanita hamil dalam keadaan bugar umumnya menjalani proses melahirkan secara lebih singkat. Tubuh yang  bugar mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga persalinan lancar. Tentunya, juga diimbangi asupan gizi dan pola hidup sehat.

13 Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Sebuah riset yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menyebutkan bahwa 50% dari 201 perempuan mencoba berbagai cara alami dengan tujuan memicu kontraksi persalinan. Apalagi, setelah dokter menginformasikan mengenai perkiraan rentang waktu kelahiran si Kecil.
Apabila kehamilan Moms telah memasuki usia 40 minggu, sebaiknya Moms lebih gencar membekali diri dengan berbagai informasi bermanfaat, termasuk tips memperlancar persalinan seperti di bawah ini:
  1. Menerapkan Pola Makan Sehat
Konsumsi makanan sehat tidak hanya penting bagi Moms tapi juga perkembangan dan pertumbuhan si Kecil. Cukup asupan nutrisi akan membuat fisik Moms menjadi lebih kuat dan sehat sehingga dapat menghadapi tantangan persalinan secara lebih mantap.
Jadi, makan apa biar cepat melahirkan? Usahakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan buah segar. Jangan lupa mengkonsumsi air dalam jumlah cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, hindari makanan berlemak dan olahan untuk menjaga kondisi badan agar stabil.
  1. Tetap Aktif
Selama masa kehamilan, dianjurkan supaya Moms tetap aktif melakukan berbagai kegiatan fisik dan olahraga ringan. Hal ini bukan hanya bertujuan membangun stamina namun juga membantu melenturkan otot tubuh yang berfungsi mengurangi stres saat persalinan.
Aktivitas yang dapat dijadikan pilihan latihan teratur di antaranya adalah berjalan-jalan santai di area rumah atau kompleks perumahan. Dengan begitu, maka besar kemungkinan Moms akan mengalami persalinan secara lebih cepat dan lancar.
  1. Menghindari Stres
Tidak dapat dipungkiri bahwa masa mengandung, terutama saat mendekati masa persalinan tentu akan membuat pikiran menjadi terbebani dengan berbagai hal. Oleh karena itulah, penting melatih pikiran agar terus optimis dan positive thinking agar terbebas dari stres.
Saat Moms merasakan gejala stres, sebaiknya alihkan pikiran dengan melakukan kegiatan positif, seperti membaca buku cara mengasuh anak misalnya. Kalau pikiran tenang, maka produksi hormon oksitosin yang menimbulkan kontraksi saat melahirkan akan berkurang.
  1. Latihan Teknik Pernapasan
Calon Moms yang akan menghadapi proses kelahiran anak pertama mungkin masih bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan agar persalinan lancar? Untuk mempercepat lahirnya bayi,  satu hal yang harus dipersiapkan adalah latihan pernapasan dan meditasi. Harus diketahui bahwa selama masa persalinan, Moms perlu mengejan selama berkali-kali. Oleh karena itu, lebih baik mulai melatih teknik pernapasan sejak dini. Asupan oksigen dalam jumlah cukup memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan bayi.
  1. Tidur Cukup
Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami gangguan istirahat, khususnya tidur di malam hari. Padahal, Moms harusnya mendapatkan tidur cukup tanpa gangguan setidaknya 8 jam. Tidur berkualitas berperan penting bagi pertumbuhan bayi agar tetap sehat dan pikiran rileks.
Supaya bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari, sebaiknya Moms mengatur suasana kamar dan tatanan tempat tidur senyaman mungkin. Setelah itu, tentukan posisi tidur yang tepat. Jangan lupa hindari mengkonsumsi produk yang mengandung kafein.
  1. Minum Banyak Air Putih
Tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar yang bisa dijadikan acuan selanjutnya adalah meminum banyak air putih. Asupan air dalam jumlah cukup akan membantu mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih yang kerap dialami oleh para wanita hamil. Minum air secara teratur setidaknya 8 gelas sehari juga mampu mencegah dehidrasi serta pembengkakan selama masa kehamilan. Jadi, tubuh tetap terasa sehat dan bugar dalam menjalankan berbagai kegiatan sebab kebutuhan air telah terpenuhi dengan baik.
  1. Rajin Melakukan Pijat Perineum
Sejak kandungan berusia 34 minggu disarankan agar Moms mulai melakukan pijatan di area perineum atau area pembukaan vagina dan anus menggunakan minyak almond atau gandum. Pijatan perineum terbukti ampuh mengurangi rasa nyeri saat melahirkan.
  1. Mengikuti Kelas Ibu Hamil
Sekilas memang terdengar sepele, namun mengambil kelas ibu hamil dapat membantu Moms mengetahui informasi masalah yang mungkin terjadi saat persalinan serta cara menanganinya. Umumnya, Moms juga akan diberi beberapa latihan mengenai proses lahiran.
  1. Melakukan Hidroterapi
Ingin tahu bagaimana cara merangsang bayi agar cepat lahir? Salah satu latihan yang dapat dilakukan adalah hidroterapi (berendam air hangat). Kegiatan sederhana ini akan membantu pikiran Moms lebih rileks sehingga proses lahiran menjadi semakin lancar. Air hangat mampu memberi sensasi relaksasi dan ketenangan yang bisa menyebabkan Moms merasa mengantuk. Riset menyebutkan bahwa hidroterapi berpotensi meningkatkan produksi hormon oksitosin yang dapat mendorong pelebaran dinding vagina agar siap menghadapi persalinan.
  1. Melakukan Hubungan Suami Istri
Berhubungan intim dengan pasangan menjelang minggu akhir persalinan bisa menstimulasi produksi oksitosin yang bermanfaat merangsang kontraksi. Di samping itu, cairan sperma dari suami juga akan melenturkan serta melebarkan bagian leher rahim Moms. Akan tetapi, pastikan untuk tetap berhati-hati saat melakukan hubungan suami istri. Pilihlah posisi senyaman mungkin, misalnya woman on top, untuk menghindari resiko tidak diinginkan. Untuk lebih jelasnya, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat.
  1. Stimulasi Puting
Dilansir dari National Library of Medicine, menstimulasi puting dapat merangsang produksi oksitosin atau hormon yang memicu kontraksi pada rahim. Tidak hanya itu, tapi juga membantu payudara dalam mengeluarkan ASI hingga menginduksi dan melancarkan proses kelahiran si Kecil.
Moms yang sedang menyusui juga dianjurkan sering melakukan stimulasi pada puting. Sebab, ini akan mempercepat proses penyusutan rahim kembali ke ukuran aslinya.
  1. Pijat Ibu Hamil
Seorang terapis pijat berlisensi dari Vancouver, yaitu Paula Jaspar mengatakan bahwa pijat secara rutin selama kehamilan dapat membantu Moms bernapas ke area tidak nyaman. Selain itu, mengendurkan otot yang tegang sehingga cepat rileks setelah kontraksi persalinan.
Selain berfungsi sebagai relaksasi, pijat juga terbukti sangat membantu meredakan rasa sakit pada punggung yang kerap dialami ibu hamil ketika melahirkan. Akan tetapi, agar Moms dan calon si Kecil tetap aman, sebaiknya pilihlah terapis pijat yang telah memiliki sertifikasi.
  1. Melakukan Hipnosis
Apakah Moms sudah pernah mendengar tentang hipnosis? Ini merupakan terapi relaksasi secara lebih mendalam. Tujuannya melatih ibu hamil agar bisa rileks sehingga lebih siap menghadapi persalinan. Jadi, tidak ada salahnya mengambil sesi hipnosis saat hamil.
Akan tetapi, tidak sedikit ibu hamil menjadikan hipnosis sebagai cara efektif menentramkan diri untuk mengatasi kecemasan berlebihan menjelang proses kelahiran buah hati.
Beberapa tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar di atas dapat Moms jadikan sebagai bahan referensi untuk mempersiapkan diri agar lebih tenang dan percaya diri menghadapi proses lahiran. Dengan begitu, Moms bisa terhindar dari stres menghadapi persalinan yang sudah di depan mata.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

177 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]