Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

PARENTING  |  TODDLER  |  21 Feb '20


Saya belum pernah mengalami fase Nabilla yang begadang sampai larut malam. Pernah ding, dulu waktu masih bayi merah. Nabilla bayi tidur jam 7 sampai 12 malam, trus jam 12 malam sampai 3 dini hari ngajakin melek banget. Untungnya fase begadang itu sudah selesai setelah dia lewat usia 40 hari. Setelahnya, pola tidurnya selalu normal.

Nabilla bayi sampai sekarang usia 1 tahunan lebih selalu tidur pukul 7 malam paling lambat pukul 8 pasti sudah tidur. Beberapa temen pernah ada yang tanya, kok bisa Nabilla enggak pernah ngajakin begadang?? Ya bisa. Itu tergantung orangtuanya kok.

1. Disiplin waktu

Kalau ingin anaknya tidur pukul 7 atau 8 malam, satu jam sebelumnya saya udah ajak Nabilla melakukan ritual sebelum tidurnya dan memindahkan semua aktivitasnya di kamar. Misal, ngajak dia pipis dulu, menyiapkan susunya. Kalau masih mau lanjut main di kamar aja. Kalau enggak, ya dibacain buku cerita di kamar. Spare waktu 1 jam sebelum tidur itu lumayan efektif. Soalnya pada praktiknya, ritual anak sebelum tidur itu banyak banget. Entah minta susu, atau minta dibacakan buku cerita.

2. Matikan TV, jauhkan gadget, dan matikan lampu

Ini orangtuanya yang harus disiplin. Kalau sudah pukul 8 dan waktunya masuk kamar, matikan TV-nya, jauhkan gadgetnya, dan matikan lampu ruang tengah juga kamar. Kecuali kalau masih mau beraktivitas di kamar ya.

Seringkali anak bisa tidur cepet itu karena kita menemaninya tidur dan tidak menyambi-nyambi yang lainnya. Tidak menyambi nonton TV, tidak menyambi pegang gadget, atau tidak menyambi baca buku. Lampu yang dipadamkan juga bisa memberi efek lebih teduh di mata, jadi anak (dan kita) bisa cepet tidur.

3. Bacakan buku atau ceritakan dongeng

Membacakan anak buku sebelum tidur itu buat saya cukup efektif untuk mendisiplinkan anak tidur. Karena kalau dibacain cerita, dia jadi duduk tenang dan mendengarkan cerita kita. Energinya enggak disalurkan dengan loncat-loncat atau lari-lari yang itu justru bikin anak jadi enggak ngantuk-ngantuk. Kalau dia bisa duduk tenang kan, lama-lama ngantuk.

Cuman kadang, Nabilla jadi hafal bahwa kalau dibacakan buku artinya waktunya tidur. Padahal tidak selalu baca buku = tidur.

4. Tidak menemani dan meladeninya bermain

Menemani anak main itu nyenengin ya mom. Tapi kalau sudah waktunya tidur dan kita tetap meladeninya bermain, dia jadi keasyikan dan enggak mau tidur. Tingkahnya jadi makin aktif, trus enggak ngantuk-ngantuk. Jadi kalau saya, tetap membiarkannya bermain. Tapi di kamar, lampu ruang tengah mati, dan saya yang tidur. Nanti lama-lama dia bakal nyusul tidur. Meski praktiknya, saya sering banget jadi bablas ketiduran duluan.

Jadi disiplinkan waktu tidur anak sejak dini ya moms. Supaya makin besar gak suka begadang hehe.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

229 Rahayu Pratiwi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

Bagaimana ya caranya agar si Kecil suka membaca? Simak cerita berikut ini.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

Membangun rasa ketertarikan si Kecil terhadap buku adalah hal yang baik untuk dilakukan sejak dini. Yuk simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

Pengen ajak si Kecil ke bioskop tapi takut cranky dan mengganggu penonton lainnya? Yuk simak tips berikut ini!

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya.

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

Moms sedang menghadapi si Kecil yang tantrumnya sering kambuh? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak tips ala Mom Nadia.

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua