THE DAILY

Prosedur Seputar Bayi Tabung Prosedur Seputar Bayi Tabung
21 May '18

Berbagi Tips Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Bumil dan Busui Berbagi Tips Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Bumil dan Busui
21 May '18

Benarkah Hipseat Carrier Memicu Turun Rahim? Benarkah Hipseat Carrier Memicu Turun Rahim?
21 May '18

Puasa Ibu Menyusui Wajib Atau Tidak? Puasa Ibu Menyusui Wajib Atau Tidak?
21 May '18

Fun Play Without Gadget Fun Play Without Gadget
21 May '18

Puding Sirsak Coklat Puding Sirsak Coklat
21 May '18

Penanganan Tepat Anak Demam Penanganan Tepat Anak Demam
21 May '18

Sakit Punggung Pada Masa Kehamilan Sakit Punggung Pada Masa Kehamilan
21 May '18

Cake Brokoli Untuk Si Kecil Cake Brokoli Untuk Si Kecil
21 May '18

Tips Hemat Berbelanja Dibulan Ramadhan Tips Hemat Berbelanja Dibulan Ramadhan
21 May '18

Konstipasi Pada Bayi Konstipasi Pada Bayi
21 May '18

Pancake Mango with Ice Cream Pancake Mango with Ice Cream
21 May '18

Anak Tidak Minat Baca, Bagaimana Mengatasinya? Anak Tidak Minat Baca, Bagaimana Mengatasinya?
21 May '18

Seputar Pro Kontra Pemberian Gula Garam Pada MPASI Seputar Pro Kontra Pemberian Gula Garam Pada MPASI
21 May '18

Mengenal Lebih Dekat Nutritional Yeast VS MSG Mengenal Lebih Dekat Nutritional Yeast VS MSG
21 May '18

My Greentom Story by Mom Santi Mariana Purnama My Greentom Story by Mom Santi Mariana Purnama
20 May '18

Menu Buka Puasa Ibu Hamil Yang Menyehatkan Menu Buka Puasa Ibu Hamil Yang Menyehatkan
20 May '18

My Greentom Story by Mom Caesara Claracita My Greentom Story by Mom Caesara Claracita
20 May '18

Tips Puasa Ibu Hamil Yang Aman Dan Menyehatkan Tips Puasa Ibu Hamil Yang Aman Dan Menyehatkan
20 May '18

My Greentom Story by Mom Grace Octavia My Greentom Story by Mom Grace Octavia
20 May '18

Memahami Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Ibu Hamil Memahami Ciri-Ciri Penyakit Lupus pada Ibu Hamil
20 May '18

My Greentom Story by Mom Cindy Dwika My Greentom Story by Mom Cindy Dwika
20 May '18

Tips Puasa untuk Ibu Hamil 5 Bulan Tips Puasa untuk Ibu Hamil 5 Bulan
20 May '18

My Greentom Story by Mom Shelby Paige My Greentom Story by Mom Shelby Paige
20 May '18

5 Manfaat Ubi Jalar Selama Kehamilan 5 Manfaat Ubi Jalar Selama Kehamilan
20 May '18

4 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun 4 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun
20 May '18

Bahaya Tidak Mematuhi Prosedur SAP Cara Menyusui Yang Benar Bahaya Tidak Mematuhi Prosedur SAP Cara Menyusui Yang Benar
20 May '18

Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Suntik Hamil? Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Suntik Hamil?
20 May '18

Imunisasi Usia 18 Bulan: Efek Samping Dan Manfaatnya Imunisasi Usia 18 Bulan: Efek Samping Dan Manfaatnya
20 May '18

6 Tips Menjalani Puasa untuk Ibu Menyusui 6 Tips Menjalani Puasa untuk Ibu Menyusui
20 May '18

READ MORE

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips dan Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

HEALTH TIPS  |  PARENTING  |  18 Jan '18

Merawat bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah. Seringkali pasangan muda kebingungan dalam cara merawat bayi baru lahir. Merawat bayi baru lahir pada umumnya identik dengan lelah yang akan dirasakan sepanjang hari, apalagi jika kondisi ini merupakan pengalaman pertama memiliki buah hati.

Selain dari persiapan merawat bayi yang baru lahir, para orang tua sebaiknya juga mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Buatlah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli, supaya tidak ada barang atau perlengkapan yang terlewatkan. Untuk orangtua yang belum tahu apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan, silahkan simak dan temukan jawabannya pada penjelasan di bawah ini.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan
Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli diantaranya yaitu popok, kain bedong, gurita, selimut bayi, sarung tangan dan kaos kaki, baju bayi baru lahir, gendongan bayi, penutup kepala bayi, perlengkapan mandi, peralatan bayi baru lahir lainnya yang dibutuhkan. Beberapa perlengkapan tersebut termasuk kedalam perlengkapan utama dan sangat penting, jadi usahakan jangan terlewatkan dalam membelinya.

Dalam hal memilih baju untuk bayi, sebaiknya pilihlah baju yang berbahan katun dan bisa menyerap keringat dengan baik. Pilihlah baju bayi baru lahir yang sesuai dengan usianya. Sesuaikan pemakaian baju dengan suhu atau cuaca, jika cuaca panas anda bisa mengenakan baju yang berlengan pendek untuk menghindari bayi agar tidak kegerahan.

Dari perlengkapan bayi yang sudah disebutkan diatas, untuk jumlahnya anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Utamakan hal atau perlengkapan yang dikira sangat penting, misalkan popok dan kain bedong. Jumlah kedua perlengkapan tersebut haruslah lebih banyak dari yang lain karena bayi akan sering pipis dan harus segera diganti popok. 

Untuk gurita karena kebutuhan bayi baru lahir yang satu ini penggunaanya menurut dunia medis dianggap kurang baik, anda bisa mengganti dengan cara alternatif lain yaitu menggunakan kaos dalam atau singlet. Sedangkan untuk perlengkapan mandi bayi, pilihlah sabun dan shampo yang memang dikhususkan untuk bayi. Karena kulit bayi masih rentan dan sensitive, pastikan pilihan anda sesuai dengan kebutuhan bayi.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Benar
Dalam hal merawat bayi baru lahir, kebersihan dan keamanan haruslah dijaga dengan baik. Karena merawat bayi baru lahir haruslah dilakukan sesiaga mungkin, para orangtua harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik. Selain itu, orangtua jangan takut dan khawatir saat merawat si kecil. Belajarlah merawat bayi dengan baik agar tumbuh dan kembang bayi terjaga dengan baik.

Bayi baru lahir bisa dimandikan setidaknya kurang lebih 1 kali sehari, jika tali pusarnya belum copot usahakan memandikan bayi dengan spons dan juga air hangat. Bagian tali pusar akan sangat mudah terkena infeksi, disinilah orangtua harus sebisa mungkin melakukan perawatan pada bayi yang baru lahir dengan benar. Gunakanlah handuk yang lembut untuk mengeringkan tubuh bayi, hal ini bertujuan agar tidak terjadi iritasi pada kulit bayi. 

Rutinlah mengganti popok bayi, anda mungkin akan sering mengganti popok bayi bahkan bisa sampai 10 kali dalam satu hari. Hal ini juga tergantung asupan air susu yang diterima oleh bayi. Pada umumnya, bayi diberi susu formula akan memiliki frekuensi kencing yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI. 

Tangan-tangan mungil si kecil biasanya akan menyentuh bagian disekitarnya dengan bebas. Jika tidak menggunakan kain bedong, Moms and Dads harus selalu memperhatikan kuku tangan bayi apakah sudah panjang atau masih pendek? Kuku yang panjang bisa dipotong dengan hati-hati, hal ini supaya si kecil tidak mencakar dirinya sendiri. Untuk anda yang mungkin belum berani memotong kuku bayi, jangan lupa pakaikan sarung tangan. 

Tips Merawat Bayi Baru Lahir Yang Baik Dan Benar
Bagian-bagian tubuh bayi hampir semuanya sensitif, para orangtua harus sebisa mungkin melakukan perawatan yang benar dan baik. Anda bisa melakukan perawatan tubuh bayi dengan melakukan pemijatan, dan apabila hendak membersihkan kotoran pada matanya gunakanlah kapas yang steril yang sudah diberi air hangat atau air matang.

Untuk merawat kulit bayi agar tetap terjaga kelembutan dan kehalusannya, sehabis memandikan bayi gunakan baby oil yang bisa dioleskan langsung ke tubuhnya. Gunakan bedak atau lotion yang aman dengan kandungan pro-vitamin B5 untuk mengatasi bayi dari masalah biang keringat. Jika tidak ingin menambahkan bedak atau lotion pada bayi, Moms and Dads bisa mengatur suhu ruangan dan menjaga udara di dalam kamar.

Masalah yang terjadi pada bayi baru lahir salah satunya yaitu ditemukan kerak dibagian kepala. Kondisi ini sebenarnya tidaklah membahayakan namun orangtua sepertinya selalu ingin membersihkan kerak tersebut. Untuk menghilangkan dan melepaskan kerak pada kepala bayi, anda bisa meminta obat pada dokter atau menggunakan baby oil dengan rutin mengoleskannya pada kepala bayi.

Perawatan bayi baru lahir untuk bagian hidung, cukup dengan membersihkan kotoran yang keluar dari hidungnya saja. Rongga hidung bayi memiliki pembersih kotoran yang alami dan khusus. Jika bayi terkena pilek, anda bisa menghisap lender dari hidungnya untuk keluar atau menggunakan aspirator hidung bayi.

Jika anda ingin membersihkan bagian telinga bayi, sebaiknya gunakan cotton buds yang sudah dibasahi air hangat untuk membersihkannya. Tunggu sampai kotoran telinga keluar dengan sendirinya setelah itu anda bisa langsung membersihkannya. Jangan sembarangan memasukkan jari ke bagian telinga dalam, hal ini dikarenakan ada bagian telinga dalam yang tidak boleh disentuh. 

Saat akan menggendong, membersihkan bayi atau menyentuh bayi, tangan harus dalam keadaan steril. Hal ini bertujuan untuk menghindari bayi terkena infeksi atau kuman dimana banyak sekali kuman yang berasal dari tangan bunda atau orangtua. Jagalah kebersihan setiap akan kontak langsung dengan bayi. 

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi anda new Moms and Dads. 

By: Babyologist Editor 

BACA JUGA: Dampak Fatal Salah Memilih Bantal Bayi

3509 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories