Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Berenang Bersama si Kecil

OTHERS  |  12 Jul '18

Tahukah Moms kalau berenang ternyata sangat baik untuk keseharan dan kecerdasan bayi? Dengan berenang, semua otot tubuh bayi akan ikut bekerja, selain itu tentu saja berenang dengan bayi memiliki manfaat rekreasional dan juga dapat membangun keintiman anak dengan orang tua. Anak siapa sih yang tidak suka main air?


Kayden mulai saya ajak berenang di kolam renang umum pada usia 7.5 bulan. Sebenarnya usia berapa baiknya bayi bisa diajak berenang? Dari beberapa sumber yang saya baca, baiknya di atas 6 bulan, karena bayi di bawah 6 bulan belum memiliki imunitas yang sempurna, jadi lebih rawan tertular penyakit. Maka, amannya di atas 6 bulan.

Tetapi walaupun sudah berusia di atas 6 bulan, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan sebelum mengajak bayi berenang:

  1. Perkenalkan kolam perlahan-lahan: Jangan langsung celupkan bayi ke dalam kolam, tetapi ajak bayi main-main terlebih dahulu di pinggir kolam, cipratkan air terlebih dahulu ke kaki bayi, dan bawakan mainan favoritnya supaya bayi merasa familiar.

  2. Pilihlah kolam yang tidak terlalu ramai: Saya mengajak Kayden berenang di kolam cluster dan bukan di hari libur sehingga tidak terlalu ramai.

  3. Perhatikan suhu air: Kolam renang umum biasanya cenderung dingin airnya, oleh sebab itu saya mengajak Kayden berenang di sore hari, karena airnya lebih hangat setelah terjemur matahari.

  4. Perhatikan waktu berenang: Untuk bayi di bawah satu tahun, baiknya jangan diajak berenang terlalu lama, saya mengajak Kayden berenang sekitar 10-15 menit saja. 

  5. Baju renang: Biasakan memakai baju renang yang sesuai, dan untuk bayi pakaikanlah ia swim diapers supaya tidak berantakan jika bayi buang air. Untuk swim diapers, biasanya ada dua model, yaitu yang sekali pakai dan yang reusable.

  6. Segera mandikan setelah berenang: Kulit bayi cenderung lebih sensitif sehingga lebih baik bayi segera dimandikan untuk mencegah terjadinya gangguan kulit pada bayi setelah berenang di kolam renang umum yang mengandung kaporit.

  7. Skincare: seperti yang telah saya sebutkan bahwa kulit bayi masih rentan, jadi hal ini cukup penting diperhatikan. Jika mengajak bayi berenang di luar ruangan maka ia wajib menggunakan sunblock. Pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk bayi dan jangan lupa gunakan krim pelembap kulit yang cocok untuk bayi ya Moms.

Jadi setelah mengetahui manfaat yang baik dari berenang, Moms tidak perlu takut dan ragu untuk mengajak bayi berenang, karena berenang terbukti menyenangkan dan menyehatkan!

Semoga bermanfaat.

By: Marsha Maria.

BACA JUGA: Rambut Rontok pasca Melahirkan, Kok Bisa?

55 Marsha Maria Send Message to Writer

Related Stories