Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Atasi Rambut Rontok Usai Melahirkan

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  MY STORY  |  27 Oct '19


Jadi ini pengalaman yang saya dapatkan saat Nabilla berusia tiga bulan. Tiba-tiba saya menyadari bahwa rambut saya rontok jauh lebih banyak dari biasanya, apalagi jika dibandingkan ketika saya masih hamil. Sebelumnya, hanya ada 1-2 lembar rambut yang jatuh jika saya menyisir.

Shock? Udah pasti dong! I thought I was going to be bald, Mommies! Bagaimana tidak, di setiap sudut rumah pasti ada rambut saya. Di lantai, di bantal, di kamar mandi, di dapur. Saya sampai takut nyisir dan sempat terpikir untuk mogok keramas sementara. Hehe

Usai melahirkan, kadar hormon estrogen kita kembali ke normal, dan membuat siklus pertumbuhan rambut juga kembali ke sedia kala. Efeknya, rambut-rambut yang tadinya beristirahat selama kita hamil, akhirnya rontok. Kalau perempuan normal mengalami kerontokan rambut sebanyak 100-125 helai sehari, para ibu yang baru melahirkan bisa kehilangan 500 helai rambutnya dalam 24 jam!

Beneran bakalan botak dong kita?

Syukurnya nggak Mommies. Kata pakar rambut Rudy Hadisuwarno, postpartum hair loss syndrome umumnya akan berakhir saat bayi berusia 6-12 bulan. Ditandai dengan tumbuhnya anak-anak rambut yang menjengat-jengat di kepala kita. Benar juga sih. Saat Nabilla memasuki usia 6 bulan, rambut saya yang rontok mulai berkurang jumlahnya. Masih rontok sih, tapi tidak separah dulu.

Hal terbaik yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengakali (bukan mengatasi) postpartum hair loss adalah trik styling rambut dan perawatan yang baik. Hindari styling rambut berlebihan.

Hindari gaya penataan rambut yang memakai ikat terlalu kencang, seperti ikat kuda, cepol, atau bahkan sanggulan. Kalau perawatan di salon, nggak usah creambath dulu ya. Kalo kita dicreambath kan suka dimassage tuh kepalanya, nah itu bisa bikin rambut makin rontok. Mending pilih hair mask saja. Rambut cuman diolesin masker terus didiemin sampai nutrisi yang ada pada masker meresap ke kulit kepala.

Bagi yang rambutnya panjang, relakan dulu mahkota indahmu dipangkas ya! Nanti kan bakal tumbuh lagi. Jangan lupa pilih produk shampo dan conditioner yang khusus untuk rambut rontok. Kalau sudah keramas sebaiknya rambut dibiarkan kering sendiri, nggak usah dibungkus handuk apalagi memakai hair dryer. Kalau sudah kering, baru disisir.

Perawatan premium bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan pakar rambut terlebih dahulu. Ada treatment transplantasi rambut, ada juga yang pake disemprot sinar laser kalau ada dana berlebih.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

304 Rahayu Pratiwi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perawatan Tradisional Pacsa Melahirkan

Bagaimana cara merawat diri dan bekas jahitan pasca melahirkan?

Perawatan Tradisional Jadi Pilihanku untuk Tetap Fresh Pasca Persalinan

Perawatan tradisional berikut ini bisa jadi alternatif perawatan Moms pasca melahirkan loh

Tips Langsung Langsing Setelah Melahirkan

Siapa yang BBnya setelah hamil naik jauh banget dari BB normal? Berikut ini tips mudah menurunkan BB ala Mom Resti

Ibu Menyusui Menggunakan Cream Wajah, Why Not?

Selama hamil hingga anak usia 6 bulan tidak pakai cream muka, apa alasan Mom Noviana akhirnya menggunakannya lagi?

Diet Sehat Sebelum Hamil, 1 Bulan Turun 5 Kg

Diet sehat seperti apa yang Mom Desi lakukan untuk menurunkan berat badan sebelum masa kehamilan?