Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips ASI Lancar Setelah Beberapa Hari Stop Menyusui

FEEDING  |  MY STORY  |  27 Jan '19


Menyusui adalah aktivitas terindah bagi seorang ibu untuk memenuhi hak buah hati tercinta mendapatkan asupan gizi yang luar biasa manfaatnya. Menyusui merupakan salah satu wujud cinta ibu kepada si Kecil yang dapat menciptakan bonding yang kuat antara ibu dan anak.

Saya adalah seorang ibu pekerja, sehingga peralatan pumping adalah teman setiap saat untuk tetap bisa mengASIhi. Di rumah saya lanjut menyusui secara langsung dan diteruskan dengan melakukan pumping. Kemudian saya hamil anak kedua. Di kehamilan tersebut, saya masih aktif menyusui dan pumping, hingga akhirnya saya mengalami kelelahan bekerja dan pendarahan. Oleh dokter kandungan, disarankan untuk stop menyusui dan pumping. Selama beberapa hari berat rasanya bagi saya untuk berhenti menyusui dan pumping. Badan terasa adem panas dan PD bengkak dan sakit sekali. Hingga akhirnya setelah beberapa hari, saya diperbolehkan menyusui lagi. Lalu, apakah ASI saya tetap bisa keluar? Bisa Moms, tentunya dengan usaha dan semangat yang membara dan yakin bisa terus menyusui buah hati tercinta. Bagaimana tipsnya?


Solusi ASI Lancar ala Mom Reza

  1. Saat menyusui pertama kali setelah stop beberapa hari, ASI saya cukup lancar keluar. Masih belum ada masalah. Namun setelah pengeluaran ASI tersebut, usaha untuk menyusui langsung selanjutnya dan pumping harus ekstra lebih keras lagi. Maka solusi ASI lancar yang pertama kali dilakukan adalah massage PD dengan air hangat untuk meredakan bengkak dan nyeri.

  2. Menyusui dan pumping berkelanjutan sampai PD benar-benar kosong dan lakukan setiap 2 jam sekali. Meskipun dirasa PD masih "lembek" seolah-olah belum terisi ASI, terus lakukan pumping meskipun hasilnya sangat sedikit.

  3. Lakukan power pumping minimal sekali sehari. Hal ini untuk terus memicu produksi ASI dengan merangsang otak agar memerintahkan hormon-hormon tubuh memproduksi ASI. Karena telah berhenti menyusui dan pumping beberapa hari, maka power pumping harus dilakukan sesering mungkin.

  4. Jangan sampai skip menyusui atau pumping 2 jam sekali. Jika baby tidak mau menyusu setiap 2 jam sekali, Moms bisa lakukan pumping setiap 2 jam sekali.

  5. Solusi ASI lancar selanjutnya adalah, perbanyak minum air putih.

  6. Makan makanan penuh gizi dan makanan yang melancarkan produksi ASI, seperti sayuran hijau, teh pelancar ASI, ataupun mengonsumsi booster ASI. Usahakan makanan yang Moms konsumsi hanyalah menu-menu sehat dan mengolahnya sampai matang ya, agar nutrisi ASI tetap terjaga.

  7. Yakin dan optimis, serta penuh semangat dalam mengASIhi baby tercinta. Yakin bahwa ASI akan keluar lancar kembali dan sukses menyusui.

  8. Berdoa pada Tuhan agar dicukupkan ASI kita untuk buah hati tercinta.

Selamat mencoba solusi ASI lancar di atas ya Moms, semangat MengASIhi!

 

Semoga bermanfaat.

By: Reza Zattira

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1324 Reza Zattira

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]