Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Agar Proses Persalinan Normal Berjalan Lancar

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  21 Jun '18

Persalinan harus dipersiapkan dengan matang. Semakin matang persiapan yang dilakukan, semakin lancar persalinan akan berjalan. Proses persalinan normal adalah proses pengeluaran bayi yang sepenuhnya mengandalkan tenaga ibu, tanpa ada intervensi dari luar.

Bidan atau dokter hanya bertugas untuk mendampingi dan memberikan arahan agar Anda bisa mengeluarkan bayi dengan selamat. Mempersiapkan proses persalinan yang menggunakan metode normal bisa mengatasi perasaan tegang. Perasaan rileks tentu akan mempermudah proses persalinan nantinya.

Tips proses persalinan normal

Perlu diketahui bahwa tidak semua ibu hamil bisa melahirkan secara normal. Ada beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan ibu tidak bisa melahirkan secara normal dan harus menjalani persalinan caesar. Namun jikaibu tidak memiliki gangguan kesehatan baik pada diri maupun janin, maka Anda bisa melahirkan secara normal. Untuk lebih siap menghadapi persalinan, berikut beberapa tips dalam menjalani proses persalinan secara normal:

  • Tingkatkan motivasi untuk bisa melahirkan normal. Motivasi bisa diperoleh dengan berpikiran positif dan menenangkan diri agar tidak panik. Selain itu, motivasi yang tinggi bisa membantu Anda melewati proses penyembuhan yang lebih cepat. Selain itu, penting untuk Anda membekali diri dengan informasi-informasi penting seputar persalinan normal. Tanyakan dan diskusikan dengan dokter atau bidan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk memperlancar proses persalinan nantinya.
  • Persalinan normal juga memiliki risikonya sendiri yang mengganggu prosesnya, misalnya bayi terlilit tali pusat. Jika Anda mengetahui bahwa ada risiko untuk terjadi hal seperti ini saat proses persalinan, maka Anda akan lebih siap untuk menghadapinya dan tidak panik.
  • Pahami bahwa meskipun proses persalinan normal sepenuhnya bergantung pada fisik Anda yang melibatkan tenaga sendiri, namun terkadang dokter atau bidan masih tetap perlu mengambil tindakan medis. Misalnya saja jika saat proses persalinan normal ternyata Mom tidak kunjung merasakan kontraksi, atau persalinan berlangsung terlalu lama. Maka dokter akan mengambil tindakan medis berupa induksi untuk merangsang kontraksi dan membuat bayi segera bisa dikeluarkan.
  • Saat proses persalinan hendak dimulai, pastikan untuk tetap dalam kondisi tenang dan tidak panik secara berlebihan. Mom bisa bernapas dengan teratur untuk membantu menghilangkan ketegangan. Selain itu, Anda bisa meminta dukungan suami atau keluarga terdekat saat menjalani proses persalinan. Hal ini bisa menjadi motivasi dan kekuatan untuk melahirkan dengan lancar.

Agar bisa menjalani proses persalinan normal dengan lancar, pastikan untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar kehamilan tetap sehat. Dengan begitu, resiko terjadinya gangguan kesehatan yang dapat mencegah melahirkan secara normal bisa diminimalisir.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

477 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories