Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Agar Melahirkan Normal Berjalan dengan Mudah ala Mom Fitri

PREGNANCY  |  02 Nov '18


Melahirkan adalah proses yang harus dijalani setiap wanita yang akan menjadi seorang ibu. Saya cerita sedikit ya bagaimana melahirkan Naya. Saya melahirkan Naya (anak pertama) saya hanya dengan jarak antara kontraksi sampai dengan lahir kurang lebih 4 jam saja. Pertama kontraksi jam 03.00 pagi lewat, jam 04.30 mulai keluar flek lendir darah. Pada pukul 07.00 pembukaan 8, jam 07.30 sudah disuruh mengejan, dan akhirnya jam 07.45 Naya lahir. Kenapa kok secepat itu? Dan selama proses melahirkan saya masih bisa bercanda dengan ibu saya.

Tips Melahirkan Secara Normal dengan Mudah dan Nyaman

  • Jalan Kaki
    Perbanyak jalan kaki adalah hal wajib bagi para bumil yang ingin melahirkan normal. Jalan kaki bisa dimulai rutin ketika sudah memasuki usia kandungan di atas 7 atau 8 bulan. Sehari minimal sekali pagi atau sore saat matahari tidak terlalu panas, dengan waktu sekitar 15 sampai 20 menit tiap sesi nya (Moms bisa sambil pakai jam sebagai timer). Saat hamil 9 bulan kebetulan bulan puasa jadi jalan kaki tidak terasa, karena sambil keliling cari takjil buat buka puasa.

  • Naik Turun Tangga
    Yang satu ini mau hamil apa tidak hamil tetap dilakuin karena kamar ada di lantai 2, otomatis setiap hari paling tidak minimal 3 kali bolak-balik naik turun tangga. Untuk bumil sekalian bisa coba nih kalau ada tangga, minimal 3 sampai 5 kali bolak-balik baik turun tangga. Konon mempercepat si baby turun ke panggul.

  • Jongkok
    Jongkok bisa dilakukan setiap hari disela-sela aktivitas saat tidak tahu mau ngapain, bumil bisa iseng jongkok beberapa menit. Bisa juga sambil ngepel lantai jongkok. Kalau saya pribadi lebih sering jongkok ketika menyikat kamar mandi, jadi selama hamil kamar mandi bersih terus.

  • Butterfly Pose
    Senam hamil pose kupu kupu ini bisa bumil lakukan untuk melatih otot paha dan mengurangi risiko sakit punggung. Caranya mudah, tinggal duduk bersila dengan posisi punggung tegak, kemudian kedua telapak kaki bertemu, lalu dorong lulut sampai menyentuh lantai, lakukan kurang lebih 10 sampai 20 detik.

  • Berenang
    Olahraga renang ini olahraga yang aman untuk bumil sekalian. Bahkan dari usia kandungan 4 bulan saya berenang snorkeling di laut pahawang. Berenang dapat membantu untuk melemaskan otot-otot punggung. Pastikan hati-hati ya bumil saat berada di kolam renang.

  • Solat (bagi Muslim) Sujud yang Lama
    Bagi bumil yang muslim tentunya menjalankan solat 5 waktu. Gerakan sujud pada solat sangat bermanfaat untuk bumil sekalian, apalagi jika ternyata babynya dalam posisi sungsang, gerakan sujud bisa membantu mengembalikan ke posisi normal, jadi bumil bisa melakukan gerakan sujud yang sedikit lebih lama saat solat.

  • Main Gymball atau Birthing Ball
    Gymball atau Birthing Ball bisa jadi pilihan bumil sekalian untuk yang kadang malas seperti saya. Gerakannya cukup duduk di atas gymball, goyang inul kanan kiri depan belakang. Saya lakukan sambil nonton televisi jadi tidak berasa olahraganya. Saya mulai menggunakan gymball ketika usia kehamilan sudah masuk 36 mingguan, karena bumil boleh melakukannya kalau posisi baby sudah di bawah.

  • Senam Hamil atau Yoga Hamil
    Saya hanya ikut senam hamil 4 kali selama hamil, itupun ketika mendekati persalinan. Banyak sekali manfaat senam hamil ini. Selain itu gerakannya pun tidak asal-asalan karena bumil diarahkan sesuai dengan instruksi doula atau bidannya sebagai instruktur. Biasanya di akhir sesi diajarkan cara mengejan dan atur napasnya.

  • Ajak Baby Ngobrol 
    Sounding ke baby tiap hari hampir saya lakukan sebelum tidur, dari kehamilan menginjak 4 bulan. Karena pada saat usia kandungan menginjak 4 bulan baby di perut sudah mulai bisa mendengar.

  • Hypnobrithing
    Kebetulan dipinjami kakak ipar buku Hypnobrithing Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, buku nya Ibu Lani Kuswandi, pakar hypnobrithing di Indonesia. Belajar sendiri melakukan sugesti positif kalau melahirkan itu nyaman.

  • Acupressure
    Acupressure adalah terapi pengobatan China. Metode ini dilakukan dengan cara meletakkan jari pada lokasi tertentu dan memberikan tekanan pada titik-titik penting di sekujur tubuh. Jujur dari semua cara yang dilakukan untuk mempermudah persalinan, acupressure ini satu-satunya yang tidak saya lakukan. Karena kemalasan saya mencari tahu tentang titik-titik acupressure lebih lanjut. Bumil bisa searching tentang titik acupressure ini dan meminta bantuan suami untuk pijat acupressure.

  • Induksi Alami atau Berhubungan Intim dan Pijat Puting
    Kalau yang satu ini saya yakin bumil semua sudah paham. Rajin-rajin "bapak nya tengokin baby nya" apalagi kalau sudah memasuki akhir-akhir kehamilan. Berhubungan intim pun dianjurkan oleh dokter kandungan saya untuk mempercepat datangnya gelombang cinta. Pijat puting atau payudara juga bisa dilakukan untuk mempercepat datangnya kontraksi.

  • Berdoa, Ikhlas, Serahkan pada Tuhan
    Banyak-banyak berdoa dan ikhlas, apapun yang terjadi manusia hanya bisa berusaha, ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Seandainya semua usaha sudah dilakukan toh nyatanya bumil harus lahir tidak dengan gentle atau bahkan sesar, jangan sesali itu. Darimana pun si Kecil keluar, lewat cara apapun, bumil akan tetap menjadi seorang ibu.

  • Relax
    Salah satu implementasi dari teknik hypnobrith menjelang persalinan, cobalah untuk relax dan tersenyum. Pada saat gelombang cinta datang, semakin lama semakin nikmat saya malah tertawa, membicarakan hal lucu dengan ibu saya. Ini membuat saya relax dan memudahkan semuanya.

Semoga bermanfaat.

By: Fitri Amalia Azzahra

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

735 Fitri Amalia Azzahra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Yang Perlu Diminum Setelah Melahirkan Agar Badan Sehat

Setiap budaya memiliki resepnya tersendiri supaya ibu yang setelah melahirkan segera pulih. Berikut adalah minuman kesehatan ala Tionghoa.

Tes Sekret dan Kultur Swab Vagina untuk Masalah Keputihan

Saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, tiba-tiba Saya mengalami keputihan yang cukup banyak, namun tidak berwarna, berbau, ataupun gatal. Lalu [...]

Hal yang Wajib Anda Ketahui Pada Usia Kehamilan 32 Minggu

Apa yang terjadi saat usia kehamilan memasuki 32 minggu?

Mengenal Perkembangan Janin 30 Minggu

Apa saja yang terjadi pada janin berusia 3 minggu? Dan apa saja kekhawatiran calon ibu?

Tes Skrining saat Hamil Trimester Ketiga

Antenatal care didefinisikan sebagai pemeriksaan kesehatan kehamilan oleh dokter terhadap ibu hamil.

Melahirkan Normal dengan Mata Minus

Apakah pernah dengar kalau memiliki mata minus tidak boleh melahirkan normal?

Tas Melahirkan hanya Perlu 3 Kategori Ini saja

Setelah memasuki trisemester ketiga, sebaiknya Bumil sudah perlu mempersiapkan tas melahirkan.

Mengenal Lebih Jauh tentang Gentle Birth

Siapa sih di sini yang tidak mau melahirkan dengan normal dengan mudah dan menyenangkan?

Perubahan yang Terjadi Pada Kehamilan di Minggu ke-41

Perlu diketahui, beberapa ibu mungkin akan melahirkan setelah melewati minggu ke-40 kehamilan.

4 Hal yang Perlu Moms Perhatikan pada Perkembangan Kehamilan Minggu ke-40

Memasuki usia kehamilan ke-40 minggu, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan.

3 Keluhan Memasuki Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-39

Pada usia 39 minggu kehamilan, posisi janin tidak banyak mengalami perubahan.

Moms, Inilah Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-38

 Memasuki usia kehamilan di minggu ke-38, janin akan mengalami proses penyempurnaan.

Ini Bahaya Hamil 42 Minggu Namun Belum Melahirkan

Perlu diketahui, jika Moms belum melahirkan padahal sudah waktunya, Moms bisa mengalami komplikasi kehamilan.

Tips Anti Panik Menjelang Persalinan

Mom Nimas punya tips bagi Moms yang mudah panik dan galau menjelang persalinan. Yuk ikuti tipsnya!

Apa yang Dirasakan Saat Hamil Memasuki Trimester 3?

Morning sickness & perubahan berat badan sudah dialami saat trimester 1-2. Lalu apa yang terjadi di trimester 3?

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Ga mau kan Moms si Kecil lahir prematur? Yuk cari tahu cara mencegah agar bayi tidak lahir prematur!

Suasana Hati Mulai Sensitif, Berikut Perkembangan Kehamilan di Minggu 30

Memasuki kehamilan minggu ke-30, perubahan suasana hati akan semakin sering terasa. Apakah mempengaruhi janin?

Persiapan Persalinan Normal

Sebelum menjalani proses persalinan, ada baiknya Moms mempelajari terlebih dahulu tips-tips berikut ya.

Perkembangan Kehamilan di Minggu 36 yang Penting untuk Moms Ketahui

Memasuki usia kehamilan timester yang ketiga, apa saja perubahan yang dialami janin?

Kehamilan Usia 29 Minggu: Janin Sudah Bisa Memukul-mukul Perut Moms

Di usia kehamilan 29 minggu, perkembangan janin akan semakin terasa, salah satunya menjadi semakin aktif.