Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Agar Berat Badan Bayi Tetap Meningkat Di Awal MPASI

FEEDING  |  MY STORY  |  13 May '19


Setelah memulai MPASI banyak moms yg mengeluh jika berat badan babynya seret untuk naik. Ada pula beberapa moms yg mengeluh berat badannya berkurang setelah MPASI. Alhamdulillah babyku yg baru memulai MPASI 14 hari berat badannya sudah naik sekitar 580 gram. Bagaimana caranya? Berdrama MPASI kah di awal pemberiannya? Saya memiliki tips menurut pengalamanku. Mungkin bisa memberikan sedikit informasi untuk Moms.

Tips menaikkan berat badan anak setelah memulai MPASI

  1. Berikan MPASI sesuai dengan kandungan ASI
    Setelah 6 bulan ASI sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan energi, zat besi dan lain lain. Maka dari itu gizi dari MPASI sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya. ASI sendiri terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein. Maka dari itu aku memberikan karbohidrat (nasi, kentang, jagung, ubi dll) dan protein hewani (daging merah, ayam, hati ayam, telur dll). Tujuanku memberikan ini selain kandungannya yg hampir mirip dengan ASI ternyata protein hewani adalah sumber protein yg mudah dicerna oleh bayi, kaya akan zat besi. Selain itu asam amino esensial komplit hanya ada pada protein hewani pencegah stunting. Hindari pemberian 1 menu saja seperti puree buah atau puree sayur karena kandungan yg dibutuhkan sangat kurang dengan kebutuhan bayi (hanya mengandung mikronutrien saja).

  2. Kenalkan mereka peralatan makan kurang dari 6 bulan
    Ketika Kagendra berumur 5 bulan aku mulai mengenalkan sendok, bib makan dan sippycup. Caraku mengenalkannya adalah menggunakanan bib, menyuapi ASIP menggunakan sendok dan memberikan ASIP melalui sippycup. Ini membantu bayi agar ketika sudah waktunya MPASi mereka sudah paham bagaimana respon terhadap sendok dan sippycup.

  3. Berikan makan sedikit tapi sering pada awal MPASI
    Aku memberikan makan di awal MPASI sebesar 1 sdm dewasa pagi sore. Besok aku naikkan lagi 2 sdm pagi sore. Aku tingkatkan perlahan hingga sekarang Kagendra makan 80 ml (sekitar 3 sdm) pagi 07.30, siang 12.00, malam 18.00 dan 1x snack jam 10.00. Snack biasanya aku berikan buah yg aku ambil sarinya. Makan pagi dan siang biasanya aku berikan menu yg sama. Makan malam aku berikan menu berbeda.

  4. Variasikan makanan
    Kagendra ini suka sekali dengan daging sapi dan salmon. Jadi ini adalah senjataku ketika napsu makannya berkurang, aku memberikan menu ini di salah satu jam makannya. Variasikan sayuran atau protein nabati agar anak tidak bosan dan menambah anak mengenal berbagai macam rasa.

Selamat mencoba Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

250 Noviana Maharani Syaraswati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalaman Bendungan ASI yang Tak Terlupakan

ASI yang mampet bisa terjadi pada Ibu menyusui. Bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

Manfaat Kolang Kaling

Resep manisan kolang kaling berikut ini bisa menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa. Simak yuk!

Ceritaku Memberikan Enfamil Gentle Care A+

Simak cerita Mom Dwi berikut ini mengenai Enfamil Gentle Care A+.

Tips dan Trik Mengganti Sufor Lama ke Sufor Baru

Simak tips mengganti susu formula si Kecil berikut ini yuk Moms and Dads.

Metode Blansir MPASI: Smart Mom, Save Money!

Di tengah pandemi ini kita tidak mungkin belanja ke pasar setiap hari. Bagaimana caranya agar sayuran bisa bertahan lama?

Cara Menyapih Anak yang Cuma Mau ASI

Bagaimana cara menyapih si Kecil yang sama sekali tidak mau susu lainnya selain ASI? Simak pengalaman Mom Selvi berikut ini.

Busui Jangan Takut Minum Kopi. Ini Tips Minum Kopi ala Saya

Busui tapi ingin mengonsumsi kopi? Tenang Moms asal sesuai dengan takaran aman kok

Cracked Nipple pada Ibu Menyusui

Puting Moms lecet? Yuk atasi dengan cara berikut ini

Produksi ASI Tiba-Tiba Berkurang? Ini Alasannya

Mengapa produksi ASI bisa berkurang?

Mengenal Tentang ASI dan Perbedaannya dengan Susu Sapi

Moms, taukah bagaimana produksi ASI saat pertama kali si kecil nenen?

Tips Menaikkan Berat Badan si Kecil

Saya mau berbagi tips nih moms bagaimana cara menaikkan berat badan si kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Walaupun Anak GTM ala Bunda Braga

Bagaimana sih caranya anak GTM tetapi berat badan tetep bisa naik?

Anak Susah Makan dan BB Seret (Part 2)

Susah makan bisa menyebabkan si Kecil susah makan dan berat badannya susah naik loh Moms

Tips Menghadapi GTM pada Anak

Yuk cari tahu penyebab si Kecil GTM dan bagaimana cara mengatasinya

Ini Dia 5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk si Kecil

Kenali sumber zat besi alami dari makanan yang bisa Moms berikan pada si kecil yuk!

Chocolate Cake dengan Slow Cooker! Must Try This Recipe!

Slow cooker juga bisa loh mom untuk membuat cemilan bagi Moms & si Kecil.

Pengalaman saat Anak GTM dan Tips Menghadapinya

Gerakan tutup mulut atau yang lebih dikenal dengan istilah GTM, tentu sangat dikhawatirkan setiap Moms.

Hasil Pumping yang Didapat Sedikit? Coba Lakukan Teknik Power Pumping

Jika dilakukan dengan rutin power pumping bisa memancing ASI keluar lebih banyak

Cara Membekukan dan Mencairkan ASIP yang Benar

Bagaimana cara mendinginkan & mencairkan ASIP dengan benar? Yuk simak tips berdasar pengalaman saya

Ketika Anak Susah Makan, Yuk Terapkan Cara Ini Moms

Alfarez pernah GTM gak? Pernah! Sampe kurus banget malah. Terus cara ngatasinnya gimana?