Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Agar Anak Tetap Enjoy Meski Harus Dirawat Di Rumah Sakit

BABY  |  MY STORY  |  TODDLER  |  12 Nov '19


Saat anak sakit tidak selamanya kita bisa merawat anak kita sendiri di rumah. Ada penyakit yang memang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Seperti yang saya alami. Anak saya menderita pembengkakan di ginjal akibat penyempitan ureter yang diderita sejak usia 6 bulan dalam kandungan.

Akibat dari sakit yang diderita anak saya harus bolak balik mendapatkan perawatan di rumah sakit sampai sekarang usianya sudah 2 tahun 7 bulan. Lalu apa yang harus orang tua lakukan agar anak tidak stress atau shock berhadapan dengan petugas dan alat alat medis yang tentunya merupakan sesuatu yang menakutkan bagi anak? Nah ini dia tips dari saya agar anak tetap enjoy menjalani perawatan di rumah sakit.

Tips agar anak enjoy menjalani perawatan di rumah sakit

1. Selalu menemaninya

Dampingi anak dalam setiap proses pengobatan yang harus ia jalani. Berikan pemahaman sesuai usianya dan jangan pernah berbohong. Ct scan, cek darah, transfusi, pemasangan infus, kateter, usg dan serangkaian proses pengobatan lainnya yang tentunya akan membuat anak merasa tersakiti. Jadi tetaplah menemani anak dan hiburlah ia selalu.

2. Perlakukan anak seperti biasa

Meski anak sedang sakit tetap perlakukan anak seperti biasa, jangan perlakukan dia seperti orang yang sedang sakit dan tidak berdaya. Ajak anak bermain seperti biasa tentunya permainan yang wajar dan tidak menyita tenaga dan energi. Dengan bermain anak kita akan merasa dirinya baik baik saja.

3. Bekerja sama dengan pihak rumah sakit

Tidak mudah bagi anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan baru, tidur di tempat tidur rumah sakit, mandi dan lain lain. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk bekerja sama dengan pihak rumah sakit agar anak tetap merasa nyaman meski sedang dirawat di rumah sakit. Mintalah kepada perawat untuk mengizinkan membawa mainan kesukaan anak ke rumah sakit, membawa bantal kesukaan si kecil dan mengizinkan untuk berjalan jalan di sekitar area rumah sakit.

4. Ceritakan yang baik baik tentang petugas medis di rumah sakit

Ceritakan pada anak tentang tugas dan tanggung jawab para tenaga medis di rumah sakit. Hal ini bertujuan agar jika petugas medis datang anak tidak stress dan merasa disakiti. Malah sebaliknya. Ceritakan bahwa suster, dokter dan perawat tugasnya untuk menyembuhkannya agar ia bisa segera pulang ke rumah. Dengan begitu anak akan senang jika dikunjungi dokter dll bukannya malah menangis.

Jangan pernah jadikan rumah sakit sebagai sesuatu yang menyeramkan bagi anak, karena dengan begitu proses penyembuhan anak akan menjadi semakin sulit. Saat anak harus dirawat, pastikan Moms memperlakukannya seperti biasa dan yakinkan bahwa mereka akan lekas sembuh.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan saat si Kecil dirawat di rumah sakit. Selamat mencoba! Semoga si Kecil cepat sembuh ya Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

385 Fitriani Idris

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Memilih Stroller untuk Si Kecil

Stroller merupakan salah satu barang yang menjadi keperluan wajib untuk sebagian Moms terutama kaum milenial.

Tips Bayi Anti Rewel Naik Transportasi Umum ke Bandung

Perjalanan ke luar kota pertama kali untuk anakku di usia 10 bulan, kami sekeluarga berlibur di Bandung.

Toiletries Hack For Short Trip

Ingin traveling Moms? Yuk simak perlengkapan toiletries apa yang harus dibawa agar bawaan ga ribet

Sudahkah Si Kecil Memiliki KIA?

Kartu Identitas Anak yang biasa disebut dengan KIA sama seperti KTP yang kita miliki ya Moms.

Pentingnya Rutin Ke Posyandu

Perlukah rajin pergi ke posyandu untuk mengontrol kesehatan si Kecil?

Obat-obatan yang Perlu Dibawa Saat Travelling Bersama si Kecil

Sebelum travelling bersama si kecil, tentunya Moms harus mempersiapkan barang yang akan dibawa. Apa saja itu?