Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Agar Anak Terhindar dari ISK

MY STORY  |  PARENTING  |  30 Mar '20


"Jika berat badan anak tidak naik selama dua bulan berturut-turut, harap hubungi tenaga kesehatan terdekat" Pasti Moms sudah tidak asing dengan kalimat di atas karena pernah baca tulisan tersebut di buku KIA kan?

Suatu ketika, berat badan anakku susah naik selama 4 bulan. Dia juga sulit sekali disuruh makan. Makannya, pertambahan berat badannya pun seret banget. Padahal, usianya masih di bawah setahun, saat-saat pertumbuhan anak sedang pesat-pesatnnya. Karena khawatir, akhirnya aku bawalah dia ke dokter spesialis anak, tepatnya konsultan nutrisi dan metabolik.

Dari hasil konsultasi dan tes lab, akhirnya ketahuan, deh, kalau anakku mengidap ISK (Infeksi Saluran Kemih). Infeksi ini disebabkan oleh bakteri. Dilansir dari website IDAI, sekitar 60-80% ISK disebabkan kuman Escherichia coli (E. coli) yang berasal dari saluran cerna. Sisanya bisa juga disebabkan oleh kuman lain seperti Klebsiela, Proteus, Enterokokus, Enterobakter, dan berbagai kuman lainnya.

Karena saat kontrol usia anakku masih 12 bulan, dsa mengira si Kecil ISK akibat penggunaan diapers yang terlalu lama. Kemudian, dia disuruh terapi minum antibiotik selama seminggu berturut-turut, tidak boleh putus karena katanya hasilnya bakal sama aja. Yang ada tubuh malah resisten dengan obat.

Respon anakku waktu dikasih antibiotik ini gimana? Muntah. Ya wajar sih, aku saja yang dewasa saat mencicipi rasanya pahit banget, apalagi bayi. Saat itu aku bingung gimana caranya supaya obat ISK ini bisa masuk ke tubuhnya. Aku pengen banget si Kecil sembuh dari ISK biar mau makan lagi.

Kata dsa-nya, dampak ISK itu macam-macam. Ada yang menganggu nafsu makan kaya anakku. Ada juga yang sudah makan banyak tapi berat badannya susah naik, dan lain-lain.

Selain dapat resep antibiotik, aku juga melakukan beberapa cara di bawah ini supaya anak terhindar dari ISK:

  1. Jangan kelamaan pakai diapers

Jangan pernah tergiur iklan produsen popok sekali pakai (pospak) yan mengklaim kalau diapers mereknya bisa menampung pipis hingga berjam-jam. Faktanya, bakteri dari pipis yang didiamkan sampai berjam-jam bisa masuk lewat alat kelamin lalu kembali ke uretra sehingga menimbulkan ISK. Usahakan maksimal pakai diapers 3-4 jam saja atau tergantung banyaknya pipis si Kecil.

  1. Bersihkan daerah kemaluan dan dubur dengan baik

Ketika anak pipis, cara membersihkan yang benar itu dari kemaluan ke arah dubur. Jangan terbalik. Dan kalau Moms punya bayi perempuan, usahakan ketika membersihkan mulut miss v, harus dibuka sedikit supaya tidak ada bakteri yang tertinggal. Terus kalau bayi pup, bersihkan sampai benar-benar bersih jangan ada kotoran yang tertinggal.

  1. Jangan pernah sekalipun mencuci pakaian dalam menggunakan pewangi!

Kandungan dalam pewangi bisa menimbulkan iritasi seperti bikin gatal. Usahakan mencuci baju anak menggunakan deterjen khusus bayi.

  1. Biasakan agar anak banyak minum putih
  2. Kalau misalnya anak sudah bisa diajak ngomong, ingatkan dia untuk jangan menunda-nunda keinginan buang air kecil.



Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

217 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]

Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Ngomong, Wajarkah?

“Anaknya 2 tahun? Sudah bisa ngomong belum? Oh, speech delay? Sama donk seperti anak saya. Gpp nanti usia 3 tahun juga bisa sendiri.”

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.