Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Agar Anak Pertama Sayang dengan Adik Barunya

MY STORY  |  PARENTING  |  13 May '19


Seneng banget ya kalau anaknya akur dan saling sayang. Kita sebagai orangtua punya tugas untuk mendidik dan memberi pengertian pada anak kita. 

Banyak anak pertama yang iri atau selalu marah2 sama adiknya. Nah aku ga mau banget hal itu terjadi sama anakku. Karena aku sendiri pernah mengalaminya ya, aku ingat dulu waktu kecil selalu iri sama adik aku. Meski iri tapi tetep akur kok, akur banget malahan sampai kadang kayak bisa telepati. Akurnya gara2 mama aku selalu ngajarin untuk sayang adikku, dan selalu membelikan baju yang kembar pokoknya ga membeda2kan lah. 

Aku ga mau sampai Morgan yang awalnya cinta dan perhatian tertumpah buat dia 100% kemudian merasa terasingkan dan iri sama adiknya yang baru lahir. Untungnya Morgan ini sayaang banget sama adiknya dan ga jealous sama adeknya. Jadi kalau di story itu memang beneran tingkahnya Morgan sayang adeknya.

Bukan maksud menggurui ya, tapi aku mau berbagi aja parenting ala aku yang aku terapkan pada Morgan kemarin dan saat ini. Kalau ga suka boleh diskip ya moms.

Tips mendidik anak agar akur dengan saudaranya 

  • Waktu hamil setiap hari aku sounding pada Morgan kalau di perut mama ada adiknya dan harus disayang ya. Kalau perlu suruh elus2 perutnya mommy, waktu si baby aktif dan gerak2 Morgan aku suruh lihat dan pegang perut ku sampai dia ketawa geli.

  • Aku beri Morgan pengertian bayi pembentuknya bagaimana, aku tunjukin dari app kehamilan kan ada itu bentuk 1 week sampai 40 weeks. Lewat video di youtube juga aku tunjukin pembentukan orok sampai jadi baby. Anak2 itu bener2 cepet belajar dan dia ngerti banget loh kalau bayi itu dari biji kecil terus bisa jadi kayak adiknya begitu. Setelah lihat pembentukan baby dia cerita terus ga habis diulang2 mulu.

  • Aku kasih video tentang cara merawat bayi. Banyak kan video anak2 sekarang tentang babysitter di youtube (aku suka channel baby bus di youtube) jadi si panda lagi ngerawat baby panda mulai dari kasih susu sampai nidurkan. Di video itu juga ada lagunya, jadi sekarang kalau dia bantui aku jaga adeknya dia selalu nyanyi lagu baby bus itu. Aku juga downloadin dia game cara merawat bayi juga (baby bus juga). Nah di situ kan dia ngerti kalau baby itu butuh susu, popok, dan butuh disayang gamenya aku recommended banget deh.

  • Aku juga sounding tiap hari “nanti dedek keluar disayang ya, dedeknya kecil belum bisa ngapa2in harus disayang ya. Kalau udah besar nanti diajak main bareng sharing mainan ya sama koko”. Pas adiknya uda lahir tiap hari dia ngoceh kata2 ku itu, nanti dedek disayang harus sharing mainan sama adek. Main peek a boo sama adek. Bahkan adiknya uda diajak peek a boo padahal belum bisa lihat. Setiap bangun tidur pun, dia selalu ke adiknya dulu di kiss dan bilang adeeek sayang, lucu so sweet banget pokoknya.

  • Nah ini terpenting ya menurut aku, begitu baby keluar perhatian ku langsung ke Morgan saja. Karena menurutku seumur Morgan (3 yo) udah bisa mikir dan uda ngerti perhatian, sayang, iri dan emosi yang lain. Sedangkan bayi belum bisa ngapa2in, hanya poop, pee, milk dan sleep aja, pastinya belum ngerti perhatian dari mamanya. Minta bantuan suami, saudara, mama atau siapapun untuk lebih fokus ke bayi, tugas mama netekin aja terus kasih ke yg bantuin. Aku bener2 fokus ke Morgan karena dia kan sedang adaptasi punya adek baru, dari yang dulu perhatian full semua ke dia harus dibagi sama adeknya. Aku uda mandiin dia, nemenin makan, ngajak main sambil duduk (soalnya masih sakit jahitannya).
    Berdasarkan pengalaman kemarin, Morgan ga terlalu peduli dengan perhatian orang lain, yang penting mamanya tetep perhatian dan sayang dia itu cukup ga bikin iri lo.
    Kalau misalnya ga ada yang bantuin untuk jagain si bayi, ya terpaksa sambil gendong atau nyusuin mamanya harus tetep fokus ke kakaknya juga. Dan jangan dimarahin waktu kakaknya ramai2. Tapi diberi pengertian “kak adiknya sedang bobo, kalau kakak bobo ada yang gangguin marah ga?”.

  • Tiap aku gendong bayi aku tunjukin Morgan ini lo adek kamu, ayok disayang. Tiap aku ngoceh sama baby aku tambahain “ini lo meme, koko Morgannya sayang lo sama meme” dan Morgan pun praktekin waktu ngomong sama adeknya “meme, koko sayang meme”.

  • Karena semua orang datang menjenguk akan fokus ke adiknya dan semua datang bawa hadiah buat si baby, kita orangtua wajib menyiapkan hadiah juga buat si kakak. Supaya dia ga iri semua yang datang bawa hadiah buat si adek dan dia ga dapat hadiah. Ini bener2 kejadian di Morgan, dia excited banget setiap orang datang bawa kado, dia bukain semua. Waktu tau isinya baju bayi, bedak atau hal2 lain yang bukan mainan dia, dia sampai bilang “kok hadiah buat adek semua ma? Morgan mana?”. Jeng jeng jeng,, untung aku uda siapin kado sih buat Morgan, jadi waktu dia ngomong gitu aku keluarin hadiah buat dia (fiiuuuh). Akhirnya setelah aku kasih kado, dia tetep excited sih bukain kado yang lain, tapi dia uda ga iri meski itu isinya barang untuk adiknya. Karena dia tau sudah ada yang untuk dia sendiri.
  • Sounding ke tiap orang yang jenguk, jangan boleh bicara aneh2 ke anak pertama kita. Contoh “uda punya adek ya? Nanti mama ga sayang lagi lo sama kamu” usir pulang aja yang ngomong kayak gini bikin sakit hati anak aja (ini yang menyebabkan kakak ga sayang sama adiknya karena dibanding2kan mulu).

  • Aku juga ajak Morgan bantu merawat adiknya, contoh ambilin pampersnya atau bajunya. Nah dari sini dia juga ikut merasa berpartisipasi merawat adiknya, dia happy lo setiap bantuin, bahkan dia semangat kalau adiknya poop mau ikut gantiin popok. 

Itu cara ku sih, tapi tiap anak kan beda2 ya ga bisa disamain. Untungnya Morgan memang tipe penyayang, dia suka sama baby tapi ga suka yang toddler di bawah umur dia entah kenapa selalu bertengkar.

Yang penting, dari anak itu cuma butuh perhatian mamanya aja, kalau baby belum ngerti bener2 kan ya, jadi memang fokusnya harus ke anak pertama. Tapi namanya anak2 ya meskipun ga pernah ngomong iri atau ga pernah marah sama adiknya, pasti adalah tetep rasa iri ya. Kadang juga waktu aku mau nyusuin baby E dia tiba2 ngomong “ga boleh mama, ga boleh kasih susu adik”.

Terus waktu tidur juga dia minta perhatian mau nempel mamanya, nangis2 minta disayang2. Kalau nangis akhirnya adeknya yang uda tidur kebangun dan kita ga bisa tidur2 akhirnya stres. Sabaaar aja mommy kamu ga sendiri yang ngalamin hal ini, bayangin aja yang anaknya kembar 3 gimana stresnya. Cuma bisa elus2 dada sambil bilang sabar2 dan beri pengertian sama anak yang besar.

Semangat ya buat mommy2 lain yang mau punya anak kedua atau sedang mengalami hal yang sama denganku.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

948 Elvina Megawati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.

5 Hal Yang Perlu Ditingkatkan Ketika Menjadi Ibu Dua Anak

Moms, pernah merasa lelah dalam merawat dan membesarkan si Kecil? Baca cerita berikut ini ya.

Si Kecil Bosan di Rumah? Coba Tips Ini!

Moms dan si Kecil mulai merasa bosan di rumah? Coba tips berikut ini.

Yuk, Latih Anak Mengerjakan Tugas Rumah

Mumpung lagi di rumah aja, aku dan suami memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak berbuat baik yaitu melibatkan dia mengerjakan pekerjaan rumah.

Peralihan Dari Wanita Karir Menjadi Stay at Home Mom

Siapa disini yang tadinya wanita karir, namun harus menjadi stay at home Mom semenjak si Kecil lahir? Baca cerita ini yuk!

Mengatasi Anak yang Bosan di Rumah

#DiRumahAja selama tiga minggu tentu bisa mengakibatkan si Kecil merasa bosan ya Moms and Dads. Simak cerita berikut ini yuk!

Di Rumah Aja? Yuk, Moms, Lakukan 5 Aktivitas Ini Bersama Si Kecil!

Berikut beberapa ide sederhana di rumah untuk membuat anak tetap beraktivitas sepanjang hari saat sekolah ditutup.

Tips Agar Anak Terhindar dari ISK

Sekitar 60-80% ISK disebabkan oleh kuman E. coli yang berasal dari saluran cerna. Sisanya bisa juga disebabkan oleh kuman lain seperti [...]