Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tipe Temperamen Pada Bayi

PARENTING  |  07 Dec '17

Kenapa yah ada bayi yang mudah ditenangkan dan ada bayi yang sulit ditenangkan? Sejak lahir, bayi sudah memiliki temperamen yang berbeda-beda. Secara umum, terdapat 3 jenis temperamen pada bayi, yaitu : 

  1. Easy
    Ciri-ciri : pola makan, tidur dan buang air teratur; cepat beradaptasi dengan lingkungan, makanan dan orang baru; ketika frustasi cepat ditenangkan.
    Tips : Bayi dengan temperamen Easy mudah akrab dengan siapa saja, oleh karena itu, ajarkan anak mengenai konsep orang asing dan menjaga jarak dengan mereka. 
  2. Slow-to-warm
    Ciri-ciri : membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memiliki pola makan, tidur dan buang air yang teratur; membutuhkan waktu lebih lama beradaptasi dengan lingkungan, makanan dan orang baru; membutuhkan usaha yang lebih banyak untuk menenangkan bayi.
    Tips : Bayi slow-to-warm-up membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan, mereka perlu mengenali lingkungan terlebih dahulu dan akan mulai beradaptasi ketika ia merasa nyaman. Oleh karena itu, orangtua dapat mengenalkan anak berkali-kali dan secara perlahan dengan makanan, orang baru maupun lingkungan baru.
  3. Difficult
    Ciri-ciri : pola makan, tidur dan buang air tidak teratur; butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan, makanan dan orang baru; sulit ditenangkan ketika frustasi.
    Tips : bayi dengan temperamen Difficult membutuhkan waktu paling lama untuk beradaptasi dengan lingkungan dan cenderung bersikap negatif terhadap frustasi. Oleh karena itu, hindari memaksa anak untuk segera beradaptasi pada makanan, orang atau situasi yang baru. Memaksakan proses adaptasi cenderung akan membuat anak dengan temperamen Difficult menolak sebelum mampu beradaptasi.

Semoga bermanfaat!

By: Valent Cindy

BACA JUGA: Popok Kain Vs Popok Sekali Pakai

196 Valent Cindy Send Message to Writer

Related Stories