Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

3 Tips Mempercepat Persalinan

PREGNANCY  |  24 Jun '18


Persalinan yang lancar dan selamat tentu menjadi harapan setiap Mom. Terlebih, persalinan normal di mana akan diperlukan waktu berjam-jam menahan kontraksi dan segala ketegangan yang ada. Pada umumnya, persalinan normal akan berlangsung 10-12 jam, mulai dari kontraksi persalinan dirasakan.

3 Cara Mempercepat Persalinan

Umumnya tanda-tanda persalinan akan muncul ketika ibu hamil sudah melalui usia kehamilan 36 minggu atau 9 bulan. Namun, tidak sedikit ibu yang mulai khawatir karena tanda-tanda persalinan tidak juga muncul setelah melewati usia kehamilan 36 minggu. Tapi Mom tidak perlu khawatir karena hal tersebut tergolong wajar. Adalah normal jika waktu persalinan tidak sesuai dengan prediksi dokter. Lalu bagaimana agar proses persalinan bisa lebih cepat?

  • Proses pembukaan biasanya memakan waktu hingga 8 jam lamanya, mulai dari pembukaan 1 cm sampai 10 cm. Agar pembukaan lebih lancar, sebaiknya Anda tetap bergerak aktif ketika pembukaan 1-4. Bergerak aktif di sini maksudnya Anda bisa bebas berjalan-jalan di sekitar rumah (jika melahirkan di rumah), atau di sekitar halaman ruangan rumah aakit tempat Anda melahirkan. Ini bisa membantu proses pembukaan agar lebih lancar dan cepat. Ketika memasuki pembukaan 5 dan seterusnya, Mom bisa beristirahat untuk menghemat tenaga.
  • Mom juga harus berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik. Melahirkan memang merupakan proses yang menegangkan, namun, jika Anda terlalu panik maka hal tersebut hanya akan mempersulit proses persalinan. Semakin tenang, maka proses persalinan akan berjalan lebih lancar. Dokter/bidan pun tidak akan mengalami kesulitan untuk membantu ANda melahirkan.
  • Agar persalinan bisa lebih cepat, pastikan agar Anda selalu mendengarkan instruksi dokter. Misalnya, jika dokter meminta Anda untuk tarik napas ataupun saat dokter meminta untuk mengejan. Namun sebaiknya Anda mengejan di saat yang tepat agar proses pengeluaran bayi bisa lebih efektif. Jika mengejan di waktu yang tidak tepat, maka akhirnya proses melahirkan lebih lama, dan Anda semakin kehilangan tenaga.

Selain persiapan di waktu persalinan, Mom juga tetap harus menjaga pola makan dan berolahraga rutin guna memastikan tubuh fit dan siap untuk melahirkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1411 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Hamil 7 Bulan Masih Bolehkah Berhubungan Intim?

Berhubungan intim usia kandungan sudah 7 bulan dan saat perut telah membesar apakah diperbolehkan? Yuk simak penjelasannya berikut ini

Tips Melahirkan Normal dengan Mudah

Sebelum melakukan persalinan secara normal, persiapkan diri Moms dengan mengikuti beberapa tips ini.

Tips Melahirkan Normal untuk Anak Pertama

Agar para new Moms bisa lebih siap menghadapi persalinanya yang pertama, mari kita perhatikan tips-tips berikut.

Tips Mudah Melahirkan untuk Persalinan Normal

Yuk Moms, mari kita simak beberapa tips yang dapat membantu Anda menjalani proses persalinan normal.

Masa Nifas Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Moms akan memasuki masa nifas. Apa sajakah yang terjadi selama periode ini?

Hal Penting Dalam Memilih Operasi Caesar

Beberapa hal berikut ini untuk mempersiapkan mental dalam menghadapi proses operasi. Apa saja kah itu? Mari simak yang satu ini.

Tips Untuk Ibu Hamil Yang Bekerja

Mari simak sharing mengenai tips untuk ibu hamil bekerja berikut dari Mom Tri Agustinauli. Semoga bermanfaat.