Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tidur Tanpa Digendong

MOM STYLE  |  OTHERS  |  01 May '18

Waktu itu saya sempat menerima DM pertanyaan: "Apakah Dila kalau tidur harus diayun atau digendong-gendong?" Jawabannya "no" ya Moms. Memang Dila semenjak umur sekitar 4 bulanan ketika mau tidur tidak perlu diayun-ayun atau digendong.

Namun saat Dila newborn, saya tetap gendong kok Moms untuk membuatnya tertidur. Kenapa? Karena saat itu saya belum mengerti Moms. Aku belum belajar dan banyak baca sebelumnya. Tetapi, seiring berjalannya waktu, aku mulai merasa lelah karena harus menggendongnya sambil berjalan-jalan sampai ia tidur. Selain itu, Dila makin lama juga makin berat ditambah lagi dia maunya main terus, jadi kalau disuruh tidur, susahnya minta ampun.

Berikut adalah cara-cara yang saya terapkan ke Dila sampai sekarang:

Bikin dia main sepuasnya

Jadi Moms, dulu aku sangat kaku. Kalau sudh jam 7/8 pas, Dila sudah harus tidur. Jam 8 itu sudah paling malam bagi saya. Itupun dengan toleransi karena dia tidur sorenya. Tetapi akhirnya aku memberinya kebebasan mau tidur jam berapa. Saya menemaninya ketika sedang bermain dan berlari. Benar-benar sampai ia lelah sendri dan ngantuk. Kalau sudah rewel tidak jelas, baru saya kemudian kelonin dia.

Letakkan dia di kasur dan diamkan

Implementasi untuk yang ini bisa berbeda-beda ya Moms. Kalau untuk aku, kebetulan dari awal Dila tidak pernah direct BF. Jadi Dila tidak pernah yang namanya ketiduran sambil nyusu. Hal ini dikarenakan kebiasaan mentil Dila. Ketika dia sudah rewel, saya mulai diamkan dia. Kadang-kadang aku pura-pura tidur juga sambil sesekali intip dia sudah tidur apa belum. Kadang aku juga menepuk pantatnya.

Sudah di kamar minimal 1 jam sebelum tidur

1 jam sebelum waktu tidur ajaklah anak masuk ke kamar. Jadi kalau masih mau main-main, ia bisa melakukannya di kamar ya Moms, lebih tepatnya di kasur. Entah bercanda atau ngobrol, tetapi saya sudah tidak mengizinkannya keluar kamar. 

Pastikan semua kebutuhannya cukup

Saya memeriksa popoknya apakah penuh atau tidak, jika penuh maka akan diganti dulu. Saya juga memberikannya susu dan memastikan dia sudah ngemil terlebih dahulu. Jika dia semakin kenyang, maka kemungkinan dia untuk tidur juga akan lebih cepat dan pulas. 


Terus, apa sekarang Dila sudah sepenuhnya tidak digendong? Yah tidak juga Moms, karena ada masanya dia lagi manja atau sedang sakit misalnya, pasti maunya digendong. Kalau sudah begitu maka saya tidak bisa memaksakan dia. Tapi setidaknya saya tidak menggendongnya untuk membuatnya tertidur. Jadi dia sudah mengerti sendri kalau mau tidur gimana.

Biasanya kalau dia rewel tengah malam, saya juga tidak menggendongnya Moms. Aku tepuk-tepuk aja pantatnya atau kalau dia haus, langsung saya berikan susu, dengan begitu dia langsung tidur. 

Kenapa aku training Dila begini? Semakin lama Dila semakin berat, akibatnya saya jadi tidak kuat menggendongnya. Bekas sesaran saya biasanya nyelekit kalau kelamaan gendong. Bukannya karena aku tidak mau gendong Dila ya, malah ini adalah momennya aku pengen dan harus gendong dia. Tapi saya tidak membuat gendong menjadi suatu kebiasaan atau cara membuat dia tidur.

Semoga bermanfaat.

By: Mala Sari.

472 Mala Sari

Comments

Related Stories