Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

The Great Moment for Healthy Pregnancy & Healthy Child

PARENTING  |  PREGNANCY  |  VIDEOS  |  01 Nov '18

Rumah Sakit Premier Bintaro mengadakan sebuah talkshow yang bertajuk "The Great Moments for Healthy Pregnancy & Healthy Child" pada Sabtu, 27 Oktober 2018 di Titan Center Bintaro, Jakarta. Acara ini menghadirkan tiga pembicara yaitu dr. Bambang Fadjar, Sp.OG; dr. Marissa TS Pudjiadi, Sp.A; dan dr. Reisa Broto Asmoro. Tiga pembicara yang dihadirkan, memaparkan informasi seputar kesehatan kehamilan, tumbuh kembang anak, dan perawatan kulit pada masa kehamilan.

Sesi pertama dibuka oleh dr. Bambang Fadjar, Sp.OG yang membahas tentang nutrisi ibu hamil pada 1000 hari pertama kehidupan. Para audience dijelaskan lebih lanjut mengenai nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Menurut dr. Bambang, protein hewani merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Nutrisi lain yang perlu dikonsumsi ialah karbohidrat, sumber lemak, vitamin dan mineral, asam folat, serta zat besi.

Selain nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, dr. Bambang menambahkan tentang hal yang perlu dipersiapkan oleh calon ibu menjelang proses kelahiran si Kecil yakni mental dan fisik. Moms juga perlu mengetahui dan paham mengenai tanda-tanda melahirkan seperti keluarnya lendir bercampur darah dari vagina, kontraksi kandungan, dan pecahnya air ketuban.

Penyampaian materi selanjutnya di sampaikan oleh dr. Marissa TS Pudjiadi. Dalam sesi kedua ini, peserta talkshow dijelaskan mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak selama masa Golden Age. Apa itu golden age? Golden age adalah masa anak yang terhitung mulai dari 1000 hari pertama dalam perut hingga umur 2 tahun. Pada masa inilah si Kecil membutuhkan nutrisi yang baik dan stimulasi yang cukup.

Dr. Marissa menjelaskan asupan nutrisi yang baik dan stimulasi yang cukup akan mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dengan pemberian MPASI ketika anak berusia 6 bulan. Sedangkan stimulasi dapat diberikan dengan berbagai cara sesuai dengan proses perkembangan anak seperti belajar duduk, belajar merangkak, berdiri, dan berjalan. Selain nutrisi dan stimulasi, imunisasi menjadi hal penting juga untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Apa akibatnya jika proses tumbuh kembang anak tidak terpenuhi? Tentunya pertumbuhan dan perkembangan anak akan terhambat. Menurut dr. Marissa, si Kecil akan mengalami stunting dan pertumbuhan otak akan terhambat karena kekurangan gizi kronis.

Acara talkshow Rumah Sakit Premier Bintaro ditutup oleh dr. Reisa Broto Asmoro yang menjelaskan tentang perawatan kulit dan tubuh untuk ibu hamil. Umumnya ibu hamil akan mengalami masalah-masalah kulit seperti timbulnya jerawat, hiperpigmentasi (timbul flek hitam), line nigra (garis vertikal berwarna gelap pada perut ibu selama kehamilan), rasa gatal pada kulit, strect marks, selulit, dan perubahan pada rambut.

Masalah tersebut menjadi wajar jika dialami oleh Moms ketika sedang masa kehamilan. Namun dr. Reisa memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pilihlah produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk ibu hamil. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya. Hal ini berhubungan dengan penyerapan kulit pada ibu hamil meningkat 5 kali dibandingkan dengan kulit normal sebelum proses kehamilan.

Contoh bahan kimia berbahaya yaitu tretionins/isotretinoin, retinoat (retin-A, renova, dan retinol), antibiotik (klindamisin, eritromisin, dan tetrasiklin) dan kotikosteroid yang dapat memicu terjadinya keguguran atau gangguan perkembangan bayi dan dapat menimbulkan kerusakan pada mata bayi (cacat).

Pilihlah produk perawatan kulit khusus ibu hamil dengan bahan dasar yang aman seperti benzoil peroksida, asam silasat, dan lotion sulfur yang dapat membuang kulit mati yang menutupi permukaan atau pori-pori kulit dan mengurangi bakteri penyebab infeksi kulit. Selain itu, dr. Reisa menyarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari buah-buahan untuk menjaga kesehatan dan perawatan kulit ketika proses kehamilan.

Acara berlangsung dengan meriah dan mendapatkan antusias yang tinggi dari audience yang hadir. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari Moms dan Dads yang hadir dalam acara tersebut. Selain talkshow, Rumah Sakit Premier Bintaro mengadakan kelas yoga untuk ibu hamil dan kelas bermain untuk menstimulasi tumbuh kembang anak usia 2–5 tahun.

Yuk Moms, mari kita saksikan keseruan acara talkshow yang diadakan oleh Rumah Sakit Premier Bintaro melalui video berikut:

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.  

 

1777 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories