Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

MY STORY  |  PARENTING  |  01 May '20


Hi moms, virus COVID-19 yang meyebar luas saat ini tidak hanya mengakibatkan banyak orang yang terinfeksi dan menderita sakit hingga memakan korban jiwa, bahkan juga menghambat aktivitas kita sehari-hari karena adanya anjuran untuk menerapkan aturan Physical Distancing dan harus mengisolasi diri. 

Namun, fakta yang lebih mengejutkan adalah wabah virus tersebut ternyata juga mengganggu kehidupan rumah tangga. Ya, pandemi virus covid-19 bisa berdampak pada keharmonisan rumah tangga. Kebetulan kakak aku sendiri yang mengalaminya karena suaminya menjadi korban pengurangan karyawan yang mengakibatkan emosional sang istri lebih memuncak dan belum terbiasa dengan kondisi sekarang.

Sebelum berbagi tips bagaiman agar tetap harmonis bersama pasangan di masa pandemi Covid-19, aku mau berbagi cerita dahulu Alhamdulillah sejak anakku Senja usia 1tahun aku dan suami mengambil keputusan yang kalau kata orang-orang nekat dan cukup beresiko, kami resign di waktu bersamaan.

Sejak saat itu kami seperti memulai hidup dari nol kami memilih untuk memiliki kerjaan yang gak makan banyak waktu di luar. Berusaha untuk ga khawatir tentang hasil rezeki, karena lebih sering dirumah.Saat ini karena virus Covid-19 yang mengharuskan kita #dirumahaja menjadi hal yang tidak asing bagi kami, hanya bedanya biasanya kita pergi makan diluar atau sekedar ke playground menjadi tidak bisa karena semua ditutup. Awalnya anak kami Senja sempat bosan tapi setelah diberi pengertian dia paham.

Nah aku ingin berbagi tips menjaga keharmonisan rumah tangga selama pandemi Covid-19 yang konon menghabiskan waktu bersama dapat menimbulkan emosi, ketegangan, perseteruan, hingga kekerasan dalam rumah tangga. Belum lagi, tingkat stres cenderung meningkat saat harus mengurung diri, tak bisa kemana-mana dan beraktivitas seperti biasanya, karena ancaman virus.

Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dan lakukan terhadap satu sama lain, yaitu:

1. Moms dan Dads harus mampu mengelola stres dengan baik serta tidak melampiaskannya pada pasangan atau keluarga Anda. Anda berdua juga harus menjaga komunikasi dan pikiran positif antara Anda dan pasangan agar tercipta hubungan yang lancar tanpa kendala berarti.

2. Jika keluargamu sudah dikaruaniai anak, ingatlah ini Anak penghilang rasa duka, sebagian orang meng-amin-kan hal ini. Begitu pula kamu dan pasangan, jika sudah diberkahi anak maka jadikan anak sebagai penghilang penat. Jadikan anak sebagai sumber motivasi kamu dan pasangan. Ingatlah bahwa ada makhluk kecil tidak berdosa dan tidak berdaya yang membutuhkan perwatan dari kamu dengan pasanganmu.

3. Ingat alasan Anda menikah, apa yang Anda suka saat pertama kali bertemu dengan pasangan Anda? Bangkitkan kembali kenangan Anda yang lama, dan lakukan kegiatan yang mengingatkan Anda berdua dengan suasana romantis saat pertama kali berpacaran.

4. Terima pasangan apa adanya. Alangkah baiknya jika Anda berdua berpikir lebih realistis dan dewasa, serta mengurangi emosi Anda, karena kepribadian seseorang tidak bisa dipaksakan. Ingat janji Anda untuk mencintai pasangan segenap hati dan menerima dirinya apa adanya. Kehidupan akan lebih bahagia bila Anda berdua menjadi diri sendiri.

5. Yakinlah uang masih bisa dicari selama berusaha di jalan yang benar, yakinlah bahwa uang masih bisa dicari lagi dan akan mencukupi kebutuhan keluargamu. Tenangkan diri kamu, tenangkan pasanganmu. Berikan semangat baru padanya. Kamu dan pasangan pasti bisa melewati masa sulit ini.

Saling mengasihi dan menerima satu sama lain akan membuat kamu merasa lapang dada dalam menghadapi segala kemungkinan. Jangan mau kalah dengan keadaan, kamu dan pasanganmu pasti bisa melalui ujian ini. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

182 Wahyu Fitriani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.