Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tetap Enjoy Menyusui si Kecil dengan Konsumsi Pil KB yang Tepat

FEEDING  |  MY STORY  |  25 Oct '19


Hayo moms, apa sih yang ada di benak kita jika pasca persalinan? Atau pasca melewati masa nifas kurang lebih 40 hari. Hmmm, pastinya banyak yang memikirkan penggunaan alat kontrasepsi. Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh wanita pasca persalinan. Bisa berupa, suntikan, pil, implan dan IUD. Kita tinggal memilih, mana yang akan digunakan. Tapi tentunya harus tetap dikonsultasikan dengan dokter atau bidan agar nantinya penggunaan alat kontrasepsi itu tepat dan tidak berefek bagi si kecil apalagi yang masih menyusui pada ibunya. Salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipakai oleh para mama adalah dengan mengkonsumsi PIL KB.

Kecocokan dengan alat kontrasepsi berupa PIL yang akan digunakan

Bisa dibilang penggunaan alat kontrasepsi adalah jodoh-jodohan juga dengan wanita yang akan menggunakannya. Saya sering melihat, ibu-ibu menggunakan alat kontrasepsi malahan membuat kulit wajahnya timbul flek hitam. Terkadang juga membuat kita jadi lebih kurus atau malah sebaliknya menjadi lebih gemuk. Yang paling sering saya dengar curhatan dari teman, katanya dia jadi tidak bisa menyusui anaknya karena ASInya jadi berkurang. Sayang banget kan moms kalo kejadian seperti itu. Kasihan si kecil yang seharusnya masih butuh Direct Breastfeeding harus berhenti karena penggunaan alat kontrasepsi yang kurang tepat.

Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang banyak digunakan karena selain mudah didapatkan di apotek, harganya pun relatif terjangkau. Ada beberapa jenis pil KB yang biasa dijumpai misalnya pil KB kombinasi dan pil KB progesteron. Pil KB kombinasi memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron. Pil KB ini tidak cocok digunakan jika pasca persalinan, moms memberikan ASI Eksklusif pada si kecil. Mengapa? Karena adanya kandungan hormon estrogen di dalamnya di mana hormon ini dapat membuat produksi ASI menurun. Jadi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang masih menyusui. Kecuali jika memang moms tidak mengASIhi, pil KB ini cocok karena memiliki tingkat efektivitas dalam mencegah kehamilan yang lebih tinggi dibanding Pil KB yang lain.

So, pil KB apa yang cocok untuk moms yang menyusui?

Jika kita ke dokter atau ke bidan, bisa konsultasi tentang hal ini dan biasanya mereka menyarankan untuk menggunakan pil KB yang hanya ada kandungan hormon Progesteron atau Pil KB Progestin. Pil KB yang memang diperuntukkan untuk para moms yang mengASIhi. Jadi fungsinya pil KB bisa double, selain bisa mencegah kehamilan, kita juga bisa tetap enjoy menyusui si kecil tanpa takut ASI seret.

Sebenarnya jika moms menyusui si kecil eksklusif 6 bulan pertama, termasuk salah satu KB alami karena kan biasanya siklus ovulasi pasca persalinan tertunda. Tapi itu alami kok moms. Terkadang kita tidak haid-haid, dikira hamil lagi ternyata tidak. Hehehehe.

Namun karena untuk lebih memastikan agar kita tidak hamil selama masa menyusui, bidan atau dokter akan menyarankan untuk memilih alat kontrasepsi yang sesuai salah satunya pemilihan pil KB khusus untuk ibu yang menyusui.

Penggunaan alat kontrasepsi apapun itu kembali ke keputusan moms sendiri ya, mau menggunakan yang mana tapi tetap harus selektif. Kita harus tetap menjadikan prioritas buah hati kita setiap memutuskan sesuatu yang akan berefek ke si kecil nantinya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

224 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]

Moms, Inilah 6 Kelebihan Dual Motor Breast Pump!

Nah, bagi Moms yang lebih menyukai pompa ASI elektrik, sekarang ada, loh, pompa ASI elektrik dual motor. Yuk, simak lebih lanjut agar tahu [...]

ASI-ku Semakin Lancar Berkat Pompa ASI yang Tepat

Satu hal penting yang harus Moms ketahui tentang menyusui adalah Let Down Reflex (LDR). Aku mau sharing nih tentang pengalaman aku menggunakan [...]

Mengenal Lebih Jauh Kelebihan Pompa ASI Elektrik Dual Motor

Pompa ASI menurutku adalah investasi yang sangat penting bagi ibu menyusui. Bukan hanya untuk working Moms, stay at home Moms pun disarankan [...]

Moms, Inilah 5 Kelebihan Fitur Breast Pump Dual Motor

Menggunakan pompa ASI terbaik sangat dapat memengaruhi semangat saat pumping. Oleh karena itu, memilih breast pump tidak boleh sembarangan.

Nyaman Pumping Mengunakan Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI sudah merupakan barang yang wajib dimiliki Millenial Moms sebagai alat bantu dalam proses menyusui. Pompa ASI tak hanya dibutuhkan [...]

Pengalamanku Sukses Mengasihi Eksklusif dengan ASI Booster

Demi tingkatkan kualitas dan kuantitas ASI aku memutuskan untuk mengonsumsi ASI booster

ASI Booster, Bantu Sukseskan ASI Eksklusif

Bukan hanya untuk melancarkan produksi ASI, namun ASI booster juga mencukupi kebutuhan nutrisiku

Ingin Sukses Menyusui? Yuk Konsumsi ASI Booster Alami Ini Moms

ASI seret? Keluar cuma setetes2 aja? Yup saya pun pernah mengalaminya moms. Apa solusinya?

ASI Booster Bantu Sukses ASI Eksklusif

Sebagai ibu kita berusaha memberikan yang terbaik untuk anak. Salah satunya memberikan ASI eksklusif

Sukses Menyusui Kembali dengan Bantuan ASI Booster

Sebulan tidak menyusui tapi dapat kembali menyusui dengan lancar berkat bantuan ASI booster