Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tetap Bisa Melahirkan Secara Normal Walau Mata Minus & Silindris?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  29 Nov '19


Sebelum bahas lebih dalam, sebaiknya kita ketahui dulu ya mata minus itu apa Moms.. ^^

Mata minus (miopi) itu gangguan penglihatan ketika penderitanya sulit untuk melihat benda yang jauh (rabun jauh). Penglihatan buram saat melihat jauh ini terjadi akibat kelainan pada bola mata, sehingga cahaya dari luar jatuhnya tidak tepat pada tempat yang seharusnya, yaitu retina.

Banyak orang beranggapan bahwa ibu hamil dengan mata minus apalagi ditambah dengan silindris akan sulit untuk melahirkan secara Normal (Pervaginam), melainkan harus melahirkan dengan metode operasi Caesar.

Hal ini juga lho yang aku khawatirkan saat masa kehamilan saat ini Moms, karena aku perempuan berkacamata dengan minus mata lumayan tinggi. Karena seperti yang kita ketahui (atau para Moms di sini juga sudah merasakan) kalau proses persalinan normal kita akan mengejan, nah proses mengejan ini meningkatkan tekanan ke beberapa bagian tubuh kita, termasuk otot perut, otot dada & juga otot mata. Adanya tekanan otot mata ini juga yang mengakibatkan kebanyakan orang beranggapan dan takut karena memiliki minus mata tinggi akan menyebabkan kebutaan atau retina lepas saat melahirkan.

Saat kehamilanku memasuki usia ke-20, kontrol kehamilan dengan Sp. OG aku sudah menyampaikan niatku ke dokter kandungan untuk melahirkan secara normal, namun niatan ini juga harus diupayakan dengan adanya beberapa usaha lain dan juga melihat beberapa kondisi secara keseluruhan itu baik nantinya untuk bisa melahirkan normal, termasuk salah satu hal yang harus dipastikan normal dan baik itu adalah kondisi kesehatan mata. Saat menceritakan tentang kekhawatiran kondisi mata minus dan juga silindris yang aku alami ini ke obgyn, sebenarnya obgyn ku sudah menjawab kalau sebenarnya bukan minus & silindrisnya yang jadi hambatan terbesar untuk melahirkan secara normal melainkan kondisi retina matanya, karena banyak juga pasien yang ditangani dengan minus di atas 6 bisa melahirkan normal, dan aku disarankan untuk memeriksakan kondisi mata untuk hasil lebih memuaskan dan memastikan kondisi mataku dan sistem syaraf mata lainnya ke DSM (Dokter Spesialis Mata) dengan Minus mata kanan 5, kiri 4.75, dan Silindris mata kanan & kiri 3.5 dipastikan itu kondisi baik dan bisa melahirkan secara normal.

Dokter spesialis mata yang aku datangi membenarkan dan menjelaskan sebenarnya ga ada dalam pembelajaran mereka mata minus tinggi itu bisa menghambat persalinan normal dan sebenarnya kasus yang ditakutkan dan sering dibahas orang tentang retina lepas saat melahirkan pada ibu hamil itu juga bukan karena tingginya minus mata tapi karena ada faktor lain yaitu karena tipisnya retina mata yang mengakibatkan mudah robek saat mengejan melahirkan normal (hal ini juga sering terjadi biasanya dengan wanita hamil usia 40 tahunan), sebenarnya kaitan lebih tepatnya itu orang yang memiliki minus mata tinggi memang berisiko tinggi pula dengan tipisnya retina mata sehingga berisiko juga terhadap robekan retina mata saat melahirkan. Jika seorang wanita awalnya sudah memiliki robekan yang kecil di retinanya, pada saat mengejan robekan pada retina bisa jadi melebar atau istilahnya retina detachment. Akibatnya tidak main-main, yakni berpengaruh pada gangguan penglihatan hingga berakibat kebutaan memang.

Jadi setelah mata diperiksa dan terlihat retina mengalami penipisan, memang sangat disarankan untuk tidak lahiran normal, karena dapat menyebabkan pembuluh darah yang ada di retina akan berisiko pecah saat mengejan yang bisa mengakibatkan kebutaan. Selain itu, ada juga faktor cairan gel yang ada pada bola mata kita, dan vitreous mata atau badan kaca. Nah, cairan dan gel di mata kita ini mudah meresap ke lubang yang mengalir ke retina kita sehingga menjadikan retina kita mudah terpisah jadinya.

Sebenarnya kekhawatiran besar DSM & Obgyn tentang kondisi mata/lepasnya retina mata pada ibu hamil saat melahirkan itu yang paling banyak ditakutkan karena proses Pre-Eklampsia (darah tinggi), karena pada proses Pre-Eklampsia yang sering banyak dijumpai pada ibu hamil menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di bagian lapisan syaraf penglihatan pada optik ibu hamil yang mengalami penurunan secara drastis yang berakibat fatal untuk mata. Oleh karena itu, kondisi darah tinggi ini juga harus dijaga dan dihindari ibu hamil jika ingin melahirkan secara normal.

Saran Dokter Spesialis Mata, lakukan Tips ini untuk menjaga kesehatan mata saat kehamilan:

Makan makanan yang sehat bergizi tinggi.

Makanan sehat yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, Zinc dan Asam Lemak Omega 3 diketahui baik bagi kesehatan mata dan bahkan makanan ini juga disarankan baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil semasa kehamilannya. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dari konsumsi sayuran berdaun hijau, wortel, salmon, telur dan buah seperti jeruk.

Hindari terlalu lama main gadget atau menggunakan komputer.

Salah satu kebiasaan yang bisa merusak mata adalah menatap layar gadget atau perangkat elektronik seperti komputer. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari terlalu lama menatap layar seperti ini. Jika Moms salah satu working Mom, dan mengharuskan berhadapan dengan komputer, sebaiknya jangan lupa sesekali alihkan pandangan untuk mengurangi ketegangan pada matanya.

Jangan membaca di ruangan yang gelap.

Kebiasaan lain yang perlu dihindari membaca di ruangan yang cahayanya tidak memadai alias terlalu gelap. Hal ini bisa membuat mata menjadi sulit fokus dan terganggu.

Oh iya, untuk ibu hamil penderita mata minus dan mengupayakan melahirkan secara normal sebenarnya memang lebih baik dan sangat disarankan buat kita untuk memeriksakan kondisi mata minimal setiap 3 bulan selama proses kehamilan guna mengetahui kondisi bola mata kita dalam kondisi baik Moms. Kalau aku baru lakuin 2 kali nih Moms, saat usia kehamilan 24 weeks dan usia kandungan 35 weeks jelang mendekati HPL buat lebih memastikan lagi kondisi retina aman mendekati proses lahiran dan btw, Puji Syukur atas hasil pemeriksaan kondisi mata & retina mataku baik-baik aja nih Moms, dan aku sudah ngantongin surat pengantar dari DSM untuk bisa melahirkan secara normal.

Jadi buat para teman bumil, jangan takut dulu kalau minus mata tinggi, pastikan periksa kondisi retina juga kondisinya oke, setinggi apa pun minus matanya pasti bisa melahirkan secara normal kok. ^^

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

300 Indri Oktavia Purba

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bumil Wajib Tahu, Cara Atasi Masuk Angin Dengan Tepat

Ibu hamil masuk angin? Begini cara mengatasinya!

Bolehkan Bumil Minum Yoghurt?

Seorang ibu hamil harus menghindari berbagai macam pantangan makanan. Nah, apakah yoghurt masuk di dalamnya?

Kenali Heartburn dan Cara Mengatasinya saat Hamil

Setiap ibu hamil pasti memiliki masalah yang berbeda-beda ya Moms.

Preggo Story: Ceritaku Mengalami Symphisis Pubis Disfunction saat Hamil

Pernah mendengar tentang Symphisis Pubis Disfunction? Yuk simak cerita kehamilan Mom Dewi

Mitos dan Fakta Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bumil

Selama kehamilan, banyak sekali yang memberi pantangan makan ini itu terutama dari pihak keluarga.

Hemoglobin (Hb) Rendah saat Hamil dan Resep Ampuh Menaikkan Hb

Saat hamil, tekanan darah saya cenderung rendah. Saya pun disarankan oleh dokter kandungan untuk tes darah.

Mengenal Tanda Bahaya Kehamilan dan Penanganannya

Momen kehamilan merupakan momen kepercayaan dari Tuhan kepada wanita untuk menjadi seorang Ibu.

Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil

Tangan Moms sering merasa nyeri dan susah digerakkan? Berikut ini cara mengatasinya

Mie Instan saat Hamil, Bolehkah?

Saat hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi & alami, sehingga kebutuhan nutrisi tercukupi.

Mulai Bermunculan Stretchmark? Simak Tips Mencegahnya Yuk Moms!

Suatu kala saya berkaca dan benar-benar kaget.. kenapa perut saya mulai keluar garis-garis tipis ya?

Tips Ibu Hamil agar Hamil “Ngebo”

Sebelum positif hamil, saya sering baca-baca di artikel maupun grup bumil untuk menambah ilmu pengetahuan

Kandungan Gizi dan Manfaat Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan alternatif yang sedang naik daun, terkait dengan pola hidup sehat yang makin populer.

Mewarnai untuk Mengurangi Stres pada Ibu Hamil

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan ibu hamil untuk mengurangi stres, salah satunya dengan kegiatan mewarnai.

Apa itu GERD?

Bagi kalian yang mempunyai riwayat maag atau asam lambung, pada saat hamil, hal seperti ini tidak boleh disepelekan.

Tubuh Moms yang Kecil vs Berat Bayi yang Besar

Pernahkah Moms melihat bumil bertubuh kecil namun perutnya besar, atau yang bertubuh besar namun perutnya kecil?

Pengalamanku Rutin Papsmear Setelah Menikah

Setelah 3 bulanan menikah, aku mengalami hal yang signifikan menurutku, yaitu keputihan setiap hari.

Hamil dengan Autoimun

Saya 27 tahun, hamil anak pertama dengan kondisi saya mengidap autoimun

Pertolongan Pertama pada Asma untuk Bumil

Munculnya penyakit Asma atau sesak nafas dapat disebabkan oleh banyak faktor pemicu.

Mood Ibu dan Janin Menjadi Happy Berkat Senam Hamil

Ketika mengetahui saya positif hamil, saya langsung berburu ilmu sebanyak-banyaknya seputar kehamilan.

Tips agar Jahitan Pasca Persalinan Normal Cepat Kering

Berikut tips merawat area jahitan agar cepat kering, terhindar dari bakteri & infeksi yang dianjurkan dokter saya.