Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tertarik Ikut Program Bayi Tabung? Simak Penjelasan Berikut!

BABY  |  PREGNANCY  |  14 Jun '19


Memiliki keturunan merupakan impian banyak pasangan. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan keturunan meski sudah melakukan berbagai cara. Dengan teknologi yang semakin berkembang, kini ada program bayi tabung yang dapat dijadikan alternatif bagi pasangan yang sulit memiliki keturunan. Meski terbilang mahal, metode ini sudah banyak dilakukan dan sudah terbukti memiliki tingkat kesuksesan tinggi.

Apabila Moms tertarik untuk mengikuti program bayi tabung, simak informasinya terlebih dahulu berikut ini:

Tahap-tahap Program Bayi Tabung

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui Moms dalam program bayi tabung. Tahap pertama adalah pemeriksaan awal untuk memastikan kadar hormon estrogen di dalam darah Moms yang menjadi indikasi kondisi kesehatan ovarium. Moms juga akan melakukan USG transvaginal untuk mengetahui ukuran indung telur dan apakah ada kista yang dapat mengganggu kesuburan di dalam ovarium tersebut.

Kemudian, Moms akan melalui tahap stimulasi ovarium. Caranya, dokter menyuntikkan obat ke tubuh Moms. Kemudian, Moms akan belajar cara menyuntikkan obat tersebut ke tubuh Moms sendiri. Obat tersebut harus disuntikkan 1-4 kali dalam sehari selama seminggu dan sepuluh hari. Tujuannya, agar banyak sel telur yang matang di ovarium.

Tahap ketiga adalah proses pematangan sel telur. Sebelum bisa diambil, sel telur harus tumbuh dan berkembang. Setelah diambil, sel telur akan dipertemukan dengan sperma.

Masih ada satu tahapan yang harus Moms lalui sampai dinyatakan hamil. Tahap keempat sekaligus terakhir adalah penanaman embrio ke dalam rahim.

Risiko Program Bayi Tabung

Meski memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, namun program bayi tabung ini memiliki risiko yang tinggi pula. Moms yang ingin mengikuti program ini sebaiknya mempertimbangkan risikonya matang-matang terlebih dahulu.

Moms berisiko terkena infeksi, pendarahan, bahkan kerusakan usus atau organ lain saat dokter mengambil sel telur yang matang dari ovarium Moms. Risiko lainnya adalah hiperstimulasi ovarium yang dipicu oleh obat-obatan yang dimasukkan ke dalam tubuh Moms. Efek samping yang akan Moms rasakan misalnya kembung, kram, nyeri ringan, sembelit, dan rasa nyeri tak tertahankan di perut. Risiko lain yang bisa terjadi adalah keguguran, kehamilan kembar, kelahiran prematur, kehamilan ektopik, bayi lahir dengan cacat fisik, dll.

Estimasi Biaya

Banyak rumah sakit di Indonesia mulai menawarkan program bayi tabung dengan harga bersaing. Biaya yang harus dikeluarkan untuk program ini pun lebih ringan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Program bayi tabung ditawarkan mulai dari Rp 15 juta. Pastikan Moms memilih rumah sakit terpercaya untuk menjalani program bayi tabung agar hasil maksimal.

Demikianlah beberapa informasi tentang bayi tabung. Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1340 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Risiko Operasi Sesar pada Moms dan si Kecil

Setiap persalinan pasti ada risikonya ya Moms, termasuk persalinan sesar. Apa saja risikonya?