Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Terkena Virus HPV

MY STORY  |  19 Dec '18


Awalnya saya tidak tahu bahwa saya terkena virus HPV. Sewaktu saya hamil anak pertama, ketika sedang membersihkan bagian vagina, tiba-tiba saya merasakan ada sedikit daging tumbuh di daerah luar vagina. Awalnya saya cuek saja dan berpikir mungkin itu memang ada. Akan tetapi lama kelamaan daging lebihnya seperti semakin terasa, seperti kutil yang sudah sebesar kacang hijau. 

Suatu waktu saya janji mau ke rumah saudara, saya bersiap-siap untuk mandi. Ketika saya melepaskan semua baju, ada bercak darah yang masih sangat fresh di panties saya. 

Karena khawatir tentang bercak darah itu, saya membatalkan janji ke rumah saudara dan mengajak suami langsung ke dokter untuk memeriksakan kandungan.

Sambil mengantre ada perasaan takut, dan berharap semua baik-baik saja. Tibalah giliran saya dipanggil masuk ke ruangan dokter. Kata dokter USG, ternyata baby yang saya kandung sudah tidak ada detak jantung lagi.

Saya memberitahukan ke dokter tentang kutil yang ada. Kemudian dokter memeriksa, dan dokter bilang saya terkena Virus HPV. Saya sangat shock. Lalu saya bertanya kepada dokter, apakah baby yang saya kandung detak jantungnya tiba-tiba berhenti karena virus HPV? Mengapa bisa terkena virus HPV? Bagaimana mengobatinya?

Dokter menjawab, baby yang saya kandung detak jantungnya berhenti bukan karena virus HPV, tapi karena banyak faktor. Bisa terkena virus HPV juga banyak faktor, contohnya toilet yang tidak bersih, tangan yang kotor sering menyentuh area V, sering berhubungan dengan gonta-ganti pasangan, dan lain-lain. Lalu saya teringat memang semenjak hamil, saya sering duduk di toilet umum ketika BAK, yang sebelumnya sudah saya lap dulu. Mungkin toilet umumnya masih sangat kotor. Karena kondisi sedang hamil daya tahan tubuh saya lemah, sehingga virus dengan mudah masuk ke tubuh. Kekebalan tubuh saya tidak cukup kuat untuk melawan virus. Dokter juga mengatakan bahwa setiap orang bisa terkena virus HPV dan bisa hilang dengan sendirinya jika daya tahan tubuh orang itu kuat melawan virus.

Jadi dokter menyarankan saya untuk kuret baby yang jantungnya tidak berdetak, dan melaser kutil virus HPV. Virus HPV yang lama tidak diobati akan menjadi kanker serviks.

 

Semoga bermanfaat.

By: Tjhin santi suryani

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

570 Tjhin santi suryani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Liburan Anti Ngambek A La Minbyo Babyologist

Sebelum masuk ke Tips Liburan Anti Ngambek Ala Babyo, Moms perlu tahu nihm sebenarnya, apa sih yang bikin si Kecil rewel saat liburan?

Siapkan si Kecil Hadapi Tantangan di Masa Kini

Bagaimana tips supaya si Kecil bisa mandiri dalam mengatasi tantangan dan masalah di masa kini?

Si Kecil Sering Begadang, Wajarkah?

Apa dampak si Kecil yang begadang untuk tumbuh kembangnya?

Generasi Alpha Bebas Stunting, Bisa Yuk!

Tinggi badan anak yang ideal adalah dambaan setiap orang tua. Selain dipengaruhi faktor keturunan, tinggi badan ideal anak bisa dicapai dengan [...]

Si Kecil Juara, Santun, Banyak Teman, Apa, Sih, Rahasianya?

Rahasia agar si Kecil jadi anak yang berprestasi, santun, dan banyak teman sebenarnya cukup mudah untuk dilaksanakan. Berikut ini beberapa caranya:

Bijak Bonding Main Outdoor Bebas Worry

Beraktivitas outdoor adalah salah satu kegiatan bermain dan juga bonding yang efektif.

Si Kecil Kok Sering Sakit Perut dan Batpil, Kenapa Yah?

Sakit perut dan juga batuk pilek memang umum dialami oleh si Kecil. Namun, seberapa seringnya si Kecil mengalami hal tersebut perlu diwaspadai [...]

Makanan untuk Membantu Penyerapan Zat Besi, Apa Saja?

Nah, biar konsumsi suplemen semakin efektif, yuk, imbangi dengan makan makanan yang membantu penyerapan zat besi!

Anak Usia 3 Tahun Sudah Bisa Apa Saja? Yuk, Intip Milestone-nya!

Umur 3 tahun bisa dibilang sebagai saat-saat krusial tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil.

Gagal Ginjal Akut Misterius Anak Capai 131 Kasus, Apa Penyebabnya?

Sebanyak 131 anak di Indonesia mengalami gagal ginjal akut misterius. Penyebab gagal ginjal misterius ini untuk sementara belum bisa disimpukan [...]

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Tips Atasi Stress Buat Si Kecil

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia! Jika Moms bertanya-tanya kapan Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati? Jawabannya adalah setiap [...]

Tetap Aktif Meski Musim Penghujan, Ini Rekomendasi Jas Hujan Trendy Anak

Meski belakangan ini sering turun hujan, anak-anak masih bisa tetap bermain, kok. Bahkan, tidak hanya permainan indoor tetapi outdoor pun tetap [...]

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]