Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tekstur, Jumlah, dan Frekuensi MPASI Sesuai dengan Usia Si Kecil

BABY  |  FEEDING  |  24 Mar '20


Fase MPASI adalah fase pengenalan makanan padat pendamping asi ke si kecil moms. Biasanya MPASI dimulai saat usia si kecil 6 bulan tapi ada juga yang sudah mulai memberikan MPASI kurang dari 6 bulan sesuai arahan dokter spesialis anak masing masing moms. Pasti moms bingung seberapa banyak kah makanan yang harus di konsumsi oleh si kecil? Lalu berapa kali si kecil harus makan dalam sehari? Dan bagaimana tekstur yang harus diberikan? Berikut penjelasan mengenai frekuensi, jumlah dan tekstur MPASI si kecil disesuaikan dengan usia nya ya moms:

1. Usia 6 bulan s/d 6.5 bulan

Usia 6 bulan biasanya bayi mulai dikenalkan dengan MPASI, pada usia ini bayi bisa diberikan makanan yang bertekstur lunak, lembut dan kental Seperti bubur, puree buah, dll. Untuk jumlah yang diberikan adalah sekitar 2-3 sendok makan orang dewasa moms. Karena baru pengenalan jadi tidak perlu banyak moms. Untuk frekuensi pemberian makan dimulai dengan 1-2 kali makan dan dilanjutkan dengan memberikan ASI sesuka bayi ya moms.

2. Usia 6.5 bulan s/d 9 bulan

Pada usia ini bayi sudah mulai mengenal mpasi dan baru mulai penyesuaian ya moms. Tekstur yang diberikan bisa dimulai dengan bubur saring atau bubur yang dilumatkan ya moms. Dan tingkatkan tekstur dengan bertahap. Jumlah yang diberikan bertahap sampai mencapai porsi 125 ml ya moms.
Untuk frekuensi pemberian makanan untuk usia ini sebanyak 2-3 kali sehari makanan berat dan 1-2 kali makanan ringan. Dilanjutkan dengan memberikan ASI sesuka bayi ya moms.

3. Usia 9 bulan s/d 12 bulan

Untuk usia ini si kecil pasti sudah terbiasa dengan mpasi moms. Untuk tekstur bisa makanan keluarga yang dicincang atau makanan yang bisa digenggam ya moms (finger foods). Untuk jumlahnya naik bertahap dari 125 ml sampai menuju 200 ml ya moms. Dan untuk frekuensi pemberian makan sudah mulai 3x sehari seperti orang dewasa. untuk makanan selingan bisa diberikan 2x sehari di sela sela makan berat ya moms. Dan masih tetap berikan ASI sesuka bayi.

Pemberian MPASI harus sesuai dengan usia ya moms dan jangan lupa untuk memberikan MPASI yang kaya akan nutrisi untuk si kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

171 Dini Iscahyani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Lancar Menyusui di Saat Puasa

Moms yang sedang menyusui dan juga menjalankan ibadah puasa, simak tips berikut ini yuk.

Si Mungil Telur Puyuh Penuh Nutrisi

Moms, pelajari manfaat telur puyuh berikut ini yuk!

Review Produk: Cocolatte Baby Chair

Kenyamanan saat makan menurut saya menjadi salah satu poin penting dalam fase MPASI.

Lebih Bagus Mana, MPASI Homemade atau Instan?

Dalam mencukupi kebutuhan nutrisi untuk si Kecil, tentunya kita menginginkan yang terbaik. Mana yang lebih baik MPASI homemade atau instan?

Feeding Issue: Masuk Angin

Alasan si Kecil seringkali menangis dapat disebabkan oleh rasa tidak nyaman karena ada udara di dalam perut.

Kenapa Bayi Saya Menangis Terus?

Hal yang harus diwaspadai oleh orang tua jika bayinya mengalami kolik adalah mengecek kondisi fisik bayi.

Keasikan Bermain Anak Sampai Lupa Makan

Apakah si Kecil sering keasikan bermain sampai lupa atau tidak mau makan Moms? Bagaimana mengatasinya?

Mengapa Bayiku Mogok Minum ASI?

Apakah si Kecil tiba-tiba tidak mau mium ASI Moms? Jika iya, coba simak beberapa penyebab mogok ASI berikut.