Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Teknik Menyusui Yang Sering Digunakan

FEEDING  |  05 Mar '18


Tidak semua Ibu memahami pentingnya teknik dalam menyusui. Padahal, kunci sukses dalam memberikan ASI terletak dalam ketepatan teknik menyusui. Jika teknik yang dilakukan tidak tepat, puting dapat lecet sehingga membuat buah hati mengalami cegukan. Oleh karena itu, mempelajari teknik menyusui sangatlah penting, terutama bagi Ibu yang baru pertama kali meyusui. Berikut ini adalah beberapa tips posisi dan teknik menyusui yang baik dan benar:

  • Posisi pelukan ayunan 
    Teknik pertama yang dapat dijadikan referensi adalah posisi pelukan ayunan atau yang biasa lebih dikenal dengan nama cradle hold. Teknik ini dibagi kedalam dua bagian yaitu posisi khusus untuk Ibu dan posisi khusus untuk bayi. Si Ibu harus mengatur posisi yang nyaman sebelum menyusui. Duduklah di tempat yang senyaman mungkin, seperti kursi goyang, tempat tidur, maupun sofa. Tempatkan satu bantal di pangkuan untuk menopang tubuh bayi. Letakkan tubuh bayi diatas bantal senyaman mungkin. Setelah itu, usahakan kepala bayi lurus, tidak miring ataupun mendongak. Angkat bayi hingga setinggi dada untuk mendekatkan puting susu dengan bayi.
  • Posisi pelukan ayunan silang 
    Teknik kedua adalah posisi pelukan ayunan silang atau lebih dikenal cross clutch hold. Posisi ini biasanya digunakan untuk menyusui bayi yang baru lahir. Bayi akan lebih mudah menemukan puting lalu menghisap ASI. Posisi ini sama seperti posisi pelukan ayunan klasik, namun perbedaannya terletak di posisi tangan. Jika si Ibu menyusui bayi pada sebelah kiri, gunakan tangan kiri untuk menopang payudara, begitupun sebaliknya.
  • Posisi menyusui sambil tiduran 
    Teknik menyusui terakhir yang sering digunakan adalah teknik menyusui sambil tidur. Posisi ini sangatlah cocok digunakan pada malam hari, saat sedang ingin istirahat. Berbaringlah di satu sisi badan dan berhadapan dengan bayi. Gunakan bantal untuk membantu menyangga punggung. Payudara harus sejajar dengan mulut bayi agar bayi mudah untuk menghisap ASI.

 

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1010 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Cara Memerah ASI Dengan Baik Dan Benar

Tidak semua moms dapat memerah ASI menggunakan breastpump, salah satu alternatif adalah memerah dengan tangan. Berikut ini adalah cara memerah [...]

Bagaimanakah Rasa ASI?

Rasa dari ASI akan hilang setelah 8 jam. Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi? Mari cari tahu jawabannya berikut ini.

Tanda Bayi Kurang ASI

ASI ekslusif memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Bagaimana jika ASI yang dibutuhkan oleh Si Kecil [...]

Bahaya Menyusui Saat Hamil

Salah satu pantangan yang wajib dihindari oleh setiap Ibu hamil adalah menyusui ketika hamil. Kenapa ya? Yuk, temukan jawabannya berikut ini.