Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tekad Kuat Untuk Menyusui

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  08 Aug '19


Sebelum berencana menikah, aku sudah bertekad bahwa akan menyusui anak secara ekslusif jika tidak ada halangan. Sampai aku menikah dan sudah mendekati waktu melahirkan, niat itu makin kuat. ASI adalah makanan terbaik untuk anakku, jadi aku  ingin berikan yang terbaik untuk mereka.

Saat anakku lahir, IMD juga berhasil dilakukan. Hari pertama aku belajar cara menyusui dan alhamdulillah berjalan lancar. Namun, perjalanan menyusuiku tidak selalu lancar disaat pertama mencoba. Saat dirumah, nipple ku lecet dan badan sempat meriang karena payudara membengkak. Setiap hari aku kompres air hangat dan lama-lama berangsur membaik. Lalu, karena produksi ASIku termasuk banyak, si bayi setiap mulai menyusu suka tersedak karena aliran ASI yang keluar terlalu cepat untuk dia. Solusiku sebelum DBF atau direct breastfeeding, aku pompa dulu agar tidak terlalu penuh dan agar si bayi juga mendapatkan hind milk.

Dua minggu setelah lahiran, kami berdua check up dan saat di dokter anak, dokter anakku mengatakan kalau anakku ada alergi karena muncul ruam merah dan muka juga kasar. Aku disarankan menghindari makanan seperti seafood, telur, kacang-kacangan dan semua makanan turunan susu. Setelah aku hindari semua, ruam di badan anakku langsung hilang. Jadi, sampai sekarang aku masih menghindari makanan itu karena kalau dikonsumsi, alergi si anak muncul lagi. Aku juga sempat mengalami clogged duct. Kebetulan hanya di aerolanya saja tp saat anak menyusui rasanya aduhai jangan ditanya. Aku rutin kompres dan pencet-pencet bagian yang mampet sampai keluar seperti nanah atau komedo bentuknya. Ini berlangsung selama satu minggu. Seperti ada yang nyangkut di payudara rasanya.

Perjalanan belum selesai. Sewaktu anakku 6 bulan, tanpa direncanakan ternyata aku hamil. Galau, sedih karena kepikiran kelanjutan menyusuinya bagaimana kalau aku hamil? Aku mulai cari tahu dan konsul ke dokter kandunganku serta dokter anakku juga. Menurut mereka, menyusui tetap bisa dilakukan asalkan aku tidak mengalami kontraksi selama menyusui. Kalau sudah kontraksi, harus berhenti total. Jadi aku tetap semangat menyusui selagi aku bisa. Namun, dari keluarga banyak yang kurang mendukung. Beberapa dari mereka mengatakan kalau rasa ASInya sudah beda jadi harus dihentikan. Jadi aku disuruh berhenti menyusui saat hamil. Padahal, kalau memang rasa ASInya berbeda, tidak mungkin anakku makin nempel dan makin sering menyusu. Pasti dia akan menolak untuk menyusu kalau rasanya sudah berbeda. Sempat kesal karena banyak yang berkata demikian. Jadi, aku tetap bertekad menyusui dan selalu rutin mengonsumsi vitamin dan makanan sehat. Alhamdulilah sampai sekarang, aku masih menyusui anakku di kehamilan yang sudah masuk ke minggu 10 ini.

Perjalanan menyusui memang tidak selalu mulus ya moms. Tips mudah dari aku adalah jangan malas mencari tahu moms. Sekarang sudah banyak yang sharing soal menyusui di social media dan kita bisa manfaatkan itu, salah satunya di Babyologist ini. Biar lebih tenang lagi, tanyakan kepada dokter ahli juga. Dukungan dari orang tersayang juga penting. Jangan biarkan juga hal negatif mempengaruhi moms, ingat menyusui itu harus happy!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

339 Alifia Annisa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cerita Cinta dan Fakta Ketika Menyusui

Yuk simak cerita menyusui yang penuh cinta berikut ini dari Mom Yohana.

Review Bebi Bon Edamame, Abon Enak untuk MPASI

Saat berselancar di dunia maya, saya melihat produk Bebi Bon Edamame di salah satu e-commerce dan memutuskan untuk membelinya. Alasan saya [...]

Awal Mpasi Menu Tunggal atau Langsung 4*?

Hai Moms, setelah kemarin aku bikin kaldu homemade saatnya aku bergelut di dunia MPASI. Untuk awal masa MPASI, bagusnya si Kecil diberi menu [...]

Ingin Coba Self-Feeding? Perhatikan 5 Hal Ini

Moms ingin mencoba metode self-feeding saat si Kecil memasuk masa MPASI? Perhatikan 5 hal berikut agar self-feeding sukses, ya, Moms!

MPASI 4* Bubur Tempe Tomat

Tempe adalah makanan sejuta umat. Sumber protein nabati ini ternyata populer juga sebagai bahan utama resep MPASI. Berikut ini resep masakan [...]

Hal yang Harus Diperhatikan ketika si Kecil Mengonsumsi Susu

Pasti semua moms ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

ASI Booster & Vitamin ASI Favoritku

ASI booster dan vitamin sangat penting untuk ibu menyusui baik secara kuantitas maupun kualitas

Suplemen untuk Ibu Menyusui

Beberapa suplemen makanan dapat melengkapi kebutuhan nutrisi moms loh. Apa saja suplemennya?

Kenapa Bayi Saat Menyusu Berkeringat?

Saat menyusui tiba-tiba si kecil mengeluarkan keringat terutama di area wajah? Normalkah?

Food Maker VS Food Processor

Apa bedanya membuat MPASI menggunakan food maker dengan food processor?

Caraku Dalam Melarang Anak Makan Sesuatu

Apakah si Kecil sering makan sesuatu sehingga tidak ingin makan lagi ketika sudah waktunya? Yuk, simak cara mom Leny!

Awas! Pacifier Bisa Bikin si Kecil Bingung Puting!

Pacifier alias empeng satu benda yang membuat saya trauma sampai saat ini. Pasalnya benda tersebut

Naik Tekstur MPASI Sebelum Waktunya

Apakah si Kecil mengalami GTM terus Moms? Mungkin ia ingin naik tekstur seperti baby Jess! Simak pengalaman mom Indah.

Es Krim Sebabkan Bayi Lahir Besar, Mitos atau Fakta?

Bayi lahir dengan berat diatas rata-rata sering dikaitkan dengan hobi ibu yang gemar menyantap es krim, mitos atau fakta?

Mengenal Breastfeeding Jaundice: Kuning pada Baby A

Walaupun tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk anak harus tetap semangat demi yang terbaik ya Moms!

Sedihnya Harus Menyapih Dini

Tentu Moms semua setuju bahwa masa menyusui adalah salah satu masa yang akan selalu dikenang bahkan dirindukan.

Pengalaman Menghadapi Bayi Kolik

Pengalaman kolik ini terjadi pada bayi saya Faiq mulai umur 2 minggu.

Indahnya Menyusui Dari Hari Ke Hari

Kegiatan menyusui menjadi salah satu momen yang membahagiakan seperti yang dialami Mom Mita berikut ini

Management ASI Perah ala Mom Elisa

Selama ini Baby El selalu minum asi fresh.. bahkan yang dari chiller diangetin aja anaknya ga mau..

MPASI Dengan Yogurt, Yay or Nay?

Amankah pemberian yogurt pada bayi? Jika aman kapan dan bagaimana cara pemberiannya?