Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tantangan Working Moms dalam Memompa ASI dan Cara Mengatasinya

MY STORY  |  18 Jul '20


Bagi para working Moms, memberikan ASI kepada si Kecilterkadang bisa jadi salah satu tantangan yang berat; tidak hanya karena keterbatasan melakukan direct breastfeeding (DBF) tetapi juga banyak tantangan yang dialami para working moms untuk pumping di saat jam kerja. Tantangan baik itu meeting, pekerjaan yang menumpuk, ruangan yang tidak memadai, atau rekan kerja yang kurang suportif terhadap keharusan Moms untuk pumping bisa Moms temui sepanjang perjalanan memberikan ASI kepada si Kecil.

Memompa ASI atau pumping secara rutin sangat penting untuk dilalukan demi kesuksesan Moms meng-ASI-hi si Kecil. Jika Moms tidak rutin memompa ASI, selain produksi ASI Moms bisa menurun, saluran ASI Moms juga bisa tersumbat dan berakhir menjadi mastitis, loh. Nah, kali ini aku mau menceritakan kendalaku untuk pumping selama bekerja.

  1.     Pumping memakan waktu sementara pekerjaan menumpuk.

Moms bisa saja memiliki jadwal pumping. Namun, terkadang pekerjaan atau meeting yang mendadak bisa saja menghampiri. Apalagi, pekerjaanku melibatkanku untuk selalu bertemu dengan orang baru. Solusinya, jika pekerjaan Moms tidak menuntut untuk bertemu dengan orang lain, Moms bisa menggunakan apron sembari pumping dan bekerja. Agar lebih mudah, gunakan Hands Free Pumping Bra. Namun, jika pekerjaan Moms melibatkan orang lain, mintalah waktu paling tidak 10-15 menit untuk pumping. Ingat Moms, hak wanita untuk menyusui di lingkungan kerja sudah dilindungi oleh undang-undang, loh.

  1.     Tidak adanya ruangan yang memadai untuk pumping.

Toilet bukan jawabannya, ya, Moms. Di toilet, tentu banyak bakteri yang bisa mencemari ASI yang Moms perah. Solusinya, gunakan apron untuk pumping dan pilihlah pompa ASI yang tidak bising sehingga tidak menarik perhatian atau mengganggu rekan kerja Moms.

  1.     Tidak adanya freezer atau kulkas.

Kadang, pekerjaanku menuntutku pergi keluar kantor sehingga tidak memungkinkan bagiku untuk menyimpan ASIP di kulkas atau freezer. Untuk mengatasinya, Moms cukup menyimpan ASIP di cooling bag yang berisikan dua ice pack yang sudah dibekukan. Jangan lupa untuk langsung memindahkan ASIP ke kulkas sesampainya di rumah ya, Moms.

  1.     Rekan kerja yang kurang suportif.

Terkadang, Ibu menyusui yang memerah ASI di kantor dijadikan bahan bercandaan oleh rekan kerjanya. Memang, rekan-rekan ini tidak bermaksud menyakiti tapi ini sudah masuk ke dalam pelecehan, loh, Moms. Moms bisa mengedukasi tentang hak Moms untuk memerah serta mengingatkan rekan Moms bahwa bercandaan tersebut tidaklah pantas.

  1.     Bingung cara mencuci dan mensterilkan alat pompa.

Kita semua tahu, mencuci dan mensterilkan alat pompa memakan waktu yang banyak. Apalagi selama di kantor idealnya kita memompa setiap 3-4 jam sekali. Kurang mungkin rasanya mencuci pompa setiap dipakai, belum lagi minimnya alat untuk mensteril dan mengeringkan pompa ASI. Salah salah, Moms malah bisa mengotori pompa ASI loh. Solusinya? Simpan pompa ASI Moms (kecuali mesin dan selangnya) di dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke chiller. Moms bisa langsung memakainya kembali tanpa mengelap atau membilasnya. ASI yang tertinggal di pompa dapat bertahan selama 12 jam jika disimpan di chiller. Jika tidak ada kulkas, Moms bisa menyimpannya di cooling bag berisikan ice pack yang sudah dibekukan. Tapi, jangan masukkan alat pompa ke dalam freezer ya, Moms karena sisa ASI bisa membeku dan menyumbat pompa ASI.

Demikian tipsku dalam mengatasi kendala pumping untuk para working Moms. Semoga membantu ya. Selamat meng-ASI-hi!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

460 Jasmine Karissa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]