Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tantangan Kegiatan Mencukur Rambut si Kecil Selama Masa Adaptasi Baru

MY STORY  |  PARENTING  |  21 Jul '20


Selama pandemic Covid 19, masyarakat Indonesia di himbau untuk menerapkan physical distancing dan melakukan aktifitasnya rumah saja selama kurang lebih 4 bulan, tentu saja hal itu banyak membuat rencana ataupun rutinitas yang biasa kita lakukan menjadi terhambat. Salah satu kegiatan rutin yang biasanya dilakukan adalah pergi ke salon/ barbershop untuk merapikan rambut yang sudah mulai panjang. Bagi moms & dads yang masih memiliki balita pasti hal ini cukup mengganggu karena ketika si kecil memiliki rambut yang sudah mulai gondrong akan terasa lebih risih atau lebih cepat merasakan hawa panas yang membuat si kecil merasa tidak nyaman untuk beraktifitas.


Salah satu kegiatan bersama si kecil yang saya dan suami lakukan di masa adaptasi kebiasaan baru adalah mencukur rambut si kecil dengan cara yang seru? Kenapa seru? Karena pastinya kami harus mencari cara agar si kecil tetap merasa betah saat di cukur rambutnya tanpa harus merasa risih. Ada beberapa tips yang kami lakukan agar anak kami tetap merasa nyaman saat di cukur rambutnya:

1. Siapkan segala perlengkapan
Karena konsumen yang akan di cukur rambutnya kali ini batita, kita harus menyiapkan segala perlengkapan untuk “bertempur” mulai dari gunting, sisir, kaca, air, hingga jubah penutup badan. Pastikan gunting yang di gunakan tajam agar tidak menghambat saat mencukur rambut si kecil.

2. Kenalkan tentang mencukur rambut
Biasanya sebelum ingin menerapkan sesuatu untuk si kecil, saya selalu mengenalkan tetntang hal yang akan dilakukan, sama seperti mencukur rambut ini, mulai dari menceritakan cerita, ataupun menonton tayangan kartun tetntang mencukur rambut.

3. Lakukan di saat yang tepat
Waktu yang tepat menurut saya setelah si kecil tidur siang & makan siang. Saat kondisi ini si kecil sudah kenyang dan sudah mulai merecharge mood ataupun tenaganya, sehingga tidak mudah rewel dan mungkin mencukur rambut akan menjadi sesuatu hal yang menarik untuk mereka.

4. Berikan distraksi yang disukai
Karena anak saya masih berusia 2 tahun, bisa dibilang belum bisa di ajak kerja sama seutuhnya untuk tetap duduk dengan tenang beberapa saat, biasanya saya memberikan tontonan film untuk dinikmati beberapa saat agar lebih nyaman & tidak merasakan sedang dilakukan kegiatan mencukur. Salah satu tips yang dilakukan suami saya pun mencukur di atas sepda motor, hal ini cukup membantu karena membuat si kecil lebih merasa betah saat berada di motor, pastikan motor tetap dalam kondisi mati ya moms.

5. Hentikan saat suasana sudah tidak kondusif
Perlu ditekankan kita tidak bisa memaksakan sesuatu kepada sikecil, terutama pada usia balita. Biasanya saya akan menghentikan sesi mencukur rambut bila si kecil sudah merasa tidak nyaman dan tidak bisa di atasi dengan distraksi yang diberikan. Lebih baik mengalah dan lakukan lagi hal yang sama beberapa hari kemudian, walaupun mungkin hasil saat ini belum sempurna.

6. Berikan pujian saat sudah berhasil melakukannya
Berikan pujian untuk sikecil kektika berhasil melakukan cukur rambut, sehingga si kecil akan merasa bahwa dia telah melakukan perbuatan baik dan akan mengulanginya lagi di lain waktu.

Selama masa Adaptasi Kegiatan Baru, mencukur rambut si kecil baru 2 kali kami lakukan dan menjadi pengalaman yang sangat baik untuk kami karena mempertahankan mood si kecil sangatlah tidak mudah. Semoga tips dari saya bisa membantu mom melakukan aktifitas mencukur dengan cara yang seru seperti yang sudah kami lakukan. Selamat mencoba Moms :)

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

136 Cynthia Jayanti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

A Single Fighter

Mom Elsa berbagi sedikit pengalamannya menjadi seorang single parent. Yuk simak ceritanya di sini!

Tips Menciptakan Support System Positif Antar Moms

Setiap Ibu membutuhkan support system baik dari suami, keluarga maupun sahabat. Bagaimana cara menciptakannya?

Tips agar Bayi Tidur dengan Nyenyak ala Mom Paramitha

Bagaimana cara agar bayi tidur dengan nyenyak di malam hari? Yuk coba tips dari Mom Paramitha berikut ini.

Apa Saja Basic Manners yang Perlu Diajarkan pada si Kecil?

Ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang membanggakan? Yuk ajarkan basic manners berikut ini Moms

Menjadi Ibu adalah Tugas Mulia dalam Hidup

Kehadiran anak telah mengubah banyak sifat Mom Nurhakiki jadi lebih baik. Apakah Moms merasakan hal yang sama?

Peran Ayah Saat Menjalani LDM

Baru melahirkan, harus menjalani Long Distance Marriage dengan suami? Moms bisa menciptakan peran ayah lho.

Tips Mengatur Rutinitas Pada Bayi

Membentuk rutinitas newborn itu perlu perjuangan. Berikut tips ala Mom Adelia