Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tanda Keracunan Kehamilan

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  16 Mar '19

Pernahkah Moms mendengar mengenai keracunan kehamilan? Keracunan kehamilan atau dalam istilah medis disebut dengan preeklampsi merupakan keadaan ditemukannya protein pada pemeriksaan urine (proteinuria) disertai dengan darah tinggi (hipertensi) pada pemeriksaan tekanan darah. Jika Moms mengalami kedua hal tersebut (proteinuria dan hipertensi), maka dapat dikatakan bahwa Moms mengalami preeklampsi.

Preeklampsi merupakan keadaan gawat darurat dalam bidang obstetri. Ibu hamil yang mengalaminya biasanya tidak menunjukkan ataupun merasakan adanya gejala apa pun hingga akhirnya hal ini dapat diketahui setelah dilakukannya pemeriksaan rutin. Adapun beberapa gejala yang dapat dialami di antaranya adalah terjadinya nyeri kepala hebat, gangguan penglihatan, hingga penumpukan cairan tubuh seperti keadaan bengkak daerah wajah, tangan, ataupun kaki.

Belum diketahui secara pasti penyebab dari keracunan kehamilan ini, namun beberapa ahli menyatakan bahwa hal ini ada kaitannya dengan gangguan pembuluh darah yang menyebabkan plasenta tidak menempel dengan sempurna pada dinding rahim. Hal ini selanjutnya menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah pada Ibu dan janin yang kemudian ditandai dengan adanya hipertensi.

Adapun beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan keracunan kehamilan yaitu riwayat preeklampsi sebelumnya, diabetes melitus, serta obesitas. Oleh karena itu, asupan gizi pada Ibu hamil perlu mendapat perhatian yang serius untuk menghindari faktor risiko ini.

So Moms, yuk rutin cek kesehatan diri dan kandungan serta jaga pola makan agar dapat terhindar dari keracunan kehamilan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Editha Aldillasari

Copyright by Babyologist

302 Editha Aldillasari

Comments

Related Stories