Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

PREGNANCY  |  Trimester 1  |  16 May '18

Bahkan Moms yang sudah pernah melahirkan sebelumnya tidak selalu tahu persis kapan persalinan dimulai. Itu karena banyak tanda-tanda awal persalinan yang tidak jelas, misalnya apakah perut kram itu benar-benar kontraksi atau apakah itu akibat dari makanan yang Anda makan tadi malam? 

Apakah itu air ketuban Anda benar-benar pecah atau apakah itu hanya urine yang bocor karena bayi yang sedang beristirahat di kandung kemih Anda?

Berikut beberapa tanda-tanda persalinan yang akan terjadi ketika Anda siap untuk melahirkan:

  • Air ketuban pecah 
    Jika air ketuban Anda pecah, Anda mungkin akan merasakan kebocoran kecil, bukan aliran yang deras dan banyak, karena kepala bayi Anda berada dibawah panggul dan mencegah terlalu banyak cairan ketuban bocor keluar. Air ketuban pecah mengisyaratkan akan terjadinya persalinan.
  • Kontraksi yang kuat dan rutin 
    Meskipun kontraksi adalah tanda persalinan, banyak wanita tertipu oleh kontraksi Braxton Hicks, yang sering terjadi dalam beberapa minggu terakhir kehamilan. Jadi bagaimana Anda membedakannya dari gejala persalinan yang sebenarnya? Kontraksi Braxton Hicks biasanya hanya muncul sesekali dan sangat jarang menjadi lebih kuat atau teratur, dan kemudian kontraksi tersebut biasanya akan hilang. Ini mungkin dapat dipicu oleh rasa lapar atau dehidrasi. Kontraksi persalinan yang sebenarnya, tidak akan hilang sampai Anda melahirkan. Bahkan, biasanya menjadi lebih intens dan lebih sering dari waktu ke waktu. Rasanya seperti ada sesuatu yang mengikat dari punggung dan menyebar ke perut depan Anda.
  • Sakit punggung 
    Biasanya, seorang bayi menuruni jalan lahir dengan wajahnya menekan tulang belakang ibu bahkan da juga bayi yang turun dengan tengkoraknya memukul tulang belakang ibu. Hasilnya akan ada rasa sakit konstan yang mungkin memancar ke perut tetapi sebagian besar terkonsentrasi di bagian belakang. Apakah Anda mengalami persalinan yang sebenarnya atau tidak, nyeri punggung yang menyiksa adalah sinyal pasti bahwa Anda siap untuk melahirkan.
  • Ada lendir atau darah yang keluar 
    Selama kehamilan, leher rahim tetap tertutup oleh lendir. Ini adalah cara alami untuk melindungi bayi Anda dari infeksi. Tetapi ketika Anda siap untuk melahirkan, serviks akan mulai membesar dan melunak, menyebabkan lendir akan ikut keluar bersamaan dengan air ketuban. Pembuluh darah juga mungkin akan robek ketika serviks terbuka, maka jangan heran jika ada darah saat air ketuban Anda pecah.

 Jika Anda mengalami satu atau lebih gejala diatas, segera hubungi keluarga dan dokter kandungan atau bidan Anda. Jangan bergerak terlalu banyak serta usahakan untuk tidak terjatuh atau terpeleset.

Semoga bermanfaat.

By: Ricka Puspita Atmadja

BACA JUGA: Seperti Apa Bahaya Kehamilan Bagi Penderita Lupus?

271 Ricka Puspita Atmadja Send Message to Writer

Related Stories