Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tahapan Tekstur MPASI si Kecil

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  30 Dec '19


Makanan pendamping ASI atau yg sering kita dengar dengan istilah MPASI ini tentu awalnya dikhawatirkan oleh sebagian ibu - ibu baru, tidak terkecuali saya ya moms. Bingung harus memulai MPASI dengan apa, bingung dengan segala kemungkinan yg akan terjadi nanti serta bayangan - bayangan Gerakan Tutup Mulut atau yg sering kita dengar dengan istilah GTM ini menghampiri si kecil.

Beruntunglah buat para moms yg tidak menghadapi yg namanya masa GTM. Memang ada si kecil yg tidak mengalami masa GTM? Ada ya moms, ada beberapa anak dari awal MPASI selalu lahap. Bagaimana dengan kakak dastan? GTM kakak dastan dulu membuat saya stres dan saya berfikir pasti ini akan berlalu, dan benar saja Alhamdulillah sekarang kakak dastan makannya lahap apapun mau dikonsumsi ya meskipun ada beberapa menu yg tidak disukai tetapi tidak pernah ada masalah soal makannya. Meskipun badan kakak dastan tidak 'gemuk' dan ada aja yg bilang Dastan kurus ya. Ahhh saya tidak peduli yg penting berat badan masih normal dan anak sehat itu yg penting. Tutup kuping buat segala jenis Baby Shaming ya moms.

Kembali ke masalah MPASI. Tekstur makanan menjadi salah satu hal yg perlu kita perhatikan karena ada tahapan - tahapan tekstur yg perlu dilewati si kecil ya moms tidak langsung berupa nasi.

Apa saja tahapan - tahapan tekstur MPASI si kecil? Yuk kita bahas moms

1. Usia 6 - 8 bulan

Tekstur MPASI untuk bayi dengan usia 6 - 8 bulan ini yaitu teksturnya lembut tetapi tidak terlalu encer ya moms. Ketika kita letakkan dimangkuk akan jatuh perlahan. Untuk mendapatkan tekstur seperti ini, bisa kita lakukan dengan cara menyaring MPASI si kecil ya moms. Ambil bagian pada punggung saringannya moms. Agar tekstur tetap lembek moms bisa menambahkan air atau ASIP tetapi jangan sampai terlalu cair ya moms teksturnya.

2. Usia 9 - 10 bulan

Tekstur MPASI pada saat usia si kecil 9 - 10 bulan yaitu teksturnya agak kasar. Tekstur agak kasar ini bisa kita dapatkan dengan cara menumbuk MPASI si kecil ya moms.

3. Usia 10 - 12 bulan

Tekstur MPASI pada saat usia si kecil 10 - 12 bulan yaitu tekstur kasar ya moms. Tekstur kasar ini dapat kita peroleh dengan cara mencincang atau memotong kecil - kecil MPASI si kecil moms.

4. Usia lebih dari 12 bulan

Nah, pada saat usia si kecil sudah diatas 12 bulan ini artinya si kecil diharapkan sudah dapat mengkonsumsi menu makanan keluarga ya moms.

Itu tadi tahapan - tahapan tekstur MPASI si kecil moms. Mengapa harus bertahap? Karena sistem pencernaan si kecil mengalami proses ya moms mulai dari hanya mengkonsumsi ASI kemudian MPASI.

Itulah kenapa tekstur perlu bertahap karena jika tidak, sistem pencernaan akan merasa kaget dan tidak menutup kemungkinan terjadi hal yg tidak diinginkan seperti usus robek dan sebagainya karena sistem kerja yg belum kuat moms. MPASI dini pun perlu dihindari ya moms mengingat banyaknya dampak yg dapat terjadi dari MPASI dini seperti diare, susah BAB atau bahkan bisa berdampak pada kematian. Tetapi, kita juga tidak boleh terlambat memberikan MPASI ya moms karena si kecil bisa kekurangan nutrisi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

788 Dinar Indah Palupi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bubur Ikan Bandeng Labu Siam

Membuat MPASI beragam setiap harinya untuk si kecil, bagaimana rasanya moms? Lelah tidak?

MPASI Bubur Tim Wortel Keju (9 M+)

Bubur tim wortel keju ini bisa dikonsumsi untuk si kecil yang sudah berusia 9 bulan ke atas ya Moms.

Resep MPASI Melawan GTM

Untuk si Kecil yang sedang mengalami GTM Moms bisa coba resep berikut ini

Serba-Serbi MPASI Vonn: Perlengkapan MPASI

Siapa Moms di sini yang mau mulai MPASI dan jadi bingung? Tenang, moms tidak sendiri ya.

Breakfast Recipe: Banana Roll French Toast (10M+)

Nafsu makan si Kecil di pagi hari belum banyak, jadi kita harus bisa memberikan sarapan yang enak & bergizi.

Cara Unikku Atasi GTM pada si Kecil

Si kecil doyan sekali makan, makanya saya berfikir tidak akan mengalami drama GTM. Tapi ternyata tidak demikian

Lunch Recipe: Veggie Egg Cup (10 M+)

Sedih deh Moms, baby Nimo kedatangan "tamu" yang suka jadi nightmare-nya ibu-ibu dalam dunia perMPASIan: GTM!

Tips Memilih Food Jar untuk Membawa Makanan Bayi Saat Traveling

Dulu aku sering mikir gimana bisa bepergian kalau baby Jess sudah MPASI, makanannya mau ditaruh di mana?

Resep MPASI Perkedel 4 Bintang

Anjuran WHO mpasi itu harus memenuhi gizi 4 bintang (karbohidrat, prohe, prona, sayur).

Resep MPASI Beef Tempe (6 M+)

Alohaa mommy Babyo! Kali ini mamAdam mau share resep mpasi 4 bintang utk baby usia 6 bulan.

Resep MPASI Bakso Oat Sapi

Halo moms, saya mau share mengenai resep bakso oat sapi. Anak ku suka bgt mom, mamamnya juga makin lahap.

Puding Jagung, Cemilan Sehat MPASI 10 M+

Anak saya suka banget ngemil. Jadi tiap hari saya buat cemilan dengan bahan sederhana yang mudah didapat.

Tips Mengatasi GTM si Kecil

GTM, istilah yang sudah nggak asing lagi terutama bagi Moms yang punya baby sedang berada di tahap MPASI.

Anak Mogok Makan? Ini Caraku Mengatasinya!

Kalo anak lagi susah makan tuh pasti buat seorang ibu rasanya campur aduk ga karuan ya Moms.

Egg Biscuits - Snack untuk si Kecil

Bikin camilan yuk Moms. Hanya dengan 4 bahan ini, kita bisa membuat snack untuk si Kecil.

Bubur Ayam Sehat 4*

Moms, siapa nih yang suka bikin bubur ayam, menu masakan sehat 4* buat MPASI si Kecil?

Potato Wedges, Snack Alergi untuk Rasyid

Kalo anak lagi alergi, yang dibingungin bukan cuman makanan utamanya, tapi camilannya juga.

GTM? Siapa Takut!

Siapa Moms di sini yang takut dengan yang namanya GTM? Kalau aku sih gak takut sama sekali ya Moms.

Anak Susah Makan? Coba Cara Ini deh Moms..

Realita MPASI kadang tidak sesuai dugaan ya Moms, kadang si Kecil malah GTM atau bahkan tidak mau makan sama sekali.

Bolehkah Bayi Diberi Yogurt?

Siapa yang tidak tahu yogurt? Yogurt adalah olahan susu fermentasi yang mempunyai banyak manfaat penting untuk tubuh.