Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tahap Perkembangan Ibu Hamil 4 Bulan

PREGNANCY  |  23 Jan '18

Memasuki usia kandungan 4 bulan, apa sajakah yang terjadi baik dalam perkembangan janin dan juga ibu hamil? Tentunya banyak ibu hamil yang penasaran akan hal ini. Berikut kami jabarkan perkembangan janin pada usia kehamilan 4 bulan dan juga hal-hal yang kemungkinan besar sedang terjadi pada sang ibu.

Perkembangan janin usia 4 bulan
Pergerakan janin pada usia 4 bulan ini sudah mulai terasa pergerakannya oleh sang ibu. Janin juga semakin membesar dan bentuk wajah janin pun sudah semakin terlihat jelas dan dapat terlihat ketika sedang USG 4 dimensi. Janin sang ibu sudah berukuran kurang lebih 13 cm dengan beratnya mungkin sekitar 140 gram. Tali pusat sang janin yang menjadi sumber saluran makanan, akan semakin menguat dan mengembang seiring berjalannya waktu. Tempurung kepala yang tersusun dari tulang rawan sudah mulai mengeras, sementara saraf tulang belakangnya sudah mulai diselubungi oleh lapisan pelindung yang disebut atau bernama mielin. Tidak hanya itu, kelenjar keringatnya pun sudah mulai berkembang di seluruh tubuh sang janin.

Yang terjadi pada seorang ibu hamil
Pada usia ini atau tahapan kedua kehamilan atau yang biasanya disebut trimester kedua, sang ibu mulai dan perlu untuk mengenakan baju dan celana hamil, berbeda dengan pada saat usia 3 bulan, yang masih bisa menggunakan pakaian yang biasa dan longgar. Kondisi di usia trimester kedua ini rupanya memang tidak seburuk kondisi saat awal-awal kehamilan yang sangat sering terjadi karena penyebab dari perubahan hormonal, tetapi tetap saja ibu hamil lagi-lagi masih mengalami kondisi fisik dan psikis yang menganggu aktivitasnya sehari-hari. Perlu diketahui oleh sang ibu hamil, jika di kondisi ibu hamil yang mengalami perkembangan dan perubahan ketika trimester kedua ini, rata-rata sebagian besar yang terjadi adalah ditandai dengan perubahan fisik. 

Dan perubahan yang terjadi ini biasanya selalu berbeda-beda di setiap bulannya. Diantaranya adalah dengan mengalaminya linea atau merupakan garis gelap yang memanjang pada bagian perut. Garis linea yang memanjang ini terlihat dari bagian perut sehingga ke sekitar alat kewanitaan sampai pusar, hal ini disebabkan karena adanya peregangan kulit.Bukan itu saja, selanjutnya, di daerah leher ibu hamil terlihat berwarna hitam, walaupun begitu, hal ini bukanlah tanda-tanda dari gangguan kesehatan yang dikategorikan membahayakan kesehatan ibu dan janin. 

Pada bagian muka, tangan dan tubuh lainnya terdapat garis hitam yang disebabkan karena adanya perubahan pigmen selama kehamilan berlangsung. Pada usia trimester kedua ini juga biasanya terjadi perubahan warna kulit pada ibu hamil, tetapi hal ini sudah lazim terjadi, selain perubahan kulit, bagian payudara yang semakin menggelap yang disebabkan karena bagian kulit uterus membutuhkan 25% darah yang lebih banyak dibandingkan dengan saat kondisi normal. Jantung juga akan lebih banyak memompa darah dan mensuplai kebutuhan tubuh di badan sang ibu hamil. Kapasitas paru-parunya pun berkurang dan akan menyebabkan sang ibu hamil akan lebih mudah lelah, dan sulit untuk bernafas. 

kehamilan 5 bulan

By: Babyologist Editor

 

17864 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories