Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Sweating Pospartum, Keringat Mengucur Deras Pasca Operasi Caesar

MY STORY  |  15 May '19

Halo Moms, di sini saya ingin berbagi pengalaman saya saat melahirkan anak pertama saya pada tahun 2014 lalu. Baby C, lahir melalui operasi caesar di salah satu rumah sakit Ibu dan Anak di Surabaya.

Sebagai ibu baru yang akan mengalami proses melahirkan untuk pertama kalinya, tentu saja saya nervous tidak karuan. Sesaat setelah memasuki ruang operasi dan disuntik anastesi di punggung, saya mulai merasakan kaki saya kebal, saya super heboh dan panik tingkat dewa. Saya teriak-teriak minta suster untuk menggoyang-goyangkan kaki saya, bahkan mulai mencabuti selang oksigen yang sudah terpasang. Saya benar-benar tidak bisa relax, malah mau muntah saking tegang dan paniknya, sehingga akhirnya dokter menambahkan obat penenang lewat infus. Alhasil, saya jadi ngantuk sekali dan baru akhirnya bisa tenang. Hehehehe... jujur, masih ingin ketawa rasaya kalau teringat kejadian saat itu.  

Akhirnya anak pertama saya lahir dengan selamat, tanpa rasa sakit yang berarti, tetapi kondisi saya sangat-sangat  mengantuk. Setelah IMD dan dibawa ke ruang pemulihan, saya pun tertidur pulas. Nah, saat di ruang pemulihan, saya kepanasan, berkeringat super deras, sampai akhirnya terbangun hanya untuk meminta suster untuk merendahkan suhu AC ( dan ditolak suster tentunya, karena di situ juga ada bayi-bayi yang baru lahir). Keringat saya waktu itu benar-benar mengucur Moms, seperti orang yang habis berolahraga keras, dan kondisi ini terus terjadi sampai sehari setelah melahirkan. Bantal dan sprei yang saya gunakan pun sampai basah dan lengket semua.             

Ternyata berkeringat ini merupakan hal normal yang terjadi, dan dikenal dengan sweating pospartum. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita yang tertidur setelah melahirkan.

Mengapa bisa demikian?

Saat hamil, tubuh kita cenderung menyimpan banyak cairan di bagian bawah tubuh dan wajah. Nah, setelah melahirkan, hormon yang selama ini membantu tubuh kita untuk menyimpan cairan, akan kembali ke fungsi semula seperti sebelum kita mengandung, dan berusaha menyingkirkan cairan-cairan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Itulah sebabnya mengapa sweating pospartum bisa terjadi.

Jadi, bila Moms mengalami hal yang sama seperti ini, tidak perlu panik ya. Minum banyak air, untuk mencegah dehidrasi, dan gunakan juga pakaian yang nyaman untuk menghindari rasa gerah yang berlebihan.

Semoga bermanfaat.

229 Feny Yuvita

Comments

Related Stories