THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  13 Mar '18

Susu kedelai memiliki manfaat yang sangat besar bagi perkembangan bayi ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun banyak yang mengatakan bahwa pada masa menyusui susu kedelai justru dilarang untuk ibu. Adapun alasannya karena pada susu kedelai tidak mengandung estrogen, akan tetapi isovlanes yang berperan sebagai estrogen tersebut. Namun ibu yang sangat menyukai salah satu jenis ini tidak usah khawatir karena pada kenyataan susu kedelai untuk ibu menyusui itu banyak manfaatnya. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

Apa saja manfaat susu kedelai untuk Ibu menyusui

  1. Memenuhi zat protein bagi tubuh.
  2. Meningkatkan kecerdasan bayi.
  3. Menambah tenaga/ energi.
  4. Bermanfaat bagi kesehatan mata dan tulang ibu dan bayi.  
  5. Menjaga kondisi kesehatan.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Menjadi perawat organ-organ penting.
  8. Membantu memerangi kolesterol jahat. Ini yang membuat susu kedelai ini lebih istimewa dibandingkan susu sapi. Karena susu ini mampu turut membantu mengontrol kadar kolestrol dalam darah.

Seperti yang kita ketahui, apapun zat makanan yang masuk pada tubuh ibu akan masuk juga pada tubuh bayi. Begitupun zat-zat yang terkandung pada susu kedelai, akan diserap juga oleh tubuh si bayi. Namun, sering kita temui tidak sedikit bayi yang mengalami alergi pada susu sapi dan susu kedelai. Oleh karenanya ada beberapa tanda yang bisa kita ketahui jika bayi kita mengalami alergi terhadap susu kedelai ataupun bahan makanan lainnya, diantaranya:

  1. Bayi mengalami diare, mual, bahkan muntah. Gejala tersebut masih dipandang ringan namun tetap mengkhawatrkan mengingat umur dan daya tahan tubuh bayi yag masih rentan.
  2. Gejala dalam sistem pernafasan, hidung berair, sesak nafas karena mengalami kesulitan ketika bernafas.
  3. Demam.
  4. Mata merah
  5. Terjadi reaksi pada kulit si bayi da dermatitis.
  6. Gatal dan mengalami pembengkakan
  7. Syok anafilaksis. Ini adalah gejala alergi yang paling berat. Ditandai dengan terjadinyan penurunan pada tekanan darah secara drastis.

Karena bayi tidak mampu mengungkapkan apa yang mereka rasakan secara lisan maka Mom perlu waspada jika bayi seringkali menangis. Terjadinya iritasi pada kulit bayi pun perlu diperhatikan secara seksama. Waspadai juga jika bayi melakukan penolakan terhadap pemberian susu kedelai.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

1918 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories